353. Mengalirkan Senyum Dunia Lewat Pipa Belanda

Penulis : Shofi Ayudiana
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image001
Minum dari Water Tap
(Sumber gambar: http://join-the-pipe.org/en)

Botol air mineral plastik adalah salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Banyak sekali botol plastik di tempat sampah. Padahal anda tahu, botol plastik membutuhkan 50-80 tahun untuk mengurai (bio.unsoed.ac.id). Cukup mengerikan. Tidak hanya itu, air bersih juga salah satu masalah bagi beberapa negara. Kita bisa lihat sebagian orang di bumi menghabiskan air bersih, sedangkan sebagiannya lagi menderita karena kekurangan air bersih. Keadaan dan ketidakseimbangan ini lah yang melatarbelakangi Belanda menciptakan inovasinya yaitu pemasangan keran air umum atau public water tap dan mempromosikan botol air pipa atau dikenal dengan istilah water pipe bottle.

Air keran di Belanda adalah salah satu yang terbaik di dunia dengan kualitas air yang bersih dan aman untuk diminum. Dengan adanya air keran publik ini, orang-orang bisa dengan mudah mengakses air minum dimana saja tanpa harus membeli botol air mineral plastik. Utrecht, misalnya, adalah salah satu kota di Belanda yang telah dipasang air keran publik.

Tetapi kenyataannya tidak semua negara mempunyai kualitas air yang bersih, apalagi untuk membuat public water tap. Menurut Palang Merah, 5000 anak meninggal setiap hari karena meminum air yang tercemar dan hampir satu miliar orang kekurangan akses terhadap air bersih. Jutaan orang tidak dapat mengakses air minum, sementara di negara-negara maju mereka dapat minum melalui water tap atau air keran.

image002
Botol minuman berbentuk pipa
(Sumber gambar: http://munalfrink.nl/media/cms_page_media/72/jointhepipezaailand.jpg)

Pada tahun 2009, Gerardo Vallen dan Lorenzo de Rita, warga negara Belanda, mendirikan sebuah organisasi non-profit yaitu Join the Pipe (jointhepipe.org)— suatu organisasi sosial yang didedikasikan untuk membantu pendistribusian air minum bersih di seluruh dunia. Bagaimana bisa? Idenya sangat sederhana. Jadi, Join the Pipe ini menciptakan sebuah botol minuman berbentuk seperti pipa dan botol ini juga tahan lama dan tidak berbahaya karena bebas dari BPA (senyawa kimia berbahaya), serta bisa dipakai berkali-kali. Botol air minum ini juga telah memenangkan The Dutch Design and Sustainabilty Award 2010. Botol minuman tersebut kemudian dijual, dan hasil penjualannya itu dipakai untuk mendukung proyek air bersih di seluruh dunia. Ini adalah bagian dari inisiatif internasional komunitas ini untuk membantu negara-negara yang kekurangan air bersih.Terbukti sampai saat ini, organisasi ini telah sukses menyelesaikan proyek air bersih di Kenya, Tanzania, Congo Mozambique, Gambia, Benin and Bangladesh. Proyek Belanda ini telah berhasil berbagi senyum untuk dunia.

Selain untuk membantu negara-negara yang kekurangan akses air bersih untuk diminum, komunitas ini juga hadir untuk mendorong orang-orang agar berhenti membeli botol air sekali pakai karena ada sekitar 500.000 botol plastik berakhir di tempat pembuangan sampah di Belanda. Maka dengan sekitar 250 public water tap yang ditempatkan di seluruh Belanda, mereka telah mengurangi sampah plastik di negaranya sekaligus membantu sesama.

image003
(Sumber gambar: https://media.licdn.com/media/p/5/000/234/06f/045a0c2.png)

Belanda, yang selalu dikenal dengan inovasi di berbagai bidang termasuk pengelolaan air, telah membawa nama negaranya di kancah global. Kerja sama yang kuat antara pemerintah dan orang-orang yang membuat inovasilah yang telah memungkinkan negara ini untuk memajukan dan berinovasi terus dalam berbagai sektor serta pendorong bagi negara lain.

Referensi

http://join-the-pipe.org/en

http://www.cross-innovation.eu/cross-innovation-matchmaker-case/join-the-pipe/

http://tedx.amsterdam/2010/11/join-the-pipe/