358. Belanda: Perjuangan yang Tiada Henti

Penulis : Benediktus Giovanito Antaputra
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Jika suatu saat Anda mengunjungi Belanda, luangkanlah waktu sebentar untuk mencari tahu tentang keadaan topografis negara tersebut.Setelah sekitar lima menit membaca-baca, saya yakin Anda pasti menemukan fakta mencengangkan: lebih dari 50% wilayah Belanda berada 1 meter dibawah permukaan air laut. Nieuwerkerk aan den IJssel, wilayah terendah Belanda, bahkan terletak 6.76 meter dibawah permukaan laut! Jelas, senyawa H2O menjadi musuh bebuyutan bagi bangsa Belanda. Lalu apakah yang menjadi sahabat setia Belanda? Elemen tanah tentunya.

Mengapa saya menyatakan elemen tanah sebagai sahabat Belanda? Jawabannya sederhana: tanpa tanahnya yang subur serta letaknya yang strategis, negara Belanda tidak akan pernah berdiri. Negara Belanda terletak di sebelah barat Eropa dan berbatasan dengan Jerman di timur, Belgia di selatan, dan Laut Utara di sebelah utara dan barat. Dari Belanda, banyak kota besar di Eropa dapat dijangkau dengan mudah. Brussels dapat dijangkau dalam dua jam dengan kereta api. Kota lainnya, seperti London, dapat dikunjungi dengan penerbangan singkat dari Amsterdam.

Keunggulan geografi Belanda tidak semata-mata pada letaknya yang strategis. Belanda juga memiliki banyak sumber daya alam, seperti gas alam, minyak tanah, gambut, pasir dan kerikil, garam, batu kapur, dan tanah garapan. Sumber daya alam inilah salah satu faktor yang menyokong perekonomian Belanda. Selain itu, Belanda juga memanfaatkan kesuburan tanah untuk beternak. Bahkan menurut website Pemerintahan Belanda, sektor peternakan menghasilkan keuntungan sebesar €8,6 milyar setiap tahunnya! Ternak Belanda menyuplai daging, produk susu, telur, serta wol setiap harinya ke berbagai penjuru Negara Belanda.

Belanda merupakan produsen gas alam terbesar di Uni Eropa. Menurut suatu website, terdapat 452 “tambang” gas alam di Belanda terhitung tanggal 1 Januari 2013. Tidak hanya gas alam, Belanda pun memiliki 46 tambang minyak dan memiliki beberapa sumber energi geothermal.

Melalui kekuatan tanah, Belanda bertambah makmur. Kemakmuran Belanda lambat laun melahirkan individu-individu berbakat yang semakin meningkatkan kesejahteraan Belanda. Dalam bidang arsitektur misalnya, insinyur-insinyur Belanda berhasil membendung bahaya dari laut dengan diberlakukannya Delta Works. Namun, ternyata keahlian bangsa Belanda tidak hanya sampai disitu.
Sebagai contoh, Bangsa Belanda menjunjung tinggi keharmonisan dengan alam. Oleh sebab itu, terdapat berbagai taman nasional di Belanda yang didedikasikan untuk melindungi flora dan fauna Belanda yang beragam. Salah satunya adalah Taman Nasional Hoge Veluwe, di mana sebagian besar areanya hanya bisa dikunjungi dengan bersepeda. Selain itu ada Taman Bunga Keukenhof, taman bunga terbesar di dunia. Di taman ini Anda bisa melihat bunga tulip yang menjadi ciri khas negara Belanda, bakung, dan lainnya.

image001
Taman Keukenhof

image002
Taman Nasional Hoge Veluwe

Keahlian Belanda juga dibuktikan dengan beberapa inovasi arsitektur lainnya, salah satunya Cube House di Rotterdam. Arsiteknya, Piet Blom, mendesain gugusan rumah kubus ini untuk meniru bentuk pohon. Konsep yang ia ambil adalah keberadaan suatu nirwana dalam kota, tempat yang aman di mana segala sesuatu bisa terjadi.

image003

Inovasi lainnya adalah Book Mountain yang terletak di Spijkenisse. Perpustakaan publik ini didirikan oleh perusahaan Belanda yang bernama MVRDV. Perpustakaan menakjubkan ini terdiri dari akumulasi tangga, teras, dan gang yang menciptakan lintasan sepanjang 480 meter dan terdiri atas 5 lantai. Pada puncak “gunung” tersebut kita bisa mendapati sebuah kafe. Rak-rak buku telah dirancang sedemikian rupa sehingga mendapat julukan “tahan api dan ekonomis”. Selain perpustakaan itu sendiri, gedung tersebut juga menyediakan fasilitas auditorium, pusat pendidikan, ruangan untuk meeting, kantor, berbagai macam toko, dan klub catur.

image005

image004

Begitulah, Belanda adalah negara yang menghadapi banyak tantangan. Tetapi, ternyata dari susahnya kehidupan lahirlah orang-orang yang tangguh dan sanggup mengolah elemen tanah menjadi inovasi-inovasi terbaru. Akankah orang Belanda menciptakan hal brilian lainnya? Marilah kita menantinya.

Referensi:

https://kompetiblog2013.wordpress.com/2013/05/13/326-belanda-dari-keterbatasan-tercipta-para-pionir-hebat/

https://leobelanda.wordpress.com/geografi-belanda/

www.nesoindonesia.or.id/tinggal-di-belanda/geografi

http://www.worldatlas.com/geography/netherlandsgeography.htm

http://www.government.nl/issues/agriculture-and-livestock/livestock-farming

http://www.touropia.com/tourist-attractions-in-the-netherlands/

http://www.holland.com/global/tourism/activities/architecture/rotterdam-cube-houses.htm

http://www.nlog.nl/en/oilGas/oilGas.html

http://www.dezeen.com/2012/10/04/book-mountain-library-pyramid-by-mvrdv/