363. eSOS, Toilet Pintar Pencegah Polusi

Penulis : Muis Widi N.A.
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Bencana alam, suatu keadaan yang semua orang tidak harapkan, namun seringkali datang menghampiri disela – sela kesibukan orang akan kehidupan dunia tanpa melihat situasi dan kondisi. Dalam sekejap, bencana alam dapat membuat orang – orang kehilangan harta, sarana dan prasarana, hingga sanak saudara. Secara terpaksa, masyarakat harus bisa menghadapi keadaan genting disaat semuanya telah lenyap. Salah satunya adalah kerusakan sanitasi.

Kerusakan sanitasi memaksa masyarakat untuk kembali ke alam, yaitu dengan cara menggali lubang di tanah untuk menggunakannya sebagai toilet darurat. Namun tahukah bahwa hal tersebut menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan? Patogen dari kotoran manusia bisa mencapai sumber air dan menyebabkan wabah kolera dan penyakit lainnya serta meningkatkan resiko kematian di antara para korban yang selamat. Namun, untuk mengurangi dan mencegah hal tersebut, para peneliti dari Belanda telah menciptakan produk baru yaitu “Smart Toilet” atau “Toilet Pintar”.

image001

image002
Penampilan Luar eSOS. Sumber : www.unesco-ihe.org

Proyek ciptaan Damir Brdjanovic ini resmi diperkenalkan pada dunia saat World Toilet Day ( Hari Toilet Sedunia) yang jatuh pada 19 November tahun lalu. Produk ini diberi nama eSOS. eSOS, singkatan dari Emergency Sanitation Operation System, adalah pendekatan holistik terhadap sanitasi di situasi darurat. Konsep yang diterapkan pada produk ini adalah memberikan solusi sanitasi yang berkelanjutan, inovatif, holistic, serta terjangkau pada saat sebelum, selama dan sesudah bencana. Sistem ini melibatkan beberapa komponen yaitu toilet pintar eSOS (smart toilet), transportasi pintar, dan memindahkan setiap unit toilet, serta penanggulangan feses dan urin yang terpusat dan bahan pembuangan yang aman, seperti lumpur kering, yang bebas patogen, dan air bersih yang bisa digunakan kembali oleh sistem ini. eSOS dirancang ringan dan menggunakan tenaga surya. Damir Brdjanovic dan tim ilmuwannya di Institut Pendidikan Air milik UNESCO di Belanda mengatakan toilet tersebut dirancang untuk membawa penanggulangan bencana sekarang ini.

image004
Penampakan toilet eSOS. Sumber : www.voanews.com

Sistem eSOS terdiri dari fitur-fitur “pintar”, seperti unit pasokan energi, sensor GPS, dan layar yang memantau akumulasi kotoran. Semua data dari sistem toilet ini bisa ditransfer ke pusat koordinasi darurat agar petugas bisa memutuskan dengan lebih baik kebutuhan wilayah yang terkena dampak bencana. Sistem ini juga bisa mendaur ulang urin menjadi air irigasi dengan bantuan membran bio-reaktor.

Salah satu keunikan dari eSOS adalah bisa mengolah limbah cair, yang berasal dari pengolahan lumpur dan urin, menjadi membran bio-reaktor. Ini merupakan teknologi baru yang akan mengolah cairan ke tingkat yang pada akhirnya bahkan bisa digunakan kembali untuk kebutuhan toilet atau irigasi, holtikultur, atau tujuan lain yang bisa dilakukan di sebuah tenda pengungsi, Dengan sistem ini, polusi air dan tanah dapat berkurang sehingga meningkatkan taraf kebersihan di wilayah bencana.

Sistem sanitasi yang ringan memudahkan eSOS untuk dibawa dan dipindahkan di wilayah bencana alam. Walaupun ringan, eSOS sangatlah berguna karena dapat mengatasi seluruh rantai sanitasi darurat dan mengurangi ancaman patogen yang berbahaya pada kesehatan masyarakat. Proyek ini telah diuji coba saat bencana alam yang terjadi di Filipina akhir tahun 2014. Para peneliti berharap bahwa proyek ini dapat membantu mengurangi polusi air dan tanah serta dapat mengurangi resiko penyakit pada masyarakat dalam keadaan darurat bencana.

Belanda tidak henti – hentinya menciptakan berbagai produk yang kreatif dan inovatif. Melalui inovasi dan kreasinya, Belanda mampu menunjukkan kepada dunia bahwa mereka dapat menjadi pelopor dari produk yang luar biasa yang mampu memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat dunia.

Referensi

https://www.unesco-ihe.org/news/esos-smart-toilet-recognized-innovation-impact-federation-dutch-creative-industries

http://www.voanews.com/content/new-smart-toilet-to-prevent-water-pollution-disaster-areas/1971723.html