370. Si Hitam Kereta Api dari Netherland ke Indonesia

Penulis : Kartika Yurlisa
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

image001
Sumber: http://kereta-api.info/sejarah-perkembangan-kereta-api-jaman-belanda-di-indonesia-3589.htm

Butuh kendaraan bebas macet, nyaman dan on time?. Saya memilih kereta api. Menurut saya diantara semua sarana transportasi yang Indonesia miliki. Kereta api adalah yang terbaik. Jika saya ingin mengadakan perjalanan, saya dapat dipastikan akan memilih kereta api dibandingkan sarana transportasi lainnya.

Oleh karena itu ketika ada tema Holland Writing Competition 2015 elemen api saya memilih untuk menulis tentang kereta api. Bagaimana dengan sejarah kereta api di Indonesia? Apakah ada hubungannya antara kereta api, Belanda dan Indonesia?.

Untuk Sejarah, mari kita kembali lagi ke zaman kolonial Belanda!. Selama zaman kolonial Belanda transportasi rel di Indonesia terutama di pulau Jawa dijalankan oleh pemerintah Belanda, Jerman dan Inggris. Rel kereta api yang pertama dibangun si bagian selatan pulau Jawa oleh Nederlandse Indische Spoorwegen Maatschappij (NISM) (Perusahaan Rel Kereta Api Belanda) pada sekitar tahun1860.

Kereta api pertama di Indonesia dibangun tahun 1876 di Semarang (Kemijen-Tanggung yang berjarak 26 km), atas permintaan Raja Wilem I untuk keperluan militer di Semarang maupun hasil bumi ke Gudang Semarang. Kemudian dalam melayani kebutuhan akan pengiriman hasil bumi dari Indonesia, maka Permerintah kolonial Belanda sejak tahun 1876 telah membangun jaringan kereta api, dengan muara pada pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya.

Dalam catatan sejarah, belanda telah menjajah Indonesia selama lebih dari 350 tahun. Namun selama masa penjajahannya, Bel;anda ternyata dikenal memiliki pandangan jauh ke depan dalam soal sarana transportasi Indonesia. Belanda telah membangun berbagai sarana transportasi yang kini kita gunakan, yaitu pembangunan dari jalur pantura hingga pembangunan jaringan kereta api di seluruh Jawa dan sebagian Sumatera.

Dan itulah inovasi bangsa Belanda pada bangsa Indonesia. Kereta api adalah transportasi masa depan yang menjanjikan bagi bangsa Indonesia. Harapan saya inovasi dan teknologi dari Belanda tersebut akan dapat dirasakan oleh semua bangsa Indonesia. Seperi bait dari sebuah lagu “Dari Sabang sampai Marauke”.

Daftar Pustaka :

Anonim. 2015. Sejarah Perkereta Apian di Indonesia. http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkeretaapian_di_Indonesia. diakses 26 April 2015.
Rifai, A. 2014. Sejarah perkembangan Kereta Api Zaman Belanda di Indonesia. http://kereta-api.info/sejarah-perkembangan-kereta-api-jaman-belanda-di-indonesia-3589.htm. diakses 26 April 2015.