379. ‘Virus Inovasi’ mewabah di Belanda !

Penulis : Kukuh Iman Nursetiawan
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Inovasi memainkan peranan yang sangat signifikan dalam kemajuan Belanda. Negeri kincir angin ini berhasil ‘menyulap’ keterbatasannya menjadi kesuksesan yang membanggakan. Beberapa jenis inovasi yang dilakukan adalah dalam bidang desain, fashion, hiburan, dan arsitektur. Hal ini menjadikan Belanda sebagai salah satu Top 5 dalam The World’s Most Innovative Countries 2014. Apa yang
menyebabkan Belanda menjadi salah satu negara paling inovatif di dunia?

Pada tahun 1886, Adolf Mayer menemukan penyakit mosaik yang menghambat pertumbuhan tanaman tembakau, yang disebabkan oleh virus. Kata virus diambil dari bahasa latin, yaitu Virulae yang artinya menular atau Virion yang berarti racun. Maka, virus cenderung identik dengan penularan penyakit. Namun, Belanda memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap virus dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Virus tidak selamanya menularkan penyakit, tetapi dapat juga menularkan hal positif.

Bagi Belanda, virus adalah kepanjangan dari visioner in resolution, yang berarti memiliki pemikiran jauh ke depan dalam melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik. Didukung dengan pendidikan yang berkualitas diharapkan dapat mendorong terciptanya ide-ide inovatif. Belanda yakin melalui ide inovatif ini akan memberikan manfaat yang dapat dirasakan dalam jangka panjang.

Belanda menularkan ‘virus inovasi’ ke dalam lingkungan masyarakatnya untuk membangkitkan gairah dalam berinovasi. Ide-ide inovatif sangat dihargai di Belanda dengan memberikan kebebasan bagi setiap orang untuk mengeluarkan ide-ide dan mengimplementasikannya, sehingga setiap orang memiliki kesempatan untuk melakukan inovasi. Seperti yang Bill Gates katakan, “Governments will always play a huge part in solving big problems. They set public policy and are uniquely able to provide the resources to make sure solutions reach everyone who needs them. They also fund basic research, which is a crucial component of the innovation that improves life for everyone”. Belanda sukses menularkan ‘virus inovasi’ dalam elemen kehidupan dan menghasilkan orang-orang dengan segudang ide inovatif untuk menyelesaikan permasalahan.

Salah satu contohnya adalah SolaRoad yang dikembangkan oleh TNO Research Insitute, yaitu mengkonversi sinar matahari pada permukaan jalan menjadi listrik. Dengan inovasi ini, listrik yang dihasilkan dapat berubah menjadi sistem lalu lintas, mobil listrik (yang berkendara di permukaan), dan listrik untuk rumah tangga. SolaRoad terdiri dari deretan sel surya silikon kristal yang terbungkus dalam beton dan ditutup dengan lapisan tembus dari kaca tempered.

image002
Gambar 1. Panel surya pada SolaRoad

image004
Gambar 2. Pemasangan SolaRoad pada jalur sepeda

image006
Gambar 3. SolaRoad pada jalur sepeda di Belanda

Unique Innovation – SolaRoad

https://www.youtube.com/watch?v=iSpFM9eeyEk

Melalui SolaRoad, Belanda berhasil melakukan inovasi pada salah satu elemen kehidupan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat serta alam sekitar. SolaRoad menjadi jalan pertama di dunia yang mengubah sinar matahari menjadi listrik yang siap digunakan. Dukungan pemerintah Belanda pun berperan dalam pengembangan SolaRoad melalui Dutch Creative Industries Council (D-CIC) sebagai badan pelaksana dengan prinsip ‘segitiga emas’ (industri, lembaga penelitian, dan pemerintah Belanda).

Tidak hanya itu, Belanda juga menularkan ‘virus inovasi’ dalam The Smart Highway, sebuah karya seorang seniman Belanda bernama Daan Roosegaarde. The Smart Highway merupakan garis sinar pada pembatas jalan raya yang dirancang sebagai pengganti lampu jalan dengan menyerap energi dari matahari. Garis sinar pada pembatas jalan ini bertugas untuk menyerap sinar matahari pada siang hari dan memancarkan cahaya selama 8 jam pada malam hari. The Smart Highway dibuat menggunakan bubuk photo-luminescent yang terintegrasi dalam cat jalan, yang dikembangkan oleh laboratorium desain sosial Studio Roosegaarde dari perusahaan konstruksi HEIJMANS.

image008
Gambar 4. The Smart Highway

image010
Gambar 5. Proses kerja The Smart Highway

The Smart Highway menjadi sebuah solusi inovatif dari perpaduan cahaya, energi, dan tanda-tanda jalan yang secara otomatis beradaptasi dengan situasi lalu lintas, serta membuat visibilitas yang sangat jelas dan tampilan jalan raya menjadi cantik memikat. Belanda mendukung kehidupan yang berkelanjutan dengan The Smart Highway untuk mengurangi penggunaan listrik pada lampu jalan serta menghemat biaya. Penghargaan INDEX: Award 2013 pun diraih dari Inovasi ini.

Glowing Lines – The Smart Highway

https://www.youtube.com/watch?v=heYGD2Cbx1k

Lalu apakah ‘virus inovasi’ Belanda hanya sampai di situ? Jawabanya tentu tidak. Belanda juga menularkan ‘virus inovasi’ pada karya seni. Roosegaarde memadukan inovasi The Smart Highway dengan lukisan kontemporer Starry Night karya seniman Belanda Vincent van Gogh pada jalur sepeda di Brabant, yang merupakan tempat kelahiran van Gogh. Roosegaarde membuat rute sepeda ‘Van Gogh-Roosegaarde’ yang terdiri dari ribuan batu tenaga surya. Batuan tersebut diatur dengan komposisi berputar-putar tak beraturan yang disamakan dengan lukisan karya van Gogh “Starry Night”.

image012
Gambar 6. Lukisan Starry Night

image014
Gambar 7. Lukisan Starry Night pada jalur sepeda

Dengan menularkan ‘virus inovasi’ dalam masyarakat, Belanda memotivasi setiap orang untuk menghasilkan ide-ide yang inovatif dan berkontribusi dalam kesuksesan Belanda. Secara topografi, Belanda memang memiliki keterbatasan lahan, namun keterbatasan tersebut menjadikan negeri kincir angin ini belajar untuk berinovasi dalam merubah keterbatasan menjadi kesuksesan. Roosegaarde merupakan salah satu contoh yang menularkan ‘virus inovasi’ untuk memberikan solusi dari permasalahan sekaligus mengharumkan nama Belanda di dunia internasional.
Dan sekarang, saatnya kamu menularkan ‘virus inovasi’ dengan ide-ide yang menakjubkan. Ayo tularkan ‘virus inovasi’ di sekelilingmu !!

Referensi :
• http://knowledge.insead.edu/entrepreneurship-innovation/the-worlds-most-innovative-countries-2014-3470
• http://www.dutchdailynews.com/netherlands-among-worlds-top-5-most-innovative-countries/
• http://www.apsnet.org/publications/apsnetfeatures/Pages/TMV.aspx
• http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/b/billgates446470.html
• http://dutchinnovation.net/tag/highway/
• http://www.solaroad.nl/en/
• http://www.theguardian.com/environment/2014/nov/05/worlds-first-solar-cycle-lane-opening-in-the-netherlands
• http://www.smarthighway.net/
• http://impressivemagazine.com/2014/04/16/discover-first-smart-highway/
• http://www.designboom.com/technology/smart-highway-by-daan-roosegaarde-wins-index-award-2013/
• http://www.vangoghgallery.com/painting/starry-night.html
• http://www.adventure-journal.com/2014/11/the-daily-bike-riding-van-goghs-starry-night/