381. Overdiepse Polder: Inovasi Belanda dalam Mengatasi Banjir

Penulis : Amadea Raissa Sumarni
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Belanda menjadi negara di kawasan Eropa Barat yang mengalami permasalahan rawan banjir. Belanda sendiri telah mengalami permasalahan banjir sejak abad ke 13 lalu. Saat itu, pemerintah Belanda mencoba berinovasi dengan membuat kincir angin yang berfungsi sebagai drainase agar membantu proses pengalihan dan pengeringan air. Kincir angin sendiri sebenarnya telah juga digunakan Belanda saat itu namun fungsinya untuk menggiling hasil panen jagung. Selain itu, pada masa itu, petani-petani setempat juga telah membangun tanggul sederhana sebagi pencegah banjir.
Pada tahun 1953, banjir besar terjadi di kawasan pesisir Eropa (North Sea Flood). Gelombang besar menghantam pantai timur Inggris, Belgia, Jerman dan Belanda yang telah menyebabkan lebih dari 2.100 orang meninggal dunia dimana 1.800 orang-nya adalah warga negara Belanda dan lebih dari 150.000 hektar lahan terendam banjir. Banjir besar juga terjadi pada tahun 1993 dan pada tahun 1995, ketika lebih dari 200.000 orang harus dievakuasi dan ratusan hewan ternak mati.

image002
Gambar 1 North Sea Flood 1953
(jaywicklocalhistorysociety.wordpress.com)

Dua puluh hari setelah banjir tahun 1953, Komisi Delta diresmikan. Komisi ini akan memberikan ide-ide tentang pelaksanaan Delta-Plan yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan Belanda dari ancaman banjir. Lalu, pada tahun 1959, Undang-Undang Delta disahkan dimana Komisi Delta sebagai lembaga yang berhak untuk mengatur pembangunan sejumlah proyek bendungan di Belanda. Komisi ini telah bekerjasama dengan sejumlah ilmuwan untuk menciptakan komposisi yang tepat untuk menghalau banjir lewat berbagai pembangunan tanggul di seluruh wilayah Belanda.

Menurut Komisi Delta, permukaan air laut akan naik di Belanda hingga 1,3 meter dalam satu abad ke depan, dan mencapai 4 meter dalam 200 tahun mendatang. Sepertiga wilayah Belanda terletak sejajar dengan permukaan air laut, atau dibawahnya. Lalu ada juga ancaman kenaikan tingkat permukaan sungai sebagai dampak dari perubahan iklim sehingga menyebabkan aliran air sungai yang mengalir masuk ke Belanda lebih penuh dari sebelumnnya.

Inovasi terbaru yang berusaha dilakukan pemerintah Belanda adalah dengan membangun Overdiepse Polder. Overdiepse Polder adalah proyek lahan pertanian berbentuk seperti mata yang berada diantara kurva dari dua sungai, yang merupakan program pemerintah Belanda yang direncanakan akan selesai pada tahun ini oleh lembaga bernama Kamar untuk Sungai (Room for the River). Dibentuk pada tahun 2006, lembaga ini bertugas untuk mengurangi risiko banjir pada empat sungai utama di Belanda yaitu Rhine, Meuse, Waal dan Ijssel. Sejumlah usaha untuk menanggulangi banjir telah dilakukan oleh lembaga ini seperti melakukan pelebaran sungai dan membuat saluran samping sungai yang pada dasarnya difungsikan untuk memberikan ruang lebih untuk ekstra air jika permukaan air laut naik.

Salah satu proyek terbaru dalam mengatasi banjir adalah dengan Overdiepse Polder. Program ini menelan biaya sebesar 2,3 miliar euro. Proyek ini dibangun sejak tahun 2010 lalu dan selesai pada tahun awal tahun 2015.

The Overdiepse Polder berada di Waspik dan Geertruidenberg yang difungsikan untuk membuat penurunan tingkat air setinngi 27 cm di Bergsche Maas jika terjadi peningkatan ekstrim air. Penurunan tingkat air akan memiliki efek pada menjauhnya kadar air hulu dari polder tersebut. Hal ini dilakukan untuk melindungi daerah sekitar Hertogenbosch agar tidak terkena banjir. Selain untuk melindungi dari banjir, polder ini juga dirancang sebagai tempat penyimpanan air.

image004
Gambar 2
(http://www.dutchwatersector.com/news-events/news/3384-room-for-the-river-first-dairy-farmer-moves-to-new-farm-on-6-m-high-mound-in-overdiepse-polder.html)

Rencana tersebut terdiri dari tiga tahap yaitu, : sebagai bendungan di bagian utara Bergsche Maas. Pada saat air sungai pasang, air dapat mengalir ke polder tersebut. Di sisi selatan dibangun tanggul musim dingin yang akan menghalangi masuknya air dari Binnengestroomde dan dapat melindungi perumahan penduduk di sepanjang sungai. Rata-rata dari air sungai Bergsche Maas akan sekali dalam dua puluh lima tahun mengalir ke polder tersebut. Sebanyak 8 gundukan juga akan dibangun yang akan menjadi lahan bagi rumah dan peternakan bagi warga setempat. Setiap gundukan tersebut akan dibangun sepanjang 2,25 hektar.

Sebelum polder ini dibangun, terdapat 17 peternakan di daerah tersebut. Dan setiap air naik, akan terjadi banjir. Banjir juga akan mengaliri perumahan warga di sekitar kawasan tersebut. Rencana pembangunan polder tersebut juga di diskusikan dengan warga setempat karena dengan pembangunan ini maka peternakan dan perumahan mereka sebagian akan direlokasi. Sejumlah 8 peternakan akan dibangun kembali dan 7 akan dipindahkan ke wilayah lain. Dalam pembangunan polder ini, dewan provinsi beserta kontraktor juga berinteraksi secara aktif dengan warga dengan mengirimkan setiap aktivitas pembangunan baru melalui surat pemeritaan setiap minggunya bernama Polderfolder.

Program Overdiepse Polder merupakan salah satu inovasi dalam mengatasi banjir. Program peningkatan pembangunan tanggul memiliki kelemahan seperti lebih banyak air akan mengalir ke tanah di belakang tanggul sehingga menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu pemerintah Belanda melalui Room for the River untuk menggabungkan pengurangan risiko banjir dengan pelestarian alam daerah. Selain sebagai pencegahan banjir, penyimpanan air dan pertanian, fungsi Overdipese Polder juga sebagai ruang tambahan untuk penelitian ekologi dan rekreasi.

Referensi

http://www.climateadaptation.eu/netherlands/coastal-floods/

http://www.eh-resources.org/floods.html

http://www.let.rug.nl/polders/boekje/history.htm

http://www.deltacommissaris.nl/english/delta-programme/what-is-the-delta-programme/

http://www.nytimes.com/2013/02/17/arts/design/flood-control-in-the-netherlands-now-allows-sea-water-in.html?_r=0

http://www.brabantsedelta.nl/algemeen/actueel/werk-in-uitvoering/waalwijk/ruimte-voor-de-rivier-in-de-overdiepse-polder.html

http://www.omroepbrabant.nl/?news/212258912/Verlaging+dijk+Overdiepse+polder+geeft+Bergsche+Maas+weer+vrij+spel.aspx

https://www.brabant.nl/dossiers/dossiers-op-thema/water/bescherming-tegen-water/rivierverruiming-overdiepse-polder.aspx

https://www.youtu.be/uqw3Git4vvM