387. “Belanda dan si Tanggul = De Nederland en De Dijk”

Penulis : Sitti Rachmawati
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Belanda??? Siapa yang tidak mengenal negara tersebut?? Aku pasti menjamin setiap orang yang mendengar atau menyebut “Belanda” pikiran mereka akan langsung membayangkan kincir angin, sepeda, pelabuhan, jembatan, kanal, bunga tulip yang berhamparan bak permadani serta kemajuan teknologi lainnya yang senantiasa elok dipandang mata. Rasa penasaranku akan negara Belanda mendorongku untuk mengetahui dan mengenal lebih dekat tentang Belanda.

Seakan aku tertegun begitu mengetahui bahwa Belanda merupakan salah satu negara tertua, yang secara resmi lahir pada tahun 1581. Bentuk negara Belanda bukanlah Republik melainkan Monarki Konstitusional, dengan Kepala Negara seorang Raja atau Ratu. Sedangkan Kepala Pemerintahan dipegang seorang Perdana Menteri. Secara geografis, negara Belanda merupakan negara dengan berpermukaan rendah, kira-kira 20% wilayahnya, dan 21% populasinya berada di bawah permukaan laut, dan 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut, keunikan negara ini terabadikan dalam namanya “Nederland (bahasa Belanda), yang artinya “negeri-negeri berdaratan rendah”. Dengan kondisi alam yang tidak menguntungkan bila dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, tidak membuat bangsa Belanda menyerah begitu saja.

image001

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e6/Netherlands_Map_%28Without_Islands%29.svg/400px-Netherlands_Map_%28Without_Islands%29.svg.png&imgrefurl=http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda&h=474&w=400&tbnid=MijXvf4SaolwDM:&zoom=1&docid=naB_KEV4_ppYaM&ei=ae88VaThCo-gugSS6oCYDw&tbm=isch&client=firefox-a&ved=0CEEQMygcMBw

Sangat beruntunglah orang Belanda, karena memiliki sifat rajin, ulet, pekerja keras dan sangat terbuka dengan bangsa lainnya. Seakan menyadari dengan sifat yang dimilikinya tersebut, mendorong bangsa Belanda untuk terus menciptakan berbagai macam inovasi dalam hal teknologi guna mengatasi kekurangan kondisi alamnya. Sebut saja salah satu penemuan yang sangat terkenal dan membuat dunia lain tercengang yaitu berupa inovasi teknologi konstruksi raksasa dijk (dinding laut) yang dapat membendung air laut dengan kedalaman sedemikan rupa. Terasa sangat awam dan asing tentunya istilah tersebut ditelinga kita, dan ini juga yang membuat rasa penasaranku mengenai apa sih yang dimaksud konstruksi raksasa dijk???

Dijk itu sendiri bermakna dam atau tanggul. Pembangunan tanggul telah terjadi sejak abad ke-12, bangunan yang dikenal dengan istilah Westfriese Omringdijk (West-Frisian Circular Dyke), adalah sebuah sistem tanggul yang melindungi wilayah Westflinge, merupakan bagian dari wilayah sejarah West-Frisia. Tanggul ini telah diselesaikan pada tahun 1250 , dengan panjang tanggul kurang lebih 126km, yang melindungi luas wilayah kurang lebih 800km2. Tanggul-tanggul tersebut menghubungkan kota-kota seperti Enkhuizen, Hoorn, Alkmaar, Schagen, Medemblik dan kembali lagi ke Enkhuizen.

image003

http://www.oudhoorn.nl/ontstaan_hoorn/02_ontstaan.php

image004

http://www.westfriesgenootschap.nl/genootschap/

image006

http://www.bol.com/nl/p/de-westfriese-omringdijk/1001004007612863/

Dijk juga bermakna tanggul buatan yang membatasi tanah dengan laut atau air. Sedangkan dam adalah tanggul buatan yang membatasi laut dengan laut. Salah satu fungsi dari tanggul itu sendiri adalah untuk mencegah banjir pada dataran yang dlindunginya. Berbicara mengenai banjir, hmmm negara Belanda sendiri juga pernah mengalami banjir yang terbesar pada tahun 1287, yang dinamakan banjir Zuiderzee , yang memakan korban jiwa sebanyak 50 ribu masyarakat Belanda. Pada tahun 1421, juga pernah terjadi banjir besar yang memakan korban jiwa sebanyak 15 ribu masyarakat Belanda, sehingga Belanda pada saat itu mengalami kerugian financial yang sangat besar. Sehingga tidak jarang, banyak penduduk Belanda yang meninggalkan negara Belanda pada saat itu, dengan berpindah ke wilayah sekitar Jerman dan Perancis.

Hmmm tidak heran, akhirnya Pemerintah Belanda membuat proyek yang boleh dibilang sangat tidak masuk akal, yaitu membendung lautan. Proyek yang tidak masuk akal tersebut diawali dengan pembuatan dijk (tanggul). Salah satu konstruksi tanggul yang sangat terkenal disebut Afsluitdijk (Penutup Tanggul). Bendungan ini membentang sepanjang 32km, yang menghubungkan Den Oever di Wieringen, Provinsi North Holland dan desa Zurich di Provinsi Friesland, dengan lebar total 90km dan ketinggian 7.25m dpal.

image008

https://beeldbank.rws.nl/RuimtevoordeRivier/MediaObject/Details/Luchtfotoserie_Nederlandse_kust___Afsluitdijk_410632

Awalnya daerah tersebut adalah laut Zuiderzee (Laut Selatan), namun karena laut tersebut dibendung oleh tanggul Afsluitdijk pada tahun 1932, maka laut tersebut pun hilang dan berubah menjadi sebuah danau air tawar. Akhirnya danau ini, diberi nama Ijsselmer atau danau Ijssel, yang merupakan danau dangkal di Belanda. Nama danau tersebut diambil dari nama sungai yang bermuara pada laut Zuiderzee. Ternyata danau Ijssel adalah danau kelima terbesar yang berada di Eropa. Danau ini memiliki luas 1100 km2 yang terletak ditengah-tengah Belanda dan berbatasan dengan Provinsi Flevoland, Noord Holland dan Friesland, dengan kedalaman rata-rata 5 sampai 6 meter.

image009

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d1/Zuiderzeewerken-NL.png&imgrefurl=http://id.wikipedia.org/wiki/IJsselmeer&h=592&w=500&tbnid=i919_POy9lLywM:&zoom=1&docid=IIZr80vIBiYHmM&ei=Egg9Vd-HEYW3uATwq4DwCQ&tbm=isch&client=firefox-a&ved=0CCUQMygKMAo

Ide proyek gila ini pertama kali dicetuskan oleh Hendrik Stevin bersama dengan beberapa temannya yang memiliki ide super-gila pada abad 17. Ide ini muncul karena semakin menyusutnya lahan pertanian serta makin banyaknya kebocoran yang terjadi disana-sini atas bendungan-bendungan kecil yang tersebar di wilayah Belanda. Namun dikarenakan, memerlukan dana yang cukup besar dan keterbatasan peralatan maka ide tersebut terlupakan untuk sementara waktu.

Pada tahun 1880, dibentuklah Zuider Zee Association tepatnya tahun 1886, yang bertujuan untuk mewadahi kelompok insinyur dan para pengembang untuk menampung ide dan aspirasi mereka. Serta dapat menggunakan organisasi ini sebagai jalan untuk melakukan lobby ke Pemerintah, yang pada saat itu Cornelis Lily terpilih sebagai penasehat.

Kemudian pada tahun 1891, Cornelis Lely terpilih menjadi Menteri Transportasi dan Pekerjaan Umum dan pada tahun yang sama Beliau menuntaskan pekerjaan yang sempat terbengkalai tersebut. Namun lagi-lagi masalah biaya yang sangat tinggi untuk mengeringkan Zuider Zee dan dirasa manfaatnya begitu perlu pada saat itu, maka proyek tersebut pun masih belum jalan.

Pada tahun 1913, Ratu Belanda memutuskan untuk memulai dan menjalankan rencana super-gila tersebut. Hmmm, sempat terjadi penundaan pekerjaan pada tahun 1914 karena PD 1 pecah. Pada tahun 1916, kembali terjadi banjir besar yang melanda Belanda secara terus menerus. Sehingga akibat banjir tersebut, kembali menguatkan tekad orang Belanda untuk segera meluncurkan proyek tersebut. Pada tahun 1918, Parlemen Belanda meloloskan rencana pembangunan tersebut. Pada tahun 1920, dimulailah pembangunan ambisius untuk menguras dan mengeringkan laut.

Tak heran kalau proyek Afsluitdijk merupakan bagian dari proyek raksasa yang dikenal dengan sebutan Delta Works. Lantas timbul pertanyaan dalam hati kecilku mengenai apa sih Delta Works? Hmm serta fungsi dari Delta Works itu sendiri???

Delta Works merupakan proyek pembangunan tanggul penahan gelombang laut. Dimana perencanaan tata ruang dan konstruksi difokuskan pada pemisahan air dan daratan. Delta Works ternyata sudah dibangun sejak tahun 1950-an sampai dengan 1997 dan saat ini proyek tersebut masih tetap terus dilanjutkan karena situasi terakhir berupa pemanasan global yang dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut. Delta Works memiliki tinggi tembok sekitar 13m dari permukaan laut, dan sistem ini diyakini mampu menahan badai besar yang terjadi di Belanda.

Hmmm ternyata, proyek Delta Works dimaksudkan untuk melindungi area yang luas di barat daya Belanda dari hempasan air laut di sebelah utara sehingga air yang akan memasuki Belanda menjadi tertahan di bendungan yang dibangun di mulut-mulut sungai.

image010

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://winnyradc.files.wordpress.com/2013/05/delta-warken.jpg&imgrefurl=https://kompetiblog2013.wordpress.com/tag/251-300/page/3/&h=484&w=601&tbnid=-NIx4hYOTNGS7M:&zoom=1&docid=m2P8TxkWaPUXzM&ei=GRI9VcLBGYKhugTt24CABQ&tbm=isch&client=firefox-a&ved=0CDsQMygWMBY

Delta Works memiliki panjang 16.500km, yang terdiri dari dari 2.420 km bendungan utama dan 14.080 km bendungan sekunder, dengan jumlah total 300 struktur raksasa. Sehingga tidak heran apabilan hal ini merupakan salah satu keajiban dunia modern dalam bidang konstruksi dan teknik sipil.

Dan ternyata fungsi dari pembangunan tanggul Afsluitdijk tidak hanya sebagai tanggul penahan untuk membendung Zuiderzee dan menahan badai besar di Belanda. Namun ternyata lagi-lagi sebuah fakta mencengangkan aku, bahwa ternyata proyek ini memberikan kontribusi lainnya. Pasti anda penasaran bukan???? Ternyata perbedaan antara air tawar dan asin tersebut dapat menimbulkan perbedaan tegangan yang dapat menghasilkan listrik. Tentu saja,hal ini menciptakan sebuah pembangkit energi dari air tawar dan air asin, yang merupakan sumber energi baru berkesinambungan yang dapat dengan mudah diakses. Peneliti Leeuwarden akan mencaritahu seberapa sukses sebenarnya blue energy ini dalam penerapan dalam pemenuhan listrik di Belanda. Secara teoritis, proses ini setidaknya dapat menampung pasokan listrik setidaknya 100% untuk Belanda.

Hmmmm, sungguh sangat luar biasa orang Belanda dengan ide yang super-gila dapat menciptakan hasil yang sangat out of the box. Lantas bagaimana dengan orang Indonesia sendiri yaaa dalam mengatasi banjir?? Apakah berani mengeluarkan ide yang super-gila untuk hasil yang sangat dahsyat???

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda

https://cerminsejarah.wordpress.com/2009/11/17/sejarah-negeri-belanda/

http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggul

http://en.wikipedia.org/wiki/Westfriese_Omringdijk

http://www.academia.edu/9313069/belanda_negara_buatan_manusia

http://www.neraca.co.id/article/18659/Panjang-Tanggul-di-Belanda-32-km

https://lenidisini.wordpress.com/2010/04/07/belanda-banjir-dan-delta-works/

https://menikhd.wordpress.com/2012/05/04/pemikiran-kecil-dalam-hasil-yang-besar-6/