397. Kereta Listrik Belanda 100% Nol Emisi

Penulis : Sabrina Amalia Siregar
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Yuk kita selamatkan dunia dan generasi penerus dari global warming dengan kereta listrik bertenaga angin-nya Belanda!

image003
(Sumber: http://www.raillynews.com/2014/netherlands-will-supply-electricity-trains-wind-turbines/)

Tahukah kamu?

Pada tahun 2018 mendatang, seluruh kereta listrik di Belanda akan digerakkan oleh green electricity yang artinya, listrik yang digunakan untuk menjalankan kereta diproduksi dengan sumber daya yang tidak akan merusak lingkungan dan dapat diperbaharui. Yap, seluruh kereta listrik di tahun 2018 akan bergerak menggunakan objek angin alias tenaga angin.

Transportasi umum ini menjadi salah satu pilihan utama penduduk Belanda, khususnya bagi yang bekerja diluar kota. Selain cepat dan praktis, frekuensi keberangkatannya pun sangat sering. Diperkirakan setiap harinya terdapat kurang lebih 1.2 juta perjalanan menggunakan kereta disepanjang negara Belanda yang dioperasikan oleh Nederlandse Spoorwogon (NS).

Wah, berarti di tahun 2018 yang akan datang memungkinkan kurang lebih 1.2 juta penumpang untuk melakukan perjalanan dengan transportasi bebas emisi lho!

Dari mana sih asalnya tenaga angin tersebut?

image005

Ternyata, kincir angin di Belanda itu multi-fungsi. Tidak hanya digunakan untuk membantu para petani dalam melakukan penggilingan padi dan keperluan irigasi, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Wow! Selain merupakan ikon perkembangan peradaban bangsa Belanda, kincir angin juga menjadi salah satu simbol pencapaian kemajuan teknologi energi.

image007

Sebagian angin untuk menggerakkan transportasi listrik bebas emisi tersebut berasal dari peternakan angin yang berada di Holland milik perusahaan Enesco. Kemudian sebagiannya lagi berasal dari peternakan angin baru di Netherlands, Scandinavia dan Belgium.

Jangan khawatir akan kehabisan! Enesco menjamin bahwa green energy akan selalu tersedia walaupun tidak sedang ada hembusan angin. Mereka juga memastikan volume listrik yang digunakan kereta per tahunnya bersesuaian dengan output pertahun dari perkebunan angin, agar tidak kelebihan dan kekurangan.

image009

Langkah besar Belanda tersebut bermula pada tanggal 15 Mei 2014, hari dimana keduabelah pihak VIVENS dan perusahaan energi Enesco menandatangani sebuah kontrak pembaharuan energi yang akan berjalan mulai tahun 2015-2025. VIVENS merupakan suatu perserikatan antar perusahaan-perusahaan kereta lokal Belanda yang terdiri dari Netherlands Railways (NS), Veolia, Arriva, Connexxion, ERS Railways, dan masih banyak lagi.

image011

Dapat kita lihat bahwa Belanda sangat serius dan tidak tanggung-tanggung dalam hal mengembangkan transportasi yang sehat dan ramah lingkungan. Diagram disebelah kanan menunjukkan peningkatan proporsi penggunaan tenaga angin per tahunnya sampai dengan tahun 2018.

Semakin rendahnya emisi dan polusi yang dihasilkan maka semakin sehat pula lingkungan dan masyarakat yang menggunakannya. Bayangkan. 0 emisi, 100% tenaga angin, di negara kincir angin. Berkat kreativitas bangsa belanda, angin yang saking berlimpahnya sampai-sampai disepelekan dan ‘tidak terlihat’ sekarang menjadi terlihat. Tunggu apa lagi? Sekarang saatnya kita ikuti jejak negara Belanda untuk beralih ke transportasi ramah lingkungan dan ucapkan selamat tinggal kepada elemen-elemen perusak bumi demi perubahan dunia yang lebih baik.

Referensi

http://www.hollandtrade.com/media/news/news-archive/index.asp?bstnum=5427&PageIndex=3

https://www.ersrail.com/ers-railways-goes-for-green-in-the-Netherlands!.html

http://www.raillynews.com/2014/netherlands-will-supply-electricity-trains-wind-turbines/