399. Electric Mobility, Inovasi Cerdas Belanda untuk Menangani Polusi Udara

Penulis : RASUNA RIZKY UTAMI CIPTOADI
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Belanda merupakan salah satu negara yang telah banyak memberikan kontribusi lewat inovasi-inovasinya di berbagai bidang kehidupan. Berkat inovasinya yang beragam tersebut, Belanda memperoleh posisi 10 besar pada Global Innovation Index tahun 2014 dengan posisi yang lebih tinggi dari banyak negera lain seperti USA. Salah satu inovasi dari Belanda yang patut ditiru adalah cara masyarakat dan Pemerintah Belanda menangani masalah polusi udara.

Polusi udara merupakan salah satu masalah akut yang masih berlangsung di berbagai belahan dunia dengan bahaya yang terus meningkat sampai saat ini. Polusi udara dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari masalah ringan sampai berat. Seperti misalnya gangguan berbagai organ tubuh yakni organ pernapasan, gangguan kulit, timbulnya kanker dan juga bahaya lain seperti penuaan dini dan stress. Berbagai cara telah ditempuh untuk mengurangi dampak polusi udara yang terjadi di lingkungan seperti misalnya Clean Air Act yang dibuat oleh pemerintah dengan cara menambah pajak bagi industri yang melakukan pencemaran udara, program penghijauan, dan lain-lain.

Di Belanda terdapat gerakan penangan pencemaran udara dan penghematan energi dengan menggunakan kendaraan elektrik yang dikenal dengan sebutan “Electric Mobility”. Penggunaan kendaraan dengan bahan bakar listrik ini dapat memberikan berbagai dampak positif seperti misalnya udara yang lebih bersih, pengurangan level karbon di udara, penghematan energi, dan pengurangan biaya penggunaaan bahan bakar bensin. Salah satu faktor pendukung penting dari gerakan ini di Belanda adalah untuk mengurangi polusi udara di wilayah padat penduduk seperti di area Randstead yang memiliki penduduk sekitar 7.1 juta orang . Setiap orang tersebut mengendarai kendaraan sejauh 15-30 Km setiap harinya. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah emisi CO2 dan polusi udara di Belanda akan dapat berkurang drastis jika pengendara mengganti kendaraan mereka dengan kendaraan elektrik.

Percobaan penggunaan kendaraan elektrik sendiri telah mulai dilakukan dengan skala kecil sejak tahun 1995, dan pada tahun 2008 skala penggunaan kendaraan elektrik pun mulai terlihat meningkat secara siginifikan. Tahun 2009 Pemerintahan Belanda membentuk “Formule E-Team” yang bertugas untuk memperkenalkan pelaksanaan “Electric Mobility” dan mengurangi hambatan yang akan berpegaruh pada proses implementasi nantinya. Mulai dari tahun 2010 penggunaan kendaraan elektrik sudah terdistribusi dengan semakin baik mulai dari kalangan bisnis sampai kalangan sipil. Kendaraan elektrik mulai digunakan baik sebagai kendaraan pribadi masyarakat dan kendaraan umum seperti taksi dan juga kendaraan lain seperti kendaraan pengangkut sampah.

image002
Gambar: Registrasi Kendaraan Elektrik di Belanda
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:PEV_Registrations_Netherlands_2010_2013.png

Pemerintah Belanda sendiri memberikan dukungan penuh pada masyarakat untuk menggunakan kendaraan elektrik ini. Dukungan diberikan oleh pemerintah dengan cara menyediakan berbagai macam fasilitas dan sarana pendukung yang sesuai. Seperti misalnya infrakstruktur jalan raya yang berkualitas baik, penyediaan stasiun pengisi bahan bakar elektrik baik untuk mobil dan skuter elektrik. Selain itu, Pemerintah di Belanda juga menyediakan fasilitas bagi masyarakat yang ingin mencoba mengetahui bagaimana rasanya menggunakan kendaraan elektrik bagi mereka yang masih belum mengganti kendaraannya ke model kendaraan elektrik. Di Rotterdam bahkan terdapat bus-bus elektrik tanpa supir yang mengantar orang-orang di area bisnis Rotterdam. Pemerintah Belanda juga mencoba menarik minat masyarakat lebih jauh dengan cara pengurangan pajak bagi pengguna kendaraan elektrik. Menarik bukan?

image004
Gambar: Dua mobil Smart EDs Car2Go di Herengracht Amsterdam sedang mengisi bahan bakar
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Car2Go_Amsterdam_Smart_ED_cropped.JPG

Salah satu dampak lain dari adanya “Electric Mobility” ini yaitu berkembangnya bisnis dan inovasi di bidang ini. Sampai sekarang terhitung terdapat sekitar 100 lebih perusahaan dan lembaga penelitian yang aktif dalam bidang penelitian dan inovasi “Electric Mobility”. Mereka terus berusaha membuat produk yang cerdas, modern, dan ramah lingkungan agar konsumen semakin tertarik untuk menggunakan kendaraan elektrik. Penjualan kendaraan elektrik khususnya mobil elektrik pun semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring meningkatnya jumlah masyarakat di Belanda yang berminat menggunakan kendaraan jenis ini. Dengan dimikian “Electric Mobility” ini juga meningkatkan lapangan kerja dan peluang bisnis bagi masyarakat Belanda, sehingga ekonomi di Belanda pun dapat semakin berkembang dengan meningkatnya produksi kendaraaan elektrik.

image006
Gambar: Tesla Model S Biru
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Blue_Tesla_Model_S_Zoutelande_dunes_Holland.jpg

Dengan meningkatnya penggunaan kendaraan elektrik maka polusi udara dapat semakin berkurang, mengingat seberapa besarnya pengaruh gas sisa pembakaran kendaraan bermotor terhadap polusi udara. Masyarakat pun dapat menghirup udara yang lebih bersih dan dapat meminimalisir resiko dari bahaya polusi udara. Selain itu, penggunaan kendaraan elektrik ini juga dapat menghemat penggunaan energi sehingga bersifat ramah lingkungan. Alangkah baiknya jika gerakan “Electric Mobility” ini dapat juga dilaksanakan di berbagai Negara lain termasuk Indonesia nantinya. Tentunya hal tersebut harus dilaksanan dengan adanya kesaradan masyarakat akan kondisi lingkungan dan bumi, dan juga didukung dengan bantuan Pemerintah untuk memerikan fasilitas dan sarana yang memadai. Yuk, mari kita berpartisipasi untuk mengurangi polusi dan kerusakan lingkungan sedini mungkin. Mulai dari sekarang, mulai dengan apa yang kita punya, dan mulaid dimana kita berada.

Referensi :

https://www.globalinnovationindex.org/content.aspx?page=data-analysis

http://www.iamexpat.nl/read-and-discuss/expat-page/news/Netherlands-fourth-in-Global-Innovation-Index-2013

http://sehatsatu.com/pengertian-dan-dampak-polusi-udara/

http://www.d-incert.nl/electric-mobility-in-the-netherlands-powering-implementation-and-innovation/

http://www.navigantresearch.com/blog/the-dutch-blaze-an-ev-trail

http://en.wikipedia.org/wiki/Plug-in_electric_vehicles_in_the_Netherlands