400. Mengelola Hara ala Bangsa Belanda

Penulis : Rohim Nurul Hidayah
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Jika telah memasuki bulan April maka dipastikan Belanda punya agenda luar biasa. Yap, Keukenhouf atau biasa disebut taman bunga terbesar di Belanda mulai dibuka pada Maret sampai Mei tahun ini! Oranje Nassau Pavilion, Willem-Alexander Pavilion dan juga Beatrix Pavilion akan menyajikan berbagai pagelaran ‘bunga-bunga’ bagi para pengunjung sekaligus memamerkan betapa negara tersebut kaya akan flora yang subur.

image002
Pengunjung nampak berjalan-jalan di sekitar taman Bunga Keukenhouf /

Sudah bukan rahasia lagi Belanda begitu unggul dalam penelitian, pengembangan bahkan pendidikan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pertanian dan pengairan. Keukenhouf menjadi bukti bahwa Belanda tidak hanya serius mengelola alam, tetapi juga menjadikannya sebagai peluang peningkatan ekonomi. Suburnya pertanian dan perkebunan di Belanda tidak bisa lepas dari peran masyarakat dan Pemerintah dalam menerapkan pertanian yang ramah lingkungan. Komoditi pertanian dan perkebunan Belanda yang unggul di pasar Eropa bahkan mampu memberikan kesejahteraan bagi para petaninya.
Semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia yang peduli akan kesehatan serta alam menjadi faktor penting bagi Belanda untuk terus memajukan model-model pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan, sehingga menghasilkan produk pertanian berkualitas tinggi bagi kehidupan. Disisi lain bangsa ini juga memiliki kesadaran tinggi bahwa tanah pertanian dan perkebunan tidak hanya perlu digarap dan dipanen namun juga membutuhkan sokongan kehidupan berkelanjutan pada tanah garapan. Salah satu cara yang dilakukan untuk memelihara kesuburan tanah pertanian di Belanda adalah penggunaan produk-produk pupuk organik.

Sebuah perusahaan pupuk organik terkemuka di Belanda, Ferm O Feed memproduksi berbagai varian pupuk organik, pupuk mineral organik dan juga substrat yang kemudian 95% produknya diekspor ke lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Nah, salah satu produk pupuk organik terkenal buatan Ferm O Feed tak lain dan tak bukan adalah Fertiplus yang telah tenar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Perusahaan ini memiliki tujuan memelihara bumi melalui produksi pupuk-pupuk organik berkualitas tinggi dengan berlandaskan prinsip berkelanjutan serta menjaga planet tetap dalam keadaan subur.

Pada produk pupuk organik jenis Fertiplus 4-3-3, misalnya. Pelet pupuk organik jenis ini terkenal ramah lingkungan dan higienis. Kandungan bahan organiknya sangat baik bagi tanah maupun tanaman. Pupuk alami ini juga mengandung struktur asam humat yang bermanfaat dalam memfasilitasi ketersediaan hara dalam tanah. Asam humat juga mampu menyokong mineral dalam tanah sehingga lebih banyak mineral tersedia yang dapat diserap oleh akar tanaman.

image004
Pupuk organik Fertiplus 4-3-3

Jangan salah, pemakaian pupuk organik jenis ini juga dapat mencegah gejala defisiensi dalam tanaman selama musim tanam, lho! Apalagi bila dilihat lebih jauh penggunaan pupuk organik juga berarti menghemat pemakaian pupuk mineral dan hal tersebut berarti baik untuk lingkungan sekaligus membantu mencegah alkalisasi tanah.

Apa saja sih komposisi pupuk organik ini? bicara komposisi maka unsur-unsur penting yang diperlukan tanah dan tanaman ada dalam Fertiplus 4-3-3. Misalnya kandungan nitrogen total yang mencapai angka 4,2%, pospat sebanyak 3,0% dan bahan organik sebanyak 65% serta berbagai unsur-unsur hara makro serta mikro lainnya memungkinkan pupuk dapat meningkatkan struktur tanah serta memenuhi vitalitas tanah. Kandungan pospat juga berfungsi untuk perkembangan akar, memperbaiki kualitas tanaman dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit.

image006
Lahan dengan pemakaian pupuk organik Fertiplus di Romania

Kesadaran akan dampak-dampak negatif pemakaian pupuk kimia pada lahan pertanian maupun perkebunan mendorong berbagai pihak untuk terus mengembangkan riset, inovasi serta kreasi tanpa henti guna meningkatkan kualitas produksi pertanian bangsa Belanda. Fertiplus 4-3-3 menghadirkan kenyataan bahwa menanam dan membudidayakan tanah pertanian secara berkelanjutan mampu menjadikan perusahaan tersebut sebagai salah satu produsen pupuk terbesar di dunia.

Well, perlu diketahui bahwa penggunaan pupuk organik semacam Fertiplus 4-3-3 terbukti meningkatkan aktivitas mikrobiologi dalam tanah lho guys! Jadi, zat-zat organik diurai dalam tanah menjadi asam humat dan asam amino, nah.. during this process, oxygen is required and attracting air, so that the agricultural ground becomes airier! Udara, air dan elemen-elemen lain juga menjadi seimbang untuk tumbuhan apa saja. Terlebih kondisi akar yang kurang udara, merupakan masalah yang dapat dicegah dengan memelihara tanah tetap dalam keadaan lembab.

Melalui proses yang ketat Fertiplus 4-3-3 dapat diaplikasikan pada tanah untuk budidaya sayur, buah, serta pohon. Hanya dengan disimpan di tempat sejuk dan kering produk ini mampu bertahan dalam waktu lama tanpa kehilangan kualitasnya.

image008
Proses produksi pupuk organik pada Ferm O Feed

Produksi dan distribusi Ferm O Feed terletak di Helmond, North Brabant, Belanda dengan kapasitas produksi hingga 60.000 ton pupuk organik per tahun. Bayangan, sudah berapa juta hektar tanah pertanian negara di seluruh dunia yang menerima manfaat produk organik buatan negeri pecinta bunga ini!

Keseriusan Ferm O Feed dalam mengembangkan produksi pupuk organik berbuah berbagai sertifikat diantaranya ISO 9001 (quality), ISO 14001 (environment), VCA* (safety) serta Control Union Certifications; Certificate Programma Input. Bahkan, pemerintah Belanda juga mengakui Ferm O Feed sebagai prosesor pupuk alam konteks Undang-undang Pupuk di Belanda.

Nah, dari sini pula kita tahu kalau inovasi pertanian Belanda sesungguhnya bukan hanya berada nun jauh di Eropa, melainkan berada dekat disekitar kita! Inovasi bangsa Belanda berupa pengembangan pupuk organik tidak dapat diragukan lagi. Jika ditelusuri lebih jauh maka mungkin motto “I will maintain” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Saya akan mempertahankan” memang telah mendarah daging ya pada penduduk Belanda. Inovasi dan pemeliharaan alam berkelanjutan dengan mempertahankan kesuburan tanah serta kualitas produksi tak heran membuat Belanda terdepan dalam pertanian hingga sekarang.

Refensi:

https://www.fermofeed.com/

http://www.keukenhof.nl/en/

http://www.academia.edu/9666574/Unsur_Hara_Nitrogen_N

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_semboyan_negara_di_dunia