401. Don’t Keep Calm, It’s Time to Wake Up!

Penulis : Hardianti Hafid
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Jreng…jreng..
Ada kambar gembira buat kamu-kamu yang susah bangun di pagi hari.
Sebagian besar dari kita pasti merasa jengkel atau tiba-tiba bad mood seketika melihat jam, ternyata kita sudah terlambat berangkat ke kampus atau tempat kerja. Oh My God!

image001
Aduh..telat lagi, mesti buru-buru nih (-__-)”
(Sumber : http://www.wijayakusumafm.com/2013/03/sering-terlambat-ke-kantor-inilah-tips.html)

Tentu, begitu banyak hal yang telah dilakukan untuk membangunkan kita dari tidur, mulai dari memasang jam alarm yang bersuara ledakan bom maupun suara alarm kebakaran. Bahkan, memasang lebih dari satu alarm, tapi tetap saja tidak mampu membuat kita menarik selimut dan beranjak dari tempat tidur.

Nah sekarang, kita bisa bangun secara “wajar” tanpa harus terkaget-kaget berkat kreativitas sebuah perusahaan Belanda.

Yup, sebuah teknologi keren dari Negara Van Oranje yang bernama Philips Wake-up Light. Kita tentu mengenal Belanda sebagai negara kincir angin. Julukan itu disandangnya karena penduduk di negara ini memanfaatkan angin sebagai sumber tenaga. Kelebihan yang mereka miliki itu kemudian dimanfaatkan dengan mengubah energi listrik menjadi energi cahaya untuk menciptakan lampu. Lampu Philips Wake-up Light yang diciptakan Negara Belanda merupakan satu dari 40 teknologi ciptaan Belanda yang kemudian membawa membawa pengaruh besar pada dunia.. Kita dapat melihatnya di http://tedxbinnenhof.com/innovations-holland-solutions-world/

image002
Philips Wake-up Light
(Sumber : http://www.dailydutchinnovation.com/browse/wake-up-light/)

Philips Wake-up Light dikembangkan oleh perusahaan Royal Philips dari Belanda. Perusahaan tersebut adalah perusahaan teknologi diversifikasi yang fokus pada peningkatan kehidupan masyarakat melalui inovasi dalam bidang kesehatan, lifestyle konsumen dan lighting. Perusahaan ini didirikan lebih dari seratus tahun yang lalu sebagai pelopor lampu dan kemudian perusahaan ini menggunakan keahlian dalam teknologi tabung vakum untuk mengembangkan salah satu mesin pencitraan X-ray pertama di dunia. Selain itu, perusahaan ini merupakan pemimpin dalam perawatan jantung, perawatan akut, kesehatan rumah serta solusi pencahayaan hemat energi dengan aplikasi pencahayaan baru. Sungguh, perusahaan yang penuh dengan inovasi.

Apasih Philips Wake-up Light itu?

Philips Wake-up Light adalah jam alarm yang mensimulasikan matahari terbit alami yang akan membuat kita bangun lebih menyenangkan dan berenergi. Peningkatan bertahap dalam cahaya dirancang sesuai dengan matahari terbit alami yang akan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh kita serta menjamin agar tubuh tidak tersentak saat bangun. Bahkan, penelitian independen menunjukkan bahwa 8 dari 10 pengguna, saat bangun merasa lebih mudah untuk beranjak dari tempat tidur dengan menggunakan cahaya yang dihasilkan oleh lampu ini. Keren!

Jacopo D’Alessandris, Wakil Presiden Pemasaran Amerika Utara, Philips Consumer Lifestyle mengatakan “Cahaya merupakan elemen penting dalam siklus tidur atau bangun setiap hari”. Philips Wake-up Light sangat bagus untuk mereka yang bosan bangun dengan suara jam alarm menggelegar dan ingin meningkatkan taraf bangun sehari-hari mereka secara rutin. Menurutnya, dengan penggunaan The Philips Wake-up Light secara signifikan maka dapat mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk beranjak dari tempat tidur sehingga kita dapat memulai hari dengan energi baru.

image003
Philips Wake-up Light vs Sun
(Sumber : http://www.usa.philips.com/c-m-pe/light-therapy)

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Philips, sembilan dari sepuluh konsumen mengaku menekan tombol snooze pada alarm jam sebelum bisa beranjak dari tempat tidur.

image004
Masih mau tidur, ntar aja deh bangunnya.
(Sumber : http://www.wijayakusumafm.com/2013/03/sering-terlambat-ke-kantor-inilah-tips.html)

Namun tidak harus selalu seperti itu, berkat lampu yang dirancang dari Philips yang dipadukan dengan simulator fajar ini, akan membuat kita terbangun secara alami dengan cahaya. Dirancang dengan lembut membangunkan tubuh dengan cahaya alam buatan. Dari setengah jam sebelum diperlukan waktu bangun, Philips Wake-up Light mulai memancarkan cahaya yang secara bertahap meningkat intensitasnya dan menjadikannya sebagai simulasi matahari terbit di kamar tidur kita sehingga tubuh akan siap untuk bangun dan akan membuat kita merasa segar dan lebih waspada ketika akhirnya membuka mata.

image005
Philips Wake-up Light memancarkan cahaya secara bertahap
(Sumber : http://www.usa.philips.com/c-m-pe/light-therapy)

Tidak hanya itu, untuk membuat pengalaman bangun kita lebih menyenangkan, Wake-up Light menggabungkan tiga suara alam untuk membantu kita terbangun dalam harmoni. Pilihan mulai dari burung-burung di hutan, suara dari hutan Afrika, lonceng angin lembut, bip ramah atau stasiun radio favorit yang akan membawa kita dalam pengalaman bangun yang ideal. Selain itu, Wake-up Light telah didesain ulang untuk terlihat lebih baik di meja samping tempat tidur kita. Desain barunya yang ergonomis yaitu lebih kecil dan lebih praktis untuk digunakan. Intensitas cahaya juga dapat digunakan sebagai lampu baca yang juga ramah lingkungan berkat lampu hemat energinya.

image006
(Sumber : http://www.newscenter.philips.com/main/standard/about/news/press/20081015_simplicity_event_wake_up_light.wpd)

Selain simulator matahari terbit, Wake-up Light juga dilengkapi dengan simulator senja yang digunakan dalam rutinitas kita pada malam hari untuk membantu mempersiapkan tidur. Hal ini dikarenakan banyak orang menyadari pentingnya tidur malam yang baik, namun pengalaman saat bangun sering diabaikan, padahal ini merupakan bagian yang sama pentingnya dalam mempertahankan gaya hidup sehat. Oleh karena itu, untuk mendidik masyarakat, Philips telah bekerjasama dengan National Sleep Foundation untuk melaksanakan serangkaian inisiatif yang akan membantu orang bangun tidur dengan sehat dan rutin setiap harinya.

Tahukah kamu mengapa kita harus bangun lebih awal di pagi hari?
Walaupun terlihat sepele, kebiasaan bangun pagi masih menjadi kendala bagi banyak orang. Padahal, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan bangun pagi. Ada pepatah yang mengatakan, orang yang sukses adalah mereka yang terbiasa bangun lebih awal. Ide untuk bangun pagi dan memulai aktivitas sebelum matahari terbit adalah keinginan banyak orang, tetapi sangat sedikit orang yang benar-benar bisa mengubahnya menjadi suatu kebiasaan.

Advokat Bangun Pagi
“Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise” – Benjamin Franklin

Siapa yang tak mengenal Benjamin Franklin. Ia adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan sekaligus penemu. Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya “waktu adalah uang” kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang hingga sekarang karena ia juga banyak dan rajin menulis Ia merupakan advokat bangun pagi. Patut diteladani darinya dalah ia selalu tidur jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi. Berikut jadwalnya.

image007
Schedule of Benjamin Franklin
(Sumber : http://letswakeupearly.com/waking-up-famous/waking-up-early-the-schedule-of-benjamin-franklin/)

Menariknya, Benjamin Franklin memulai harinya dengan pertanyaan: “Hal Baik apa yang harus saya lakukan hari ini?” dan mengakhiri harinya dengan bertanya: “Hal baik apa yang telah saya lakukan hari ini ?.” Sebuah pertanyaan yang bisa kita tujukan juga untuk diri sendiri agar selalu bersemangat menjalani hari-hari kita yang sibuk.
Nah, melihat kesuksesan orang-orang yang memulai harinya lebih awal di pagi hari “Morning Pearson”, tentu membuat kita sadar tentang pentingnya bangun pagi. Masa depan kita dimulai pada pagi hari.

So, Don’t Keep Calm, It’s Time to Wake Up!

Referensi:
[1]. http://www.usa.philips.com/c-m-pe/light-therapy
[2]. http://www.gadgetreview.com/2013/10/philips-wake-up-light
[3]. http://www.newscenter.philips.com/main/standard/about/news/press/20081015_simplicity_event_wake_up_light.wpd
[4]. http://www.prnewswire.com/news-releases/philips-introduces-a-better-way-to-wake-up-with-light-technology-66373622.html
[5]. http://letswakeupearly.com/waking-up-famous/waking-up-early-the-schedule-of-benjamin-franklin/