407. Menapak Jejak Jalan Bertenaga Surya di Negeri Tulip

Penulis : Anggarani Budhiasih
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

image003

Bukan rahasia umum lagi bahwa Belanda telah diakui sebagai sang inovator dunia. Begitu banyak penemuan maupun konsep baru telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan demi kemajuan dan perkembangan peradaban dunia terlahir dari negeri ini. Sehingga tak ayal lagi bahwa setiap gebrakan dari negeri yang satu ini selalu membuat takjub seluruh antero bumi.

Berawal dari ketidakberuntungan yang membawa nikmat, negeri yang dulunya selalu tergenang air dikarenakan letak geografisnya yang berada di bawah permukaan air laut, Belanda dengan ide briliannya bangkit untuk melawan takdir alamnya. Maka tercetuslah sebuah pemikiran untuk membangun sistem polder dan kincir angin untuk memompa air keluar dari daerah-daerah yang tergenang air.

image005

image007

Nah itu tadi sekelumit cerita tentang penemuan kincir angin dan sistem polder yang fenomenal dan cukup mengguncang dunia. Ternyata tak cukup sampai disitu saja cerita fenomenal tentang negeri yang satu ini. Masih banyak lagi ide-ide brilian yang telah dibuatnya. Bukan Belanda namanya kalau tak mampu membuat sensasi yang kreatif dan inovatif sampai-sampai dunia terkagum-kagum dibuatnya. Kali ini sebuah inovasi canggih tengah dihadirkan Negeri Tulip ini untuk membangun infrastruktur pada elemen tanah. Sebuah gagasan mengenai jalan bertenaga surya tengah digarap secara serius oleh negeri satu ini.

Cerita tentang jalan bertenaga surya di Belanda berawal ketika sebuah institusi penelitian Belanda yang bernama TNO mencetuskan sebuah ide untuk menjadikan jalanan di Belanda sebagai sumber penghasil tenaga listrik. Bekerjasama dengan Ooms AVernhorn Groep, Imtech, dan pemerintah provinsi Belanda Utara, TNO berusaha mewujudkan gagasannya itu menjadi nyata. Maka terlahirlah sebuah mahakarya yang disebut dengan SolaRoad. Apa itu SolaRoad? Adalah sebuah teknologi yang mampu mengunci panas matahari melalui solar panel yang telah diinstal di bawah kaca tebal yang dipasang di jalan dan mampu mengonversikannya menjadi bentuk energi listrik.

image010

image009

Bahan dasar pembuatan SolaRoad ini adalah beton dengan ketebalan 1.5 sampai 2.5 meter yang di atasnya dipasang silikon kristal sel surya setebal 1 cm (atau sekitar 4 inci), dan di atasnya lagi dipasang permukaan kaca yang sangat kuat, tahan terhadap cuaca buruk dan tidak licin. Jadi tak perlu khawatir lagi kalau kacanya akan retak ataupun licin ketika musim salju datang.

image013

image012

Proyek ini mulai digarap sejak tahun 2011 dan telah diresmikan pada 12 November 2014 silam tepatnya di sebuah kota kecil bernama Krommenie, yang terletak di sebelah utara Amsterdam. SolaRoad diharapkan mampu menghasilkan tenaga listrik hingga 50 Kwh/m2 per tahunnya. Sedangkan rata-rata kebutuhan listrik tiap rumah tangga di Belanda adalah sebesar 3.500 Kwh per tahunnya sehingga dibutuhkan 70 m2 lintasan SolaRoad untuk menghasilkan energi listrik untuk tiap rumahnya. Fakta menunjukkan bahwa Belanda memiliki jalan aspal sepanjang 137.000 kilometer jika kita asumsikan perkiraan lebar jalan adalah 5 meter maka dalam pertahunnya akan diperoleh tenaga listrik sebesar 34.250.000.000 Kwh yang kira-kira cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik hampir 10.000.000 juta rumah di Belanda padahal faktanya hanya terdapat 7.500.000 rumah saja di Belanda. Sehingga kelebihan energi listrik tersebut dapat dimanfaatkan untuk pemasok kebutuhan yang lain, misalnya lampu penerangan jalan, lampu lalu lintas, dan sebagainya.

image015

Teknologi canggih smart ICT applications yang digunakan pada SolaRoad akan mendistribusikan energi listrik yang dihasilkan ketika terdapat banyak sinar matahari. Di samping itu aplikasi ini juga dilengkapi alat pengatur distribusi listrik yang akan bekerja pada waktu mendung atau malam hari sehingga akan membuat pasokan listrik tetap berjalan sekalipun pada kondisi tidak ada sinar matahari. Hebatnya lagi, teknologi ini sangat ramah lingkungan dan nyaris tidak memberikan dampak buruk sedikitpun. Dengan adanya temuan ini diharapkan mampu menjadi solusi krisis energi yang akan melanda dunia dalam beberapa tahun mendatang.

image019

image017

Menarik bukan? Sebuah jalan yang menurut asumsi kebanyakan orang hanya sebatas tempat berlalu-lalangnya kendaraan maupun segerombolan manusia, ternyata di tangan Belanda mampu memberikan manfaat yang lebih dari sekedar fungsinya secara umum. Sebuah pemikiran jenius dan luar biasa. Ternyata pemanfaatan elemen bumi tidak hanya sekedar sebagai pijakan saja, dengan sebuah pemikiran yang memandang dari dimensi dan sudut pandang yang berbeda mampu menelurkan sebuah mahakarya yang sangat berguna untuk kelangsungan sumber energi di masa mendatang. Suatu konsep yang menggabungkan unsur tanah dengan pemanfaatan tenaga surya untuk menghasilkan sebuah elemen api yang berupa energi listrik, sungguh sesuatu yang brilian dan tak dapat dimungkiri lagi bahwa keempat elemen penting kehidupan: tanah, air, api, dan udara memanglah tak dapat dipisah-pisahkan, masing-masing memiliki peranannya yang begitu vital bagi kehidupan manusia. Dan sungguh keempatnya saling bersimbiosis mutualisme untuk menciptakan sebuah kreatifitas dan inovasi demi kemajuan dan kelangsungan hidup umat manusia.

Dengan demikian tak perlu diragukan lagi bahwa Belanda adalah sebuah bangsa yang mampu memandang sesuatu dengan cara piker luar biasa think out of the box, sehingga sungguh pantaslah jika negeri ini mendapat julukan sebagai sang pionir dari masa ke masa ke masa. Dan itulah Belanda dengan segala inovasinya yang mampu membelalakkan mata dunia, dan sekarang saatnya bagi kita para generasi muda untuk dapat berlomba-lomba menciptakan kreasi-kreasi yang inovatif yang mampu membuka mata dunia agar negeri kita tercinta ini tak pernah lagi dipandang sebelah mata oleh negara-negara di dunia. Dengan berkaca dari semangatnya bangsa Belanda, harusnya kita mampu melakukan sesuatu hal yang lebih untuk negeri tercinta ini mengingat bahwa Yang Maha Kuasa telah begitu banyak melimpahkan karuniaNya kepada negeri ini, dari letak geografis yang strategis, sumber daya alam yang melimpah ruah, kekayaan hutan dan laut yang sungguh tak ternilai harganya, tanah yang subur, iklim dan cuaca yang mendukung, serta masih banyak lagi. Sudah saatnya kita bangkit untuk membangun kejayaan negeri ini. Jika Belanda saja bisa, lantas mengapakah kita tidak? Ayo semangat kawan, mari kita upayakan dan berdayakan yang terbaik dari kita untuk kemaslahatan bersama!

Referensi:

http://indohub.com/2014/11/16/ini-dia-jalan-penyerap-tenaga-surya-pertama-di-dunia/

http://sepeda.sportku.com/berita/news/actual/66845-belanda-operasikan-trek-sepeda-penghasil-listrik

http://konstelasi.com/lajur-khusus-sepeda-di-amsterdam-ini-bisa-menghasilkan-listrik-untuk-2-rumah/

http://beta.finance.detik.com/read/2014/11/15/150107/2749298/1034/belanda-punya-jalan-penyerap-tenaga-surya-pertama-di-dunia

http://www.solaroad.nl/en/faq/

https://solusibanjirindonesia.wordpress.com/2012/04/28/belajar-cara-pengontrolan-banjir-dari-negara-lain/

http://www.galamedianews.com/serba-serbi/15997/18-ladang-dan-taman-bunga-yang-indah-di-dunia.html