408. Hebat, di Belanda Angin Pun Bisa Menciptakan Sebuah Kursi Mengambil manfaat dari pengendalian angin

Penulis : Anggarani Budhiasih
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

image002
Kincir angin, Sumber: http://www.hollander.ru/city/zaandam.html

Angin dan air menjadi dua buah kata yang tak dapat dipisahkan dengan Negeri Belanda. Bagi negeri yang dipimpin oleh Raja Willem-Alexander ini, kedua elemen tersebut sudah begitu kuat mendarah daging. Berawal dari banjir yang tak berkesudahan hingga terlahirnya berjuta-juta inovasi di negeri ini, yang salah satunya adalah kincir angin. Yaitu sebuah inovasi pengendalian udara untuk mengatasi permasalahan air yang semakin menenggelamkan negeri ini. Dengan dibuatnya mahakarya kincir angin bertujuan untuk memompa air laut yang berusaha menginfiltrasi daratan di negeri Belanda yang notabene berada di bawah permukaan air.

image004
Kota Amsterdam, Belanda, Sumber: http://sumatracyber.blogspot.com/2013/09/3-kota-yang-dulunya-laut-disulap-jadi.html

Di samping sebagai alat pemompa air laut, ternyata ribuan kincir angin yang dibangun di Belanda ini mampu menyulap negeri yang satu ini menjadi sebuah negeri yang eksotis. Keindahan kincir angin di Belanda mampu menyedot perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia yang ingin menjadi saksi mata atas sebuah inovasi yang terlahir dari kerja keras dan ide brilian bangsa Belanda di dalam melawan takdir alamnya. Namun ternyata, pemanfaatan elemen udara di Belanda tak hanya berhenti sampai di situ saja. Adalah Merel Karhof, seorang desainer wanita kelahiran 37 tahun silam asal Belanda ini di tahun 2010 silam yang pertama kali mencetuskan pembuatan wind knitting factory, yaitu sebuah pabrik pembuatan kursi menggunakan mesin rajut yang memanfaatkan tenaga angin. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan tenaga angin bagi industrinya maka Karhof berinisiatif mengolaborasikan wind knitting factory nya dengan kincir angin Zaanse Schans yang terletak di sungai Zaan di provinsi Belanda Utara. Di samping itu penggunaan baling-baling berdiameter lebih dari satu meter pada pabrik ini berfungsi untuk menggerakkan turbin mesin rajut tersebut. Jika angin yang bertiup cukup kencang maka proses merajutnya pun akan menjadi lebih cepat. Jadi cepat atau lambatnya proses produksi dari mesin rajut buatan Karhof ini sangat bergantung pada kecepatan angin. Karhof juga melengkapi pabriknya dengan pennon, yaitu suatu mesin yang dapat mengendalikan kecepatan angin yang terlalu tinggi, sehingga mesin-mesin rajut Karhof dapat berjalan secara independen.

image005
Wind Knitting Factory milik Karhof, Sumber: http://www.merelkarhof.nl/merel_karhof_-_product_design/Windworks.html

image006

http://www.merelkarhof.nl/merel_karhof_-_product_design/Windworks.html

Pada proses pembuatan kursi rajut bertenaga angin ini, Karhof bekerjasama dengan sebuah pabrik penggergajian kayu Het Jonge Schaap dan pabrik warna De Kat. Untuk membuat sebuah kursi dari tenaga angin ini, pertama-tama alas dari masing-masing penyangga, kursi, dan bangku digergaji dengan bantuan angin kemudian dirangkai di Het Jonge Schaap. Setelah itu material kursi ini diangkut menuju pabrik pewarnaan De Kat dengan menggunakan alat transportasi air. Di pabrik pewarnaan De Kat ini, benang-benang yang digunakan untuk pembuatan kursi dicelup ke dalam pewarna alami. Samhil menunggu proses pewarnaan selesai, parik Karhof merajut benang-benang yang digunakan sebagai bantalan dalam pembuatan kursi dengan menggunakan bantuan tenaga angin. Terakhir adalah menyatukannya dengan alat penyangga, akhirnya jadilah sebuah kursi dengan tenaga angin.

image008
Sumber: http://www.merelkarhof.nl/merel_karhof_-_product_design/Windworks.html

image009
Kursi dari tenaga angin buatan Karhof, Sumber: http://rooang.com/2015/03/keren-kursi-ini-dibikin-dari-tenaga-angin/

Nah itu tadi sekelumit tentang kursi yang diciptakan dengan bantuan tenaga angin di Belanda. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa di Belanda apapun bisa menjadi sumber inspirasi dalam memunculkan inovasi. Dari penggalan tulisan di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa setiap hal yang ada di sekitar kita ternyata bisa kita optimalkan pemanfaatannya untuk menciptakan sesuatu yang baru. Kuncinya terletak pada kegigihan dan usaha keras. Semoga kita yang tinggal di Indonesia ini dengan segala sumber daya alam yang melimpah ruah yang telah dianugerahkan oleh Yang Maha Kuasa ini dapat kita optimalkan dan kita kembangkan untuk menjadi sebuah inovasi yang mampu mendunia. Bukan suatu hal yang mustahil bahwa suatu saat nanti kita bis melebihi Negara Belanda, asalkan semangat dan kerja keras selalu ada di setiap jiwa insan muda negeri ini. Ayo tunjukkan bahwa kita bisa!

Referensi:

http://rooang.com/2015/03/keren-kursi-ini-dibikin-dari-tenaga-angin/

http://www.merelkarhof.nl/merel_karhof_-_product_design/Windworks.html

http://www.designboom.com/design/wind-knitting-factory-windworks-furniture-by-merel-karhof/