410. Indonesia-Belanda : Negara Maritim Dengan Potensi Laut Tanpa Batas. Berkah Atau Bencana?

Penulis : Anugerah Ramadhani
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Indonesia dan Belanda selain memiliki keterkaitan sejarah, juga memiliki kesamaan potensi sumber daya alam, salah satunya yang berhubungan dengan laut. Keduanya memiliki pelabuhan yang aktif berpartisipasi dalam kanca perdagangan dunia serta memiliki potensi kekayaan laut yang luar biasa.

image001

image002

Ada banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari kekayaan laut yang dimiliki, seperti konversi arus, gelombang, atau panas laut menjadi listrik, pengolahan bahan makanan yang bersumber dari kehidupan biota laut, atau bagi perkembangan moda transportasi.

image003

image004

image005

Namun luasnya laut yang dimiliki tidak berarti hanya memberikan manfaat tetapi dapat pula mendatangkan bencana, contonhnya banjir dan tsunami. Oleh karena itu kedua negara tersebut harus merencanakan strategi pembangunan yang mampu mengantisipasi tatkala bencana itu datang melanda.

Sedikit bercermin ke Negara Belanda, yakni sebuah negara yang memiliki daratan yang lebih rendah dari permukaan lautnya. Hampir 50% dari wilayahnya berada kurang satu meter dibawah permukaan laut. Hal ini membuat daratan belanda mudah tergenang saat pasang naik air laut tiba.

Pada tahun 1953, Belanda pernah mengalami bencana banjir dahsyat yang menewaskan lebih dari 1800 penduduknya, menenggelamkan ribuan rumah dan lahan pertanian, serta merusak struktur dan infrastruktur yang ada. Masa itu belanda mengalami kerugian materil secara hebat

Keadaan ini berlangsung secara berulang sebelum akhirnya timbul inisiatif dari seorang engineer civil asal belanda yang memiliki pemikiran bahwa sudah saatnya ‘Negeri Tenggelam’ ini mengalami kemajuan untuk menyelamatkan segala tatanan sistem yang sedang berkembang.

image006

Dia adalah Cornelis Lely, yang mengusulkan sekaligus mengawasi proyek ambisius zuderziee. Sebuah proyek yang fokus terhadap tiga hal, yakni membangun bendungan-bendungan yang berfungsi mencegah efek arus pantai utara untuk tumpah ke daratan, menghadirkan lahan pertanian baru demi menjaga ketahanan pangan, dan melakukan menajemen perairan dengan membentuk danau air tawar dari bekas delta laut.

Sistem bendungan yang dibangun merujuk pada sebuah sistem yang telah ada dan telah digunakan dibeberapa negara eropa sejak abad 12 kemudian di dalam proyek ini dilakukan berbagai penyempurnaan. Sistem ini dikenal dengan nama sistem polder. Cara kerja sistem ini yaitu dengan membangun beberapa tanggul-tanggul di dataran rendah untuk membendung air kotor sisa dan air hujan yang selanjutnya akan hisap melalui sebuah pompa listrik ke dataran yang lebih tinggi. Air yang telah terkumpul di dataran tinggi akan disalurkan kembali ke laut, sungai, dan danau-danau buatan.

image007

Penerapan sistem polder saat itu berjalan dengan baik dan dapat menjadi solusi banjir yang sering melanda kota-kota di belanda. Faktor utama keberhasilannya adalah pertisipasi masyarkat yang secara mandiri melakukan tata kelolah dan pemeliharaan sistem. Kerjasama pemerintah belanda dan masyarakat yang dituangkan melalui pembagian tanggung jawab dapat menghasilkan tata kelolah yang baik dan berkelanjutan.

Cornelys lely tidak berhenti hanya sampai pada proyek zuderziee. Apalagi setelah menjadi menteri perhubungan dan menajemen perairan, dia aktif melakukan inovasi terhadap sistem. Perbaiakan dan perkembangan lebih mudah dilakukannya dengan status jabatan yang diemban. Sehingga melahirkan sebuah proyek mega bendungan yang kelak mendapatkan penghargaan Seven Wonder World Modern oleh American Society of Civil Engineers.

Proyek ini dinamakan proyek delta. Sebuah proyek yang telah menghabiskan cukup banyak dana dalam melakukan riset untuk menemukan teknologi dan cara-cara baru terhadap permasalahan banjir. Walaupun demikian hasil yang didapatkan cukup memuaskan, proyek yang dikerjakan kurang lebih selama 50 tahun berhasil menghantarkan Belanda keluar dari bahaya banjir dan dinobatkan sebagai negara dengan sistem pengelolaan air terbaik di dunia.

Konsep proyek ini yakni melakukan pembangunan bendungan di mulut-mulut sungai di pantai utara yang rentan terhadap hempasan arus air laut. Proses pembangunan dilakukan secara bertahap. Konstruksi pembangunan meliputi kombinasi bendungan, pintu air, tanggul dan penahan gelombang badai. Pembangunan pertama berada di delta sungai The Hollandse Ijssle, seblah timur Amesterdam, selanjutnya pembangunan di The Ooster Dam (The Oosterschelde Stormvloedkering), dan yang terakhir di The Maeslantkering (Nieuwe Waterweg), yang juga menjadi gerbang masuk ke Pelabuhan Rotterdam.

image010

image009

image008

Kini ketiga pembangunan yang mengantarkan belanda menuju ke peradaban baru telah selesai. Bangunan dengan konstruksi modern ini tidak hanya berfungsi sebgai penghalang datangnya banjir, tetapi dapat menjadi icon yang menambah keindahan pemandangan kota-kota di Belanda, selain itu membuat moda transportasi laut di sana sangat teratur dengan adanya sistem komputerisasi buka tutup tanggul. Dan yang paling terpenting julukan sebagai ‘Negeri Tenggelam’ sudah tak berlaku lagi.

Ratu Beatrix (1997) dalam pidatonya pernah berkata “De stormvloedkering is gesloten. De Deltawerken zijn voltooid. Zeeland is veilig.” Dalam Bahasa Indonesia berarti Penghalang(banjir) telah tertutup, Deltaworks selesai, Zealand aman.

Sudah saatnya Indonesia juga tidak berpasrah dengan kondisi banjir dan ancaman tsunami yang siap menerjang kapan saja. Perjuangan pembangunan untuk menciptakan peradaban kota yang menginspirasi memang selalu membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit.

Saya teringat dengan sebuah pepatah kuno yang mengatakan bahwa kalo kenyataan hari ini adalah buah mimpi dari masa lalu, maka bermimpilah hari ini untuk menciptakan kenyataan di masa depan. Kalau Belanda saja mampu memimpikan kemajuan negeranya dari berpuluh-puluh tahun silam, maka seharusnya indonesia pun bisa merajutnya dengan usaha yang lebih gigih disertai kreasi dan inovasi.

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Zuiderzee_Works

http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_Works

pixgood.com
boxbarrier.com