417. Artificial Natuurlijk Licht

Penulis : Erie Shiska Tirtandini
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Negeri belanda, negeri yang terkenal akan bunga tulip ini, dapat dikatakan unggul dalam segala aspek kehidupan, termasuk teknologi. Dalam mengembangkan teknologi, Belanda sepertinya tidak akan pernah berhenti menciptakan inovasi-inovasi baru yang menakjubkan, mencengangkan dan penuh inspirasi. Segala hal yang mereka ciptakanpun tidak hanya bermanfaat bagi bangsa mereka sendiri namun juga bagi bangsa-bangsa lain di seluruh dunia.

Dewasa ini, tak dipungkir bahwa teknologi mengambil andil yang cukup besar di hampir seluruh kegiatan manusia. Itulah sebabnya mereka cenderung tidak dapat lepas dari teknologi, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dalam hal ini, Belanda tidak pernah absen untuk mewujudkan keinginan-keinginan para pecinta teknologi, dibuktikan dengan diciptakkannya wake-up light, si matahari pagi.

Wake-up light pertama kali dikenalkan pada tahun 2006 dan segera populer di kalangan orang-orang yang ingin memulai harinya secara natural. Kebanyakan orang memang merasa terganggu dengan alarm yang berisik atau lampu kamar yang dinyalakan secara tiba-tiba di pagi hari. Selain itu, berdasarkan survey penulis, 7 dari 10 orang lebih sulit untuk bangun pagi dalam keadaan gelap. Urusan bangun pagi memang cukup sulit untuk beberapa orang. Hal inilah yang menjadi latar belakang Belanda berinovasi dengan menciptakan si matahari pagi ini.

image002
(Gambar 1. Sumber : www.gadgetreview.com)

Wake-up light merupakan sebuah terobosan baru di dunia pengalaraman. Terobosan baru ini sangat membantu urusan membangunkan orang yang tidak terbiasa bangun pagi dan enggan untuk bangun pagi, tidak dengan suara yang berisik atau lampu kamar yang menyala secara tiba-tiba. Wake-up light bisa dikatakan sebagai alarm cahaya. Konsep lampu ini menerapkan konsep matahari pagi yang menggunakan kombinasi unik antara cahaya dan bunyi. Sehingga atmosfer alami di dalam kamar tidur akan benar-benar terasa. Cahaya yang dihasilkan secara berangsur-angsur akan berubah secara perlahan dari warna merah pagi yang lembut, lalu berubah menjadi oranye dan pada akhirnya berubah menjadi cahaya kuning cerah yang menghangatkan. Setiap perubahan warna memerlukan waktu 30 menit. Sehingga dalam waktu satu setengah jam, tubuh benar-benar terstimulasi untuk bangun secara nyaman dan tubuh akan menerima suasana hati yang baik. Untuk membuatnya terasa lebih natural, wake-up light juga dilengkapi dengan suara-suara yang bernuansa pagi hari seperti suara burung yang merdu. Menyetelnya dengan musik di radio FM favorit juga tersedia, tergantung pada penyetelan awal.

image006
(gambar 1. sumber: http://www.design.philips.com/sites/philipsdesign/about/design/designportfolio/design_for_consumer_lifestyle/Wake-upLight.page)

image008
(gambar 2. Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=6QtH0rDiqcY)

Pengaturan wake-up light sangatlah sederhana. Tak jauh berbeda dengan menyetel alarm yang ada di ponsel. Pertama, setel waktu bangun dan wake-up light akan berbunyi pada waktu yang telah ditentukan setelah proses pergantian warna lampu selesai. Mulanya bunyi yang dihasilkan relatif lebih lembut dibandingkan dengan satu setengah menit sesudahnya. Setelah alarm berbunyi bersamaan dengan berubahnya warna lampu dari oranye menjadi kuning cerah, snooze mode sudah dapat diaktifkan. Snooze system dapat diaktifkan dengan mengetuk pelan di semua bagian lampu. Setelah 9 menit, suara lembut akan berbunyi kembali, tanda waktu untuk bangun. Menurut penulis, snooze system tidak akan banyak digunakan karena perubahan cahaya selama satu setengah jam yang dirancang dengan apik secara tidak langsung menjadi snooze system.

Fungsi lain dari wake-up light adalah sebagai lampu baca yang mempunyai pencahayaan yang cocok untuk membaca. Selain itu display brightness juga akan menyetel secara otomatis. Ketika ruangan dipenuhi cahaya, maka lampu akan menyala dan ketika ruangan berubah menjadi gelap maka lampu juga akan meredup dengan sendirinya sehingga tidak menggangu aktivitas tidur.
Wake-up light tidak hanya mumpuni dalam hal kualitas namun juga mempunyai banyak manfaat, di antaranya adalah meyebabkan perbedaan yang signifikan terhadap suasana hati dan energi yang diterima oleh tubuh. Bangun dalam suasana matahari pagi tentunya akan sangat memengaruhi mood yang baik sehingga energi yang diterima tubuhpun akan menjadi positif. Tidak hanya itu, lampu ini juga berdampak pada kesehatan dengan menekan hormon stress pada tubuh. Sehingga bangun pagi menjadi hal yang sangat mudah.

image004
(sumber : http://www.guysgab.com/philips-wake-up-light-will-turn-you-into-a-morning-person/)

Teknologi wake-up light yang dikembangkan oleh Belanda terbilang sangat mengesankan. Selain itu, inovasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi semua orang, terutama yang mempunyai masalah bangun di pagi hari. Desain warna yang elegan dengan bentuk yang mencerminkan kecanggihan, wake-up light sempurna melengkapi Belanda sebagai Negara yang penuh inovasi mengagumkan. They really did a good work.

Sumber :
1. http://www.gadgetreview.com/2013/10/philips-wake-up-light
2. http://empoweredsustenance.com/wake-up-light-benefits/
3. http://gizmodo.com/a-light-up-alarm-completely-changed-my-life-1535668863
4. www.youtube.com