420. Belanda, surga pesepeda yang ramah lingkungan

Penulis : Lenny
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Belanda merupakan salah satu negara yang menjadikan sepeda bagian dari kehidupan mereka. Awal mulanya, krisis bahan bakar minyak serta tingginya angka kecelakaan anak anak di jalan mengakibatkan pemerintah untuk beralih hati ke moda transportasi sepada dan meningkatkan lagi infrastruktur kota menjadi ramah sepeda(1). Hasilnya, Belanda pun termasuk salah satu Negara yang lebih terbebas dari kemacetan, polusi serta ramah lingkungan(2).

Sebagai pemimpin dalam dunia persepedaan, Belanda terus memberikan inovasi yang memanjakan bagi pengguna sepeda yang tentunya justru berpihak pada bumi seperti :

1. Van Gogh Roosegaarde Bicycle Path
Van Gogh Roosegaarde Bicycle Path merupakan jalur khusus bersepeda dimana mempunyai desain unik yang terinspirasi dari Vincent van Gogh. Di jalur sepanjang satu kilometer ini telah dilapisi cat khusus yang dapat menyimpan cahaya di siang hari dan mengeluarkannya di malam hari. Selain itu, ditambahkan juga solar panel agar jalanan tetap mengeluarkan cahaya di kala cuaca berkabut. Tetapi selebihnya, jalur sepeda ini pun tak membutuhkan penerangan lagi karena jalanan yang bersinar di malam hari ini selain ramah lingkungan juga tampak seperti sebuah karya seni yang indah(3).

2. Solaroad
Solaroad adalah jalanan yang mengumpulkan energi dari sinar matahari dan merubahnya menjadi listrik(4). Bayangkan betapa efisiennya dan murahnya energi yang bisa didapatkan dari sini.

3. Hovenring
Hovenring adalah jembatan layang berbentuk lingkaran setinggi 70 meter yang khusus diperuntukkan bagi pesepeda(5). Dengan begini, pesepada dapat terus mengayuh sepedanya tanpa hambatan.

4. Menumbuhkan budaya sepeda
Budaya bersepeda yang telah mengakar tentu akan mengalami kepunahan jika tidak disertai dengan regenerasi. Tapi untuk belanda, hal ini mungkin tidak akan terjadi karena bukan saja mereka dapat melihat contoh dari orangtua dan lingkungan yang rata rata bersepeda, bahkan bus sekolah mereka pun telah disulap menjadi sepeda agar anak anak sedari dini telah terbiasa dengan moda transportasi yang ramah lingkungan ini(6). The Bicycle School Bus memiliki delapan kursi untuk anak anak serta satu untuk orang dewasa. Meskipun begitu, tersedia juga mesin listrik yang akan membantu untuk mengatasi jalan penanjakan.

image002

5. Sepeda adalah raja di jalan
Dengan 25.000 mil jalur sepeda sepanjang belanda, tak mengherankan jika sepeda mendominasi sebagai alat transportasi(8). Bahkan kendaraan lain seperti mobil pun hanya menjadi tamu di jalanan dan tetap harus memprioritaskan pesepeda. Dan begitu tiba di kantor, sekolah, atau tempat umum lainnya tidak perlu cemas karena tidak seperti di Indonesia yang memiliki parkir luas buat motor, di Belanda parkir sepedalah yang paling banyak. Bagaimana jika terjadi kecelakaan? Hokum terlihat lebih berpihak kepada peseda yang mana si pengemudi kendaraan (mobil / motor) harus menanggung biaya kerusakan sepeda dan peseda paling tidak sebesar 50%. Itulah mengapa para pesepeda ini bisa selalu merasa aman ketika berada di jalan(9).

Tak heran bilamana kenyamanan dan budaya tersebut membuat hampir semua penduduk di Belanda memiliki sepeda dan sebanyak 25% penduduknya memilih meng-gowes sepedanya menuju tempat kerja. Rata rata tiap orang pun mengayuh sepedanya setiap hari sejauh 2.5 kilometer. Inilah mengapa belanda menjadi surga bagi pesepeda(7).

Kira kira Indonesia kapan yah?

Referensi Tulisan :
1. http://www.treehugger.com/bikes/how-did-bicycling-take-over-netherlands.html
2. http://www.the-netherlands.org/key-topics/energy–climate/sustainable-transportation
3. http://www.huffingtonpost.com/2014/11/18/van-gogh-bike-path_n_6155718.html
4. http://www.solaroad.nl/en/hoe-is-het-idee-ontstaan/
5. http://hovenring.com/
6. http://www.fastcoexist.com/1679248/dutch-kids-pedal-their-own-bus-to-school
7. https://www.spokefly.com/blog/top-10-countries-bicycles-per-capita/
8. http://www.cyclinginholland.com/index.php/dutch-cycling-culture.html
9. http://www.bbc.com/news/magazine-23587916

Referensi gambar :
10. http://www.fastcoexist.com/1679248/dutch-kids-pedal-their-own-bus-to-school