422. Geotextile, saringan raksasa, di Belanda

Penulis : Ilmiyatin Nurmalichatin
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image002

Solusi inovatif akan selalu dibutuhkan di era modern. Untuk itu manusia selalu dituntut untuk menciptakan hal baru yang berguna untuk masa sekarang hingga masa depan. Salah satu unsur kehidupan yang selalu ditunggu inovasinya adalah unsur air. Mengingat air adalah unsur penting yang berhubungan erat dengan aspek ekonomi social, terutama segi kebersihan yang akhirnya berimbas pada kualitas airnya. Banyak orang yang berlomba meningkatkan kualitas air dan daya gunanya. Kebersihan air tak hanya meningkatkan kualitas layak konsumsi, tetapi berguna juga untuk meningkatkan kualitas bercocok tanam. Lalu, bagaimana inovasi air yang telah dikembangkan di negara Belanda agar tetap bersih?

Belanda memiliki banyak area mungil yang terbentang sepanjang tanah mungil yang berada di tengah-tengah perairan yang mengelilinginya. Selanjutnya, tanah mungil yang membentang panjang tersebut disebut dike dalam tulisan saya. Negara kincir angin ini telah mengembangkan sebuah gagasan tentang daya guna dike dalam sisi cocok tanam. Bagaimana kualitas tanaman yang di berdayakan di kawasan dike tetap subur dan hidup meski dihantam oleh ombak perairan? Belanda memperkenalkan geotextile, singkatnya disebut dengan saringan..

Nama geotextile diambil dari kata geo dan textile. Geo berarti bumi dan textile berarti kain. Disebut demikian karena geotextile dibuat dari kain super panjang yang ditanam di sepanjang pinggiran dike, agar dapat menyaring pasir dan lain-lain yang tak dibutuhkan oleh tanaman. Sehingga geotextile membiarkan air masuk ke dalam tanah yang digunakan untuk bercocok tanam dan menghalang pasir, kerikil kecil dan lainnya

Cara pemasangan geotextile terbilang cukup mudah. Cukup tanam kain khusus untuk geotextile pada tanah yang berpotensi di hantam ombak ataupun banjir dengan mudah. Pasang dalam kedalaman sekitar satu meter atau lebih untuk lahan bercocok tanam, namun dapat ditanam hingga lima meter atau lebih untuk lahan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan industry.
Setelah dipasang, geotextile ini dapat menyaring segala jenis batuan dan pasir yang terbawa oleh air laut yang pasang, ataupun air dari sumber manapun yang menghantam daratan tersebut.
Dengan bentuk geografi yang memiliki banyak daratan sempit dan tipis yang diapit oleh air, maka inovasi seperti ini banyak digunakan oleh Belanda untuk melindungi kualitas dan kebersihan air mereka yang akhirnya berimbas pada aspek social ekonomi lainnya terutama terjaganya kualitas hasil tanam, jika geotextile dipasang di sepanjang lahan cocok tanam,

Sumber:
Ebook (beserta sumber foto): Ministry of Infrastructure and the Environment, Water Innovations In Netherland. Retrieved April 16th, 2015.