425. SOLAR SHIRT : SOLUSI TETAP STYLISH SAAT BATERAI GADGET HABIS.

Penulis : ALMA ERIN MENTARI
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Kabar gembira untuk kita semua. Di jaman era teknologi yang semakin canggih ini, kebutuhan untuk gadget sangatlah penting. Frustasi memang saat mengetahui jika gadget yang sedang kita butuhkan lowbat baterainya. Apalagi jika kita berada di suatu tempat tanpa tersedianya stopkontak. Dunia terasa sudah hampir berakhir. Kini, belanda punya solusinya. Teknologi yang sudah menjadi kebutuhan primer seseorang, seakan menantang siapa saja untuk melakukan inovasi. Salah satunya datang dari negri dengan sebutan Seribu Kincir Angin. Lewat jemari tangan desaigner internasional, “the biggest problem” banyak orang itu mulai teratasi. Desainer kelas dunia yang turut hadir memamerkan karyanya pada ajang South by South West (SXSW) Interactive di Austin 13-17 Maret 2015.

Perempuan kelahiran Amsterdam, 29 tahun yang lalu ini juga bekerja sama dengan Holst Centre dan TNO. Sebut dia, Pauline van Dongen. Desainer yang berhasil merancang Solar Shirt, baju berteknologi tinggi yang dapat menyerap tenaga surya dan mengubah tenaga tersebut menjadi listrik. Dengan menggabungkan panel surya dan bahan-bahan elektronik yang fleksibel membuat baju ini menjadi menarik. Baju ini dirancang untuk semua kalangan dan ukuran, tidak dibuat khusus hanya untuk orang-orang tertentu. Dapat digunakan sehari-hari untuk mengisi baterai smartphone maupun perangkat portable lainnya.

Solar Shirt dapat menghasilkan listrik yang berasal dari 120 sel surya berbentuk kertas film tipis yang diselipkan kemudian dirajut dengan benang di dalam kain baju. Di bawah paparan sinar matahari, baju ini dapat menghasilkan sekitar 1 W listrik yang cukup untuk mengisi baterai gadget dalam beberapa jam. Saat di dalam ruangan, baju ini juga dapat menghasilkan daya untuk mengisi baterai gadget. Itu membuat gadget yang kita milik selalu dalam keadaan siap untuk digunakan. Dengan baju ini kita dapat mengisi baterai gadget seperti smartphone, MP3 player, kamera, sistem GPS dan perangkat yang kompatibel dengan USB. Apabila baterai gadget yang kita gunakan sudah terisi penuh, kertas film yang tipis itu akan otomatis menyimpan listrik dalam baterai baju untuk digunakan lagi.

Sel surya yang berbentuk kertas film dengan ukuran tebal yang sangat tipis dikembangkan oleh Holst Centre dengan keahliannya dalam Aliansi Salience dan teknologi elektronik yang dapat merenggang untuk mengintegrasikannya pada kain. Teknologi ini merupakan bagian dari program penelitian pada aplikasi yang dapat dipakai sebagai fungsi dari lighting (LED / OLED), energy harvesting (PV), sensor dan display untuk tekstil atau bahan fleksibel lainnya.

Kertas film sel surya dapat diproduksi secara massal. Teknologi ini mampu menyesuaikan bentuk maupun gerak badan si pemakai baju, yang kemudian dijahit pada kain menggunakan familiar industri “iron-on”. Biasanya desainer dan produsen garmen dapat memilih sendiri bentuk gaya baju yang mereka inginkan.

Dengan menambahkan kertas film sel surya pada baju, itu berarti memanfaatkan energi potensial dari matahari dan mengubahnya menjadi sumber yang dapat kita gunakan. Dengan teknologi Holst Centre, Pauline mampu memadukan teknologi dan fashion menjadi satu kesatuan yang saling menguntungkan untuk masyarakat banyak. Dan ini merupakan suatu konsep yang memiliki nilai fashion yang tinggi. Keberhasilan dengan menggunakan mode sel surya pada desain baju.

Teknologi ini memungkinkan bahan elektronik yang sangat tipis itu dapat merenggang mengikuti bentuk tubuh si pemakai, fleksibel dan bisa dicuci. Sehingga baju ini dapat dipakai setiap hari. Karena bahan kain yang digunakan dirajut dengan teknik berstandar tinggi yang sudah terkenal di industri tekstil. Di era teknologi yang semakin canggih membuat pabrik tekstil manufaktur dapat menghasilkan kain yang fungsional ini untuk konsumen dalam hitungan bulan menggunakan fasilitas produksi yang ada. Pauline adalah salah satu desainer terkemuka dunia yang mampu berkarya dengan mengusung teknologi yang dapat dipakai. Dengan meluncurkan Solar Shirt dia menunjukkan bagaimana teknologi dan fashion dapat saling melengkapi untuk membuat pakaian yang dibutuhkan masyarakat. Pakaian double fungsi yang dapat membuat si pemakai menjadi faishonable dan juga seperti stopkontak ataupun powerbank berjalan.

image001

Innovatie is de enige weg voorit – Pauline Van Dongen

REFERENCE :
(http://paulinevandongen.nl/news/wearable-solar-shirt/)
(http://ecowatch.com/2015/03/23/solar-shirt-powers-iphone/)
(http://www.psfk.com/2015/03/sxsw-2015-solar-shirt-pauline-van-dongen-holst-centre-tno-margreet-de-kok-solar-powered-shirt.html#articles-pane-close)
(http://www.speakersacademy.com/nl/spreker/pauline-van-dongen/)