426. INOVASI VAN ORANJE PADA EMPAT ELEMEN KEHIDUPAN DITENGAH PERADABAN.

Penulis : ISHARYUNI
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Pendahuluan

“kalau kamu ingin menciptakan sesuatu, kamu harus melakukan sesuatu” demikian kata Johann Wolfgang Von Goethe.

BERTAHUN TAHUN PEMERINTAH BELANDA melalui uji coba yang berkesinambungan melakukan terobosan pada serangkaian pertahanan terhadap air untuk menjaga banjir. Mereka menjaga dan memelihara elemen air, udara, tanah, api (panas)yang saling berketerkaitan satu sama lain. Menilik sejarah berabad –abad lalu negera Belanda yang sering diterpa banjir dan badai, orang – orang belanda menemukan diri mereka yang hidup dalam lingkungan yang tidak stabil, berair, karena sebagian besar wilayah mereka adalah rawa yang asin/payau. Dengan kondisi letak geografis yang berada dibawah permukaan laut sekitar 25% dari area dan 21% dari populasi barada dibawah permukaan air laut, dan belum lagi persoalan banjir menjadikan kondisi dan persoalan tersebut menjadi landasan mereka untuk terus berusaha bagaimana cara penanganan dan pencegahan terhadap banjir, terbukti dari sistem manajemen pengelolaan air yang sangat efektif, yakni dibentuknya badan khusus administratif otonom waterschappen yang memiliki peran untuk menegakan peraturan dan keputusan pengelolaan air, sebagai tambahan perjuangan mereka untuk menguasai air memainkan peran penting dalam pengembangan Belanda sebagai kekuatan maritim, ekonomi dan pembangunan karakter orang Belanda, bayangkan mereka mampu mengubah kondisi tanah yang tidak memungkinkan untuk didiami menjadi sebuah tempat yang begitu indah, harmonis, selaras dengan elemen kehidupan; air, tanah, dan udara, bahkan lebih indah dari tempat yang kondisi letak geografisnya nyaman dan aman untuk didiami, ditengah kondisi seperti itu mereka menjadi lebih menghargai alam. Dimasa kini Belanda diantara tekanan populasi besar, nilai properti bangunan yang tinggi, tetapi sebagian provinsi mereka masih memiliki karakter pedesaan, sisa lahan pertanian dan daerah alam sangat dihargai dan dilindungi.

Konsep elemen- elemen kehidupan seperti air, tanah, udara dan api/panas yang bersinergis mereka terapkan dalam kehidupan sehari – hari, bermula dari gairah untuk menghargai lingkungan dan sejarah kanal yang sangat terintergrasi dengan kota – kota, kanal Amsterdam adalah salah satu kanal yang terkenal. Selain, berfungsi sebagai jalan-jalan tambahan untuk transportasi. Proyek Kanal memberikan mereka kesempatan untuk menikmati air untuk tujuan rekreasi.

image001
Sumber : www.touropia.com/tourist-attractions-in-the-netherlands

Belanda memiliki 20 Taman Nasional dan Cagar ratusan alam lainnya, yang termasuk danau, hutan kerangas, hutan, bukit pasir dan habitat lain. Belanda kaya akan keanekaragaman hayati, dan dinyatakan situs Alam Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009. Keberadaan situs taman Keukenhof Gardens yang bersejarah, gagasan awalnya adalah untuk menyajikan pameran bunga di mana petani dari seluruh Belanda dan Eropa dapat memamerkan hibrida mereka – dan bantuan Belanda untuk ekspor industri (Belanda adalah eksportir terbesar di dunia dari bunga).

Keukenhof Gardens
image002
Sumber : www.touropia.com/tourist-attractions-in-the-netherlands

Selanjutnya orang Belanda juga memainkan peran penting dari manfaat elemen angin/udara yakni dengan menggunakan Kincir Angin. Kincir Angin sangat melekat diberbagai kehidupan masayarakat Belanda sehingga muncul peribahasa yang memakai kata “molen” atau “Windmolen”, misalnya ungkapan atau peribahasa yang berhubungan dengan pekerjaan, salah satunya een stille molen malt geen meel (seseorang tidak akan menghasilkan apapun tanpa bekerja). Kincir angin tidak hanya memberikan manfaat eksplisit, tetapi juga implisit, secara eksplisit kincir angin memberikan pemasukan bagi belanda dalam bidang ekonomi dan pariwisata serta berguna dalam bidang pertanian dan industri, baik kincir angin maupun turbin angin merupakan alat pembangkit tenaga angin yang ramah lingkungan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. Manfaat implisit dari kincir angin adalah sebagai simbol, penanda, sekaligus warisan budaya yang tak ternilai harganya. Keberadaan kincir angin mengangkat nama Belanda menjadi terkenal didunia.

Kincir Angin Kinderdijk
image004
Sumber : www.touropia.com/tourist-attractions-in-the-netherlands

Rasanya tidak ada habis – habisnya Belanda mencoba untuk mengadopsi teknologi muktahir yang eco – friendly. Konsep elemen kehidupan yang tak kaalah penting adalah api atau panas. Baru – baru ini Belanda mengadakan proyek Rumah kaca berkonsep energi solar yaitu memanfaatkan energi Panas Matahari ditengah isu efek rumah kaca yang turut menyumbang peningkatan suhu permukaan bumi, Tujuan dari proyek rumah kaca surya adalah pengembangan dari Belanda melihat rumah kaca berteknologi tinggi,. Beberapa topik yang disajikan adalah Penghangat Ruangan dan pendinginan, melalui gabungan pencahayaan, pengendalian hayati dan Robotika. Proyek percontohan, diselenggarakan oleh kantor konselor pertanian Belanda di Washington, DC, pada waktu yang sama terealisasi hemat energi hampir 40%. Lalu diperlukan pengurangan pada bahan bakar fosil-mentah dengan menangkap energi solar dari rumah kaca selama bulan-bulan musim panas, menyimpannya dalam akuifer bawah tanah pada suhu yang sederhana, dan akhirnya menggunakan energi yang tersimpan selama musim dingin dengan menggunakan pompa panas yang terstruktur untuk memeriksa peran keberlanjutan inovasi dalam bisnis perubahan hortikultura. sungguh-sungguh petani Belanda berfokus pada inovasi, kemauan untuk berubah, kesiapan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan komunikasi pada tingkat profesional dan teknis. Gene Giacomelli, Direktur dari kendali lingkungan pertanian pusat (CEAC) di University of Arizona, memuji sektor Belanda untuk “Memiliki kemampuan untuk mengubah ide menjadi kenyataan”.

http://www.dreamstime.com/stock-images-concept-solar-panel-green-energy-image14098504

image006
Sumber :http://www.greenhousemag.com/

Terobosan Belanda pada Air
Isu pemanasan global dan perubahan iklim adalah salah satu elemen yang akan berdampak meningkatnya tekanan air laut, Belanda menjadi salah satu Negara yang mungkin terkena dampak perubahan iklim, tidak hanya laut tapi pola cuaca yang tak menentu dapat menyebabkan sungai meluap hal ini dijadikan antisipasi oleh pemerintah dengan proyek Delta di provinsi selatan Holland & Zeeland proyek proyek baru secara berkala dimulai untuk memperbaruhi proyek sebelumnnya. Tujuan utama dari proyek Delta adalah untuk mengurangi resiko banjir di South Holland dan Zeeland untuk (sekali per 10.000 tahun ) yang menjadi salah satu cara perlindungan negara terhadap banjir. Proyek delta ini dianggap oleh warga insiyur sipil Amerika sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern.

Delta Project
image008
Sumber : www.touropia.com/tourist-attractions-in-the-netherlands

Rumus keberhasilan
Untuk menjaga hal demikian memang dibutuhkan keseriusan dan kerja keras. Senada dengan kata mutiara bangsa arab yang sangat dahsyat “man jadda wajada” siapa yang bersungguh- sungguh berusaha akan mendapatkan yang diharapkannya. Mereka memposisikan diri mereka sebgai orang yang harus bisa mengubah keadaan ditangah keadaan yang tidak memungkinkan, mereka berhasil mengubah pola pikir menjadi sebuah menjadi karakter, keunikan inilah yang menjadi positioning negeri kincir angin.

Daftar Pustaka :
en.wikipedia.org/wiki/Netherlands
en.wikipedia.org/…/Flood_control_in_the_Nether… en.wikipedia.org/wiki/History_of_the_Netherlands

http://www.greenhousemag.com/

www.holland.com/
www.thesustainabilityinitiative.com

http://wwwlib.teiep.gr/images/stories/acta/…/691_59.pdf

[PDF]S42960-Analisis 5.pdf – Universitas Indonesia ANALISIS 5 SIMBOL REPRESENTASI NEGERI BELANDA
www.touropia.com/tourist-attractions-in-the-netherlands