431. A Stagnant Innovation of the Famous Wind Power in Holland

Penulis : R.A. NIDHA NADIA
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

“I know one bad side of wind turbine. People don’t like to see it when they look out the window because it is ugly. That’s why we put some in the sea.”
***

Pernyataan di atas berisi sebuah lelucon yang dilontarkan oleh seorang teman yang berasal dari Groningen yang aku tanyai seputar dampak dari wind turbine. Mungkin karena Groningen merupakan kota dengan lahan turbin angin terluas di Belanda, ia tidak menganggap turbin angin sebagai benda yang spesial. Wind turbine atau turbin angin merupakan kincir angin yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Namun jangan salah, turbin angin ini berbeda loh, dari pendahulunya atau yang biasa disebut dengan kincir angin.

Siapa yang tidak tahu kincir angin, salah satu lambang yang disandang oleh negeri van Oranje tersebut? Setelah mendengar jawaban dari temanku itu mengenai turbin angin, orang Indonesia sepertiku akan mengernyitkan dahi karena kebanyakan dari kami senang mengaitkan Belanda dengan kincir angin, sementara orang Belanda-nya sendiri malah menganggap bahwa turbin angin (inovasi turunan dari kincir angin) merupakan benda jelek yang berakhir terpasang di laut lepas sana. He meant it as a joke, I know, yet I still find this contradiction ridiculous.

image001
Kincir Angin (Windmill)

image002
Turbin Angin (Wind Turbine)
Sumber: http://www.polarisamerica.com/wind-basics/windmill-vs-wind-turbine/

Kincir angin dimanfaatkan untuk mengubah kekuatan angin menjadi energi mekanik yang dapat digunakan untuk mengaliri sawah, menggiling biji-bijian, dan untuk keperluan drainase. Sementara itu, turbin angin merupakan inovasi dari kincir angin yang berfungsi untuk membangkitkan tenaga listrik. Learn the difference!
Turbin angin sendiri dibagi menjadi dua berdasarkan lokasi atau letaknya, yakni Onshore (atas) dan Offshore (bawah) Wind Turbines.

image003

image004
Sumber: Wikipedia

Pembangunan turbin angin di Belanda mengalami stagnansi sejak 2011. Hal ini bukan disebabkan karena penampang turbin angin yang jelek, melainkan karena banyak masyarakat yang melakukan oposisi terhadap rencana pemerintah untuk mengembangkan turbin angin. Turbin angin dinilai mahal karena modal pembangunannya mencapai 10-12 miliar USD dengan hasil energi listrik yang tidak sebanding dengan harga yang harus masyarakat bayar untuk bisa mendapatkan fasilitas aliran listrik dari turbin angin ini.

Selain dikarenakan harganya yang mahal, turbin angin yang merupakan energi alternatif terbarukan yang diharapkan lebih ramah lingkungan nyatanya memiliki dampak negatif bagi lingkungan. Diantaranya adalah, suara dari turbin angin yang dipasang di laut dapat mengganggu ekosistem biota laut yang berpengaruh pada perilaku dan perkembangan ekologi mereka. Selain suara, faktor-faktor lain yang diantaranya adalah bayangan, gelombang elektromagnetik, serta perubahan kondisi air juga merupakan masalah yang timbul dan berkaitan dengan pembangunan turbin angin di laut karena mengganggu keseimbangan alam.

Kita harus selalu mengingat kutipan berikut, “I have not failed. I’ve just found 10,000 ways that won’t work.” Edison tidak berhenti pada kegagalan percobaan bola lampu pertamanya. Bagi Belanda, mungkin turbin angin adalah salah satu dari inovasinya yang belum memberikan hasil yang memuaskan. Mungkin masih harus muncul sepuluh ribu inovasi lain dari kincir angin sebagai terobosan untuk menggantikan turbin angin yang perkembangannya belum optimal saat ini.

Referensi
Pine, M.K., Jeffs, A.G. & Radford, C.A. Turbine sound may influence the metamorphosis behaviour of estuarine crab megalopae. Public Library of Sciences (PLoS) San Francisco USA, 1932-6203 (212).
Wilhelmsson, D., Malm, T. Fouling assemblages on offshore wind power plants and adjacent substrata. Elsevier Amsterdam Netherlands 459-466, 0272-7714 (2008).

http://www.polarisamerica.com/wind-basics/windmill-vs-wind-turbine/

http://www.frontpagemag.com/2011/tait-trussell/wind-power-is-dying/

http://www.alpensteel.com/article/47-103-energi-angin–wind-turbine–wind-mill/558-perkembangan-energi-angin-belanda-kalah-bersaing-di-darat-.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Wind_power_in_the_Netherlands