433. TRENDI DI TENGAH POLUSI

Penulis : Jeannette Zes Giovani
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Menjejakkan kaki sebentar di jalanan jakarta udah langsung terkena asap gas!
Pasti bukan saya saja yang mengalami hal ini.

Terbukti dengan Jakarta dinobatkan sebagai salah satu kota dengan polusi paling tinggi di dunia dengan penyumbang utama dari asap kendaraan bermotor dengan 686.864 ton polutan yang dihasilkan Jakarta per tahun. Hanya 81 hari dalam setahun hari dimana Jakarta bebas polusi.

Nah lhoo…. Lalu bagaimana solusinya?

Ketika yang lain sibuk mencari solusi pengurangan polusi, Belanda malah melakukannya dengan hal sederhana yaitu bersepeda!

Belanda adalah negara yang masyarakatnya banyak menggunakan sepeda. Terbukti dengan Belanda menjadi negara yang punya predikat masyarakatnya pengguna sepeda terbanyak dengan perkiraan 16.500.000 dari total populasi sekitar 16.652.800. Budaya bersepeda lah membuat Negara ini bersih dan bebas dari polusi. Tidak heran Belanda mendapat predikat one of the Best Country in the World to Live.

image002
Gambar: Perbandingan pengguna sepeda di beberapa negara

Budaya bersepeda di Belanda sudah ada sejak tahun 1800-an. Selain mudah, murah, dan menyehatkan, sepeda juga dapat menghemat energi dan bebas polusi. Sepeda bukan hanya hemat tempat parkir, tapi juga hemat tanpa bahan bakar dan berujung dengan berkurangnya polusi.

Kebiasaan masyarakat Belanda menggunakan sepeda ini membuat pemerintah Belanda melakukan inovasi pada jalur-jalur sepeda yang dibuat nyaman dan aman. Pemerintah Belanda juga serius dengan pengelolaan sepeda ini dengan didirikannya Amsterdam Fiets Afhandle Centrale (AFAC) yang memiliki tugas untuk mengurus sepeda. Jadi apabila ada kehilangan sepeda, bisa melaporkan ke AFAC.

image004
Gambar: Jalur sepeda di Belanda

Bukankah bersepeda malah berbahaya karena harus “bersaing” dengan banyaknya kendaraan lain?

Tewasnya 184 pengendara sepeda di Belanda tahun lalu, membuat keamanan bersepeda menjadi hal yang sangat penting. Untuk menyelesaikan persoalan ini, Belanda membuat inovasi pada sepeda dengan mengembangkan teknologi sepeda pintar yang dapat mencegah pengendara dari bahaya kendaraan. Kehadiran sepeda pintar yang dikembangkan oleh organisasi Belanda untuk Riset Ilmiah Terapan (TNO) ini, semakin memperkuat Belanda sebagai negara pelopor inovasi didunia.

image006
Gambar: Sepeda pintar cegah kecelakaan

Cara kerja sepeda ini dengan radar yang terpasang di bawah setang kemudi. Alat tersebut dapat mendeteksi jarak dan kendaraan yang mendekat dan bagian belakang sepeda terdapat kamera yang dapat menganalisis kecepatan beberapa kendaraan secara bersamaan. Dari informasi tersebut diolah dan kemudian diberikan notifikasi ke pengemudi sepeda apabila ada potensi ancaman melalui getaran.

Pengembangan sepeda pintar ini untuk mengurangi tingkat kecelakaan antara pengendara sepeda dengan menggunakan sistem peringatan yang bergetar di setang dan sadel sepeda. Apabila bahaya yang mendekat dari belakang, maka sadel akan bergetar. Apabila bahaya yang mendekat dari depan, maka setang akan bergetar.

image008
Gambar: Inovasi Sepeda Pintar dari Belanda

Tunggu dulu!
Sepeda pintar dengan sistem alarm ini memang sangat canggih, tapi Belanda memang bukan negara dengan polusi akut. Bagaimana dengan kota yang sudah termasuk parah terpolusi? Pengguna sepeda lebih dikuatirkan terkena gas berbahaya dibanding pengguna kendaraan bermotor kan?

Untuk menjawab kekuatiran tersebut, ada satu lagi inovasi dari Belanda… Jaket Anti Polusi!

image009
Gambar: “Aegis Parka” Jaket anti polusi

Jaket ini diberi nama “Aegis Parka”. Dirancang oleh dua perancang asal Belanda, Erik De Nijs dan Tim Smit. Kedua lulusan University of the arts Utrecht membuat kolaborasi dalam “Nieuwe Heren” yang berdiri pada Juni 2009.

Kedua perancang jenius tersebut mengatakan bahwa polusi udara perkotaan kini sudah sampai ke dalam tahap yang tidak terkontrol dan menyebabkan rentang hidup manusia berkurang karena polusi udara. Dari situlah muncul ide untuk merancang jaket yang melawan efek negatif tersebut.

“Aegis” adalah perisai Zeus yang memiliki kekuatan besar, ditempa oleh Haphaestus dengan permukaan emas seperti sisik kulit ular. Jaket ini terbuat dari partikel keramik, memiliki sensor yang mendeteksi polutan perkotaan berbahaya seperti NH3, NOx, alcohol, benzene, dan CO2.

image011
Gambar: Tampilan Lampu LED pada Jaket Aegis Parka

Pada jaket Aegis Parka ini terpasang sensor untuk memperingatkan kualitas udara yang berbahaya melalui tampilan LED yang akan menyala secara otomatis apabila tingkat polusi udara yang buruk terdeteksi.

Tidak cukup hanya dideteksi oleh lamu LED, jaket Aegis Parka ini dilengkapi dengan alat respirator dengan filter yang dapat melindungi pengguna dari polusi udara. Jadi pengguna bisa melindungi diri dari polusi yang merusak tubuh.

image013
Gambar: Pelindung pada Jaket Aegis Parka

Jaket ini terbuat dengan bahan schoeller-ceraspace yang kebal lecet dan kebal panas. Mampu membersihkan udara melalui proses fotokatalistik.

image015
Gambar: Bahan tekstil schoeller-ceraspace

Teknologi schoeller-ceraspace ini memiliki ketahanan tiga kali lipat lebih tinggi dibanding bahan tekstil kulit. Schoeller-ceraspace terdiri dari komposisi partikel keramik khusus yang hampir sekeras berlian dan melekat erat pada tekstil. Sebuah tes pada bahan ini mensimulasikan pengguna jatuh dari sepeda motor, dievaluasi kemudian bahwa bahan tekstil schoeller-ceraspace ini mampu untuk melindungi dari kecelakaan hingga 120km/h.

Ketika bahan tekstil biasa terkena panas dapat menyebabkan kerusakan, duroplastic polymer yang terkandung dalam bahan tekstil canggih ini mampu menahan panas dan meminimalisir paparan panas yang berbahaya. Terbukti dengan kemampuan perlindungan yang diberikan teknologi schoeller-ceraspace ini banyak digunakan dibanyak area yang membutuhkan perlindungan maksimum seperti pakaian militer, perlindung ski, atau pakaian outdoor.

image017
Gambar: Perbandingan bahan schoeller-ceraspace dan bahan kulit biasa

Saking kuatnya bahan schoeller-ceraspace yang mampu menawarkan perlindungan luar biasa, bahan ini didaulat hanya memiliki satu “pesaing”, yaitu hanya berlian yang lebih kuat dari schoeller-ceraspace.

Bayangkan perpaduan sepeda pintar yang bisa mengurangi polusi dan jaket Aegis Parka yang bukan hanya trendi dan kebal panas, namun berfungsi untuk melindungi diri dari gas berbahaya, ditunjang dengan infrastruktur pendukung kenyamanan bersepeda seperti pengadaan jalur khusus yang dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk beralih ke moda transportasi baru. Polusi berkurang, hidup juga lebih sehat.

Sekilas, Belanda seperti memiliki kantong doraemon yang dapat mengeluarkan solusi untuk persoalan ya….

Rasanya jika saya berandai-andai untuk tinggal di tempat tanpa polusi akan sangat menyenangkan bisa tinggal di salah satu desa yang terdapat di Belanda, desa Giethoorn. Giethoorn adalah desa bebas kendaraan bermotor, yang berada di Provinsi Overijssel, Belanda. Seluruh kegiatan yang ada di Giethoorn sendiri tidak menggunakan kendaraan bermotor.

Giethoorn didaulat sebagai desa paling bebas polusi di dunia.

image019
Gambar: Desa Giethoorn

image021
Gambar: Lingkungan asri Giethoorn

Jadi, kira-kira kapan ya Jakarta bisa seperti desa Giethoorn?

Referensi

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=4&dn=20100304125156

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/11/ternyata-hanya-81-hari-udara-jakarta-bebas-polusi

https://twitter.com/Pieter_Buisman/status/585916922589483008

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150227140304-203-35383/sepeda-pintar-cegah-pengemudi-dari-kecelakaan/

http://bikestreak.com/belanda-membangun-jalur-sepeda-berteknologi-sel-surya/

http://phys.org/news/2014-12-dutch-intelligent-bicycle-danger.html

http://owtop.blogspot.com/2010/06/canggih-gansepeda-urban-life-style-ala.html

http://tekno.kompas.com/read/2014/12/17/09160087/Sepeda.Pintar.Bisa.Bergetar.Sendiri

http://www.antaranews.com/berita/322110/jaket-anti-polusi-udara-made-in-belanda

http://travel.detik.com/read/2012/07/05/155122/1958562/1383/desa-ini-paling-bebas-polusi-di-dunia

http://fashioningtech.com/profiles/blogs/aegis-pollution-sensing-parka

http://theawesomer.com/aegis-parka/179470/

http://news.okezone.com/read/2015/01/12/15/1090906/sepeda-listrik-pintar-teknologinya-bisa-cegah-tabrakan

http://www.schoeller-textiles.com/en/technologies/ceraspace.html

http://www.fibre2fashion.com/news/textile-news/newsdetails.aspx?news_id=106448