437. Belanda: Negara Inovator Pengelolaan Sumber Daya Air Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan

Penulis : ARIDA WAHYU BARSELIA
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Belanda merupakan negara yang terbaik dalam melakukan pengolahan sumber daya alam terutama dalam bidang manajemen sumber daya air. Tidak hanya pencegahan banjir namun juga pengelolaan sumber air serta inovasi yang tetap menjaga kondisi lingkungan. Penyedia jasa maupun sarana berupa teknologi penggelolaan air yang dikembangkan oleh Belanda telah diakui oleh negara lain. selain itu, Belanda juga memiliki beberapa kontraktor dan konsultan yang ahli dalam bidang pengelolaan air serta melakukan analisis terhadap kondisi perairan pada seluruh benua di dunia. Hal ini menjadikan Belanda sebagai negara yang memiliki posisi yang unik sebagai inovator dalam aspek pengelolaan sumber daya air. Belanda menjadi negara yang mampu menarik perhatian negara lain dalam melakukan kerjasama terkait pengembangan dan solusi yang berkelanjutan terkait masalah kompleks sumber daya air[1].

image003
Gambar 1. Inovasi Pengelolaan Air di Belanda [1]

Belanda juga memiliiki organisasi firma yang berfokus pada pengelolaan sumber daya air dan tergabung dalam NWP (The Netherlands Water Partnership). Organisasi ini telah berkontribusi pada pengembangan inovasi dan solusi dalam teknologi, konstruksi bangunan pengelolaan air, pengembangan lmu pengetahuan, penelitian yang berbasis pada pengelolaan sumber daya air [2].

Peranan belanda dalam mengembangkan inovasi dan mengatasi permasalahan bidang perairan diwujudkan pada pembangunan bendungan pada daerah New Orleand [2]. Sekitar pada tahun 2007, terjadi bencana badai Katrina yang mengakibatkan kehancuran pada wilayah New Orland. Lebih dari 1800 orang meninggal dunia dan kerugian material sekitar 81 juta dolar. Setelah terjadi peristiwa tersebut, beberapa pihak perusahaan teknik di Belanda, salah satunya yaitu Royal HaskoningDHV and Arcadis telah membangun delta baru untuk New Orland.

image005

Program ini melibatkan pengelolaan, implementasi saran, dan meningkatkan potensi bendungan pada delta tersebut. Selain itu, mereka juga melakukan desain baru untuk bendungan dan upaya pencegahan lain yang mengakibatkan kenaikan debit air. Pembatas badai dan instalasi pompa besar yang dibangun di sekitar New Orland dan bagian selatan wilayah Lousiana [2].

image009

Belanda sudah melakukan pengembangan inovasi terkait pemanfaatan dan pengolahan air secara efektif. Inovasi yang telah dikembangkan yaitu Nereda (Purifikasi air limbah secara biologi). Air limbah rumah tangga maupun dari industri dipurifikasi dengan bantuan bakteri melalui kultivasi pada tangki yang berukuran besar. Teknologi Nereda menggunakan bulir padi yang digunakan oleh bakteri untuk melakukan purifikasi dan melakukan pertumbuhan. Sejumah residu organik dan nutrisi (nitrogen, fosfat) dihilangkan oleh bulir padi dan tidak menggunakan senyawa kimia. Keuntungan yang diperoleh adalah bahwa teknologi ini dapat digunakan pada tangki yang berukuran kecil. Berdasarkan hal tersebut, teknologi ini dapat mengurangi pemanfaatan lahan dan energi yang berlebihan karena hanya membutuhkan air yang sedikit untuk sirkulasi dan sedikit pemanfaatan kebutuhan senyawa kimia. Teknik ini juga dapat diaplikasikan pada pelepasan lumpur atau kotoran yang terdapat pada rumput laut (bahan baku obat-obatan atau makanan) [3].

image011
Gambar 4. Mater Plan Waterfront City di Jakarta, Indonesia [4].

Belanda juga mengembangkan potensi inovasi lain dalam merancang desain pemukiman penduduk melalui pemanfaatan wilayah perairan. Inovasi yang menjadi peluang dalam pengembangan kembali diadaptasi dari wilayah delta yang memiliki tempat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun kesadaran terhadap kelemahan yang dimiliki oleh wialyah delta tidak menjadi masalah utama sehingga memengaruhi perbahan lingkungan. Hal ini perlu dilakukan usaha untuk mencari solusi yang tepat terkait pengaruh perubahan iklim, seperti kenaikan level air laut dan peningkatan resiko banjir serta alih fungsi sungai dengan kerusakan yang terjadi dan semakin tampak jelas [4].

Akibat yang terjadi dari adanya pembangunan area yang terus-menerus tanpa memperhatikan kondisi lingkungan. Hal ini mengakibatkan terjadinya kesulitan air bersih karena hujan ekstrim yang melanda beberapa wilayah di dunia. Beberapa kota yang terletak pada wilayah delta menunjukkan dampak buruk berupa polusi sumber air bersih oleh limbah industri dan level air tanah yang semakin surut dan berkurang. Berdasarkan hal tersebut, pihak Belanda menginisiasi untuk menngembangkan suatu mekanisme berupa fungsi kombinasi suatu negara sehingga mampu meningkatkan adaptasi terhadap iklim. Oleh karena itu, untuk meningkatkan tujuan tersebut beberapa inovator belanda menggunakan chareetes berupa workshop intensif yang relevan dengan stakeholder dan bekerja sama dalam memberikan solusi yang terintegrasi. Belanda dan Indonesia menjalin suatu kerjasama yang mendukung pemerintahan Indonesia dalam mengatasi banjir di Indonesia dengan membentuk National Capital Integrated Coastal Development Jakarta. Indonesia mengembangkan suatu master plan yang bertujuan untuk melindungi Jakarta dari luapan air laut dan sungai yang mampu mengakibatkan banjir. Masalah utama ibukota negara Indonesia adalah posisi area ini berada pada lokasi yang rendah dengan adanya penurunan permukaan 7,5 cm tiap tahun. Urgensitas solusi yang tepat memang dibutuhkan, namun biaya yang dikeluarkan juga besar. Organisasi Belanda yang berfokus pada bidang rancang kota yaitu Gronmij melakukan pendekatan dengan mengembangkan master plan yang menghubungkan manajemen air yang mampu meningkatkan potensi sosioal-ekonomi dan investasi. Pengembangan danau yang memiliki off shore juga menjadi inovasi untuk menyediakan sumber air minum. Model master plan yang direncanakan oleh pihak Indonesia kerjasama dengan Belanda adalah membuat waterfront city atau kota terapung yang berada di atas laut dengan membentuk simbol burung garuda, yaitu simbol nasional negara Indonesia. Desain kota terbaru ini akan menawarkan ekstensi prespektif untuk masa depan. Solusi untuk menghadapi kemacetan ibukota, sanitasi, dan suplai kebutuhan air dikisarkan membutuhkan dana untuk master plan sekitar 45 milyar US dolar [1].

Inland shore adalah inovasi yang dikembangkan oleh Belanda yang berfokus pada pembangunan penyimpanan air terbaru dan fungsi kombinasi yang dapat meningkatkan pengamanan air, pengelolaan air secara bijak, dan berbasis pada lingkungan. Implementasi dari proyek ini berada pada sungai Ijsselmeer. Pada tahun 2014, proyek ini dapat diaplikasikan dan berperan penting pada beberapa aspek kegiatan dalam bidang pemanfaatan sumber air seperti pertanian, hortikultura, akuakultur, dan perikanan [1].

image013
Gambar 5. Inland Shore di Sungai Ijsselmeer [1].

Daftar Pustaka
[1] Haegen, Melanie Schultz van.2014. Water innovations in the Netherlands. Artikel diakses pada www.rws.nl/innovatie pada tanggal 25 April 2015 pada pukul 10.00 WIB.
[2] Lijf, Aimée van. 2014. made in holland water. Made in Holland / RVO.nl. diakses artikel di www.hollandtrade.com pada tanggal 25 April 2015 pada pukul 10.00 WIB.
[3] Veld, Hans Huis in ‘t . 2015. DutchWater Sector 2014-2015. Holland: Stationsplein 2, 3112 HJ Schiedam