440. Bukan Hanya Sekedar Totaal Voetbal

Penulis : Pradisty Herlina Setiabudi
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

“The United States of America have taken their name from The United States of Netherlands.” -Seth Low

Belanda. Berbicara tentang Belanda, adakah sepatah atau dua patah kata yang terlayang ke benak anda? Jika saya mendengar kata Belanda, maka yang terpikir adalah Total Football. Bagaimana tidak? Belanda adalah negri penghasil keju, makanan terbaik yang pernah ada, dan negri pencetak mahakarya. Kita tahu bagaimana Marco van Basten sukses bersama AC Milan dan PSV yang ia pegang, bagaimana Dennis Bergkamp si manusia phobia terbang sukses menjuarai liga tanpa terkalahkan bersama Arsenal, Arjen Robben yang sukses di tanah Jerman, Johan Cruyff sang pencetus Tiki Taka yang legendaris, dan masih banyak lagi.

Namun ternyata, Belanda tidak hanya sekedar Total Football. Belanda, Negri bertanah rendah katanya, adalah negara dengan luas hanya sekita 40.000 km persegi, hanya seluas ibukota kita, yang tidak pernah berhenti menciptakan inovasi dan kreasi.

Energi listrik adalah salah satu energi terbesar yang sangat diperlukan. Namun seiring dengan usia bumi yang sudah renta, memaksa manusia untuk melakukan sebuah inovasi. Inovasi tentang bagaimana mencari sumber energi lain yang tidak mneyakiti bumi.

Adalah 4D Sports Ground, yang merupakan sebuah lapangan olahraga yang dirancang dengan sedemikian rupa. Uniknya, lapangan ini mempunyai 3 sisi mekanik yang ditanamkan di dalam tanah, yang dapat diputar. Dengan sekali tekan tombol, lapangan ini bisa berubah menjadi lapangan sepakbola, tenis, atau basket.

Lapangan ini juga dilengkapi dengan panel surya, sehingga ketika lapangan ini tidak dalam pemakaian, maka bisa menghasilkan sumber listrik yang dihasilkan dari energi matahari.

Ini unik, karena pembuatan lapangan dengan prinsip three in one dan panel suryanya sangat efektif dan inovatif.

image002
Mekanik yang tertanam di dalam tanah

image004
Suasana 4D Sports Ground

Beralih ke cabang olahraga lain. Kali ini hadir Solaroad. Solaroad adalah sebuah proyek trek sepeda yang terletak di kota Krommenie. Sepintas memang tidak ditemukan perbedaan dengan trek sepeda di tempat lain, namun jika kita melihat lebih jauh, solaroad adalah trek sepeda yang spesial.

Solaroad merupakan jalan yang ramah lingkungan. Solaroad terbuat dari panel dengan solar sel dan dilapisi oleh lapisan gelas yang tipis. Trek sepeda ini merupakan pengubah energi matahari menjadi energi listrik. Dikatakan setiap meter persegi solaroad akan menghasilkan 50-70 kilowatt energi per tahun dan mampu menyuplai listrik 1-2 rumah tangga.

Diperkirakan proyek ini akan selesai pada tahun 2016, dan inovasi ini merupakan yang pertama di dunia.

image006

Berlanjut kepada The Solar PV Projects. Proyek ini menggunakan sel surya, atau photovoltaic sebagai material utama. Photovoltaic sendiri adalah alat semikonduktor yang mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Solar PV Projects banyak dilakukan di kota-kota seperti di Amsterdam, Rotterdam, dan lainnya.

image008
Proyek Solar PV di Amsterdam Arena sedang dijalankan

Sewaktu saya masih kecil, saya senang sekali beli aksesori glow in the dark yang bentuknya bintang, bulan, lalu ditempel di tembok. Sehingga ketika malam harinya saya tinggal padamkan lampu lalu glow in the dark siap untuk glow.

Daan Roosegarde dan HEIJIMANS membuktikan bahwa jalan raya di selatan ibukota bisa glow pada malam hari!

Cat yang dipakai dalam pembuatan glow in the dark road ini mengandung “photo-luminising” yang menyerap cahaya pada siang hari dan perlahan-lahan melepaskan cahaya di malam hari. Diperkirakan photo-luminising dapat menerangi jalan selama 8 jam.

Tentunya inovasi yang sangat unik. Pemerintah tak perlu mengocek uang terlalu dalam untuk membeli lampu-lampu sebagai penerangan di sekitar jalan.

image010

image012

Tinggalkan sang surya beserta olahraga. Sebuah universitas ternama dari Twente pun hadil dengan Vibration Energy-nya. Vibration Energy adalah sumber energi yang dihasilkan oleh getaran dijalanan! Kok bisa?

Ya, Vibration Energy menggunakan material piezoelectric, yang merupakan muatan listrik gabungan dari bahan-bahan solid dan materi biologis. Piezoelectric bekerja dengan memberikan tekanan, sehingga tekanan yang diberikan piezoelectric akan mengubah getaran kendaraan menjadi listrik. Canggih!

image014
Vibration Energy

image016
Photovoltaic yang terpasang di jalan

Takjub rasanya melihat negara kecil ini yang sadar akan menipisnya energi dan terus belajar dan melakukan inovasi agar bumi ini bisa terus nyaman ditinggali manusia. Belanda adalah sebuah contoh, dengan SDA yang tidak banyak, dengan keadaan terletak di tanah yang rendah, Belanda mampu menyelamatkan bumi.

Menarik untuk kita tunggu inovasi-inovasi apalagi yang akan diciptakan Belanda, dan akan secanggih apa Belanda pada 10 tahun lagi. Dan menarik, karena ucapan Seth Low sepertinya sudah terbukti.

Referensi:

http://sepeda.sportku.com/berita/news/actual/66845-belanda-operasikan-trek-sepeda-penghasil-listrik

http://www.bokunoblog.com/2013/03/4d-sportsground-lapangan-4dimensi.html?m=1

http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/5960/Jalur-Sepeda-Sumber-Energi-Terbarukan/2014/11/14

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Piezoelectricity

http://www.emagindia.com/appli.htm

http://www.amsterdamarena.nl/Tonenop-paginas-1/Default-showon-page/First-solar-panels-installed-on-Amsterdam-ArenA-roof.htm#

http://greenfudge.org

http://phys.org

http://www.solarplaza.com/article/top-10-dutch-solar-pv-projects

http://inhabitat.com/life-saving-smart-highways-will-revolutionize-our-roadways/sustainable_highway_2-3/

http://www.bbc.com/news/technology-27021291

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Netherlands