448. “ Say Water Means Say Holland ”

Penulis : Lili Aulina
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Holland atau Belanda atau Netherland merupakan negara maju dimana hampir setengah dari negara ini memiliki ketinggian dibawah permukaan air laut. Hal ini juga dapat dilihat dari arti nama negara tersebut yaitu “Nether” yang berarti dibawah dan “land” yang berarti negara. Secara harafiah arti dari dari Netherland yaitu negara dibawah permukaan air laut. Ya dibawah air laut, belanda sangat terkenal dengan julukan negara dibawah air laut.

Oleh karenanya, belanda sangat rentan untuk terkena bencana banjir akibat kondisi geografis negaranya yang terletak dibawah laut tersebut. Hampir sepertiga dari daratan di Belanda lebih rendah dari muka air laut. Meskipun belanda memiliki daerah yang terletak dibawah permukaan laut, hal ini tidak membuat Belanda menyerah untuk memperbaiki kondisi negaranya tersebut. Hal ini dapat dilihat setelah Belanda mengalami bencana banjir besar pada tahun 1953 yang menyebabkan 1800 orang tenggelam, Belanda terus berjuang keras untuk berperang dengan kondisi alam pada saat itu. Perjuangan belanda ini dapat dilihat bahwa selama 39 tahun sejak terjadinya bencana banjir besar tersebut, Belanda membangun tiga belas bendungan raksasa secara bertahap. Bendungan yang pertama dibuat oleh Belanda terletak di Sungai The Hollandse Ijssel selesai dibangun pada tahun 1958. Kemudian bendungan terakhir yang dibangun oleh Belanda yaitu bendungan Maeslantkering selesai pada tahun 1997.

Banyak sekali bendungan yang telah dibuat oleh Belanda untuk mencegah terjadinya banjir. Bendungan-bendungan tersebut yaitu salah satunya bendungan Oosterschelde yang pertama kali dibangun di Belanda. Bendungan Oosterschelde merupakan bendungan sepanjang 9 km yang terletak di daratan Zeeland dan berhadapan dengan bagian lengan laut utara. Bendungan Oosterschelde memiliki semacam gerbang yang bisa menutup jika air laut pasang. Bendungan ini merupakan salah satu bendungan yang menakjubkan di Belanda dikarenakan selain proyek perairannya yang menakjubkan, bendungan ini juga dijadikan sebagai objek penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli. Selain bendungan Oosterschelde, adapula bendungan lainnya yang dibangun oleh Belanda yaitu bendungan Maeslantkering. Bendungan ini adalah bendungan yang terakhir dibangun oleh Belanda.

Bendungan Maeslantkering terletak di muara Nieuwe Waterweg, kanal yang menghubungkan sungai Rhine ke laut utara. Bendungan ini mampu menghambat air laut saat pasang atau saat badai sehingga dapat menyelamatkan lahan pertanahan Belanda yang letaknya dibawah permukaan air laut. Bendungan Maeslentkering bertindak sebagai garis akhir pertahanan Rotterdam melawan gelombang air laut yang tinggi. Bendungan ini juga merupakan salah satu proyek yang paling mengesankan dari Deltaworks.

Selain bendungan, dalam melakukan tata air dinegaranya, Belanda juga membangun beberapa delta dan pelabuhan untuk mengatai permasalahan air di negara tersebut. Tak heran jika Belanda diketahui sebagai negara dengan tata kelola air yang paling baik di dunia. Deltaplan yang direncanakan pertama kali pada tahun 1958 telah dijalankan. Delta ini berupa pembatas badai yang terletak di sungai Hollandse Ijjsel. Walaupun pembatas ini bukan merupakan suatu bendungan, tetapi fungsinya sangat penting dalam melindungi populasi penduduk di bagian barat Belanda. Tiga tahun kemudian setelah dibangunnya delta yang pertama di sungai Hollandse Ijjsel yaitu pada tahun 1961, dua mulut sungai kembali ditutup untuk menghindari banjir yaitu sungai Veerse Gat dan Zandkreek.

Perencanaan pembuatan delta di belanda masih dilakukan terus-menerus hingga sekarang melalui program yang dibuat oleh Delta Programme Commisioner. Program delta yang kelima mengandung lima penetapan delta untuk mengembangkan penjagaan dari banjir dan mengurangi pasokan air. Penetapan delta menujua kepada metode kerja yang baru di tiga area yaitu water safety, ketersediaan air bersih dan perencanaan water-robust spatial.

image002
Gambar 1. Deltawerken (Delta Programme 2015)

Setelah berbicara mengenai bendungan dan delta, terdapat satu lagi inovasi yang dilakukan oleh Belanda yaitu dibangunnya pelabuhan-pelabuhan yang menjadi pusat perekonomian di Belanda bahkan Internasional. Dengan memanfaatkan daerahnya yang lebih banyak tersusun oleh air, Belanda mulai berinisiatif membangun pelabuhan-pelabuhan sebagai tempat untuk melakukan transaksi perdagangan hingga sekarang. Pelabuhan yang baik harus menguntungkan bagi perekonomian kota maupun perekonomian regional (Bappenas, 2011). Pelabuhan yang pertama kali dibangun oleh Belanda yaitu pelabuhan Rotterdam. Pelabuhan Rotterdam merupakan salah satu pelabuhan terbesar dan teramai di Belanda. Dari tahun 1962 hingga tahun 2002, pelabuhan ini merupakan pelabuhan tersibuk di dunia dan sebagai gerbang untuk perdagangan di Eropa yang terdiri dari lebih 350 juta konsumen. Di kawasan pelabuhan ini terdapat dua kelompok pekerja besar yaitu pekerja yang secara langsung terlibat dengan urusan pelabuhan dan pekerja yang tidak langsung berhubungan dengan pelabuhan namun ikut menyokong sub-sub pekerjaan di pelabuhan. Jumlah pekerja yang secara langsung berhubungan dengan urusan pelabuhan yaitu sekitar 90.000 orang sedangkan jumlah pekerja yang tidak berhubungan secara langsung dengan urusan pelabuhan berjumlah sekitar 200.000 orang. Tak heran jika pelabuhan Rotterdam dikatakan sebagai pelabuhan tersibuk karena jumlah pekerja yang sangat banyak di lingkungan pelabuhan ini. Tak puas dengan luas pelabuhan Rotterdam yang mencapai 3500 hektar, pemerintah Belanda juga sedang merencakan pembuatan proyek “Massvlakte 2” yang akan mengambil lahan seluas 2000 hektar.

image004
Gambar 2. Pelabuhan Rotterdam

Selain pelabuhan Rotterdam, ada juga pelabuhan-pelabuhan lain yang terkenal di Belanda bahkan di Eropa yaitu seperti pelabuhan Amsterdam dan pelabuhan Zeeland. Pada awalnya, pelabuhan Amsterdam merupakan pelabuhan nelayan kecil namun karena posisinya yang dekat dengan pusat perdagangan dan pusat perekonomian di Amsterdam, pelabuhan Amsterdam menempati posisi penting perdagangan Internasional pada saat itu. Pada saat ini, pelabuhan Amsterdam bukanlah pelabuhan utama yang dijadikan sebagai pusat perdagangan melainkan digantikan oleh pelabuhan Rotterdam. Walaupun pelabuhan Amsterdam bukanlah pelabuhan yang utama namun pelabuhan ini masih dijadikan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal pesiar. Selain pelabuhan Rotterddam dan pelabuhan Amsterdam, ada juga pelabuhan yang tak kalah penting untuk diketahui yaitu pelabuhan Zeeland.

Pelabuhan Zeeland merupakan pelabuhan yang terletak di Terneuzen dan Vlissingen yang memiliki kedalaman sekitar 16.5 meter. Selain itu pelabuhan ini juga memiliki letak strategis yaitu diantara Rotterdam dan Antwerpen. Pelabuhan Zeeland mempunyai nilai produktivitas yang tinggi ketika digunakan sebagai tempat transit kargo. Tak heran jika pelabuhan ini dijadikan sebagai rumah bagi kurang lebih 200 perusahaan yang bergerak di bidang industri, logistik, dan pelayanan maritim. Oleh karena itu, pelabuhan ini dijuluki sebagai pelabuhan masa depan.

Banyaknya pelabuhan-pelabuhan besar di Belanda menjadikan negara ini terkenal dengan perkembangan pada sector perekonomian karena sumbangannya yang amat besar dari pelabuhan-pelabuhan yang telah dibuat. Hingga saat ini, Belanda masih mengembangkan inovasi-inovasi lainnya pada sektor perairan disamping hal-hal yang telah disebutkan penulis diatas. Inovasi-inovasi diatas merupakan inovasi dari Belanda di bidang perairan dari sudut pandang penulis. Mungkin masih banyak inovasi-inovasi lainnya yang masih penulis belum ketahui. Karena banyaknya inovasi Belanda di bidang perairan tersebut maka penulis dapat menyimpulkan dengan kata-kata yaitu “Say Water Means Say Holland”.

Referensi :
Astutik, Yuni.(2013). Proyek Bendungan Oosterschelde Belanda yang Canggih. Available from http://economy.okezone.com/read/2013/01/23/471/750790/proyek-bendungan-oosterschelde-belanda-yang-canggih#top . Diakses pada tanggal 25 April 2015 pukul 8.00 PM.
Arif, Ahmad.(2008). Belanda Pun Membendung Laut. Available from http://nasional.kompas.com/read/2008/11/29/10323720/belanda.pun.membendung.laut . Diakses pada tanggal 25 April 2015 pukul 8. 16 PM.
Deltawerken Online.(2004). The Delta Works. Available from http://www.deltawerken.com /Deltaworks/23.html. Diakses pada tanggal 25 April 2015 pukul 8.40 PM.
Made in Holland.(2015). Solution for A Changing World.Available from http://waterandthedutch.com/wp-content/uploads/2013/07/Made-in-Holland-Solutions-for-a-Changing-World.pdf . Diunduh pada tanggal 25 April 2015 pukul 9.46 PM.
Port of Rotterdam.(2015). Port. Available from http://www.portofrotterdam.com/en /Port/Pages/default.aspx. Diakses pada tanggal 26 April 2015 pukul 9.01 PM.
Wikipedia.(2015). Rotterdam. Available from http://id.wikipedia.org/wiki/Rotterdam. Diakses pada tanggal 26 April 2015 pukul 10.12 AM.
Archiastone.(2014). Pelabuhan Rotterdam.Available from http://www.pbase.com/archiaston/image/129650143.Diakses pada tanggal 27 April 2015 pukul 3.21 PM.
Satyani, H.A.(2013). Nadi Perekonomian Eropa di Belanda. Available from https://myhappy2day.wordpress.com/2013/05/12/nadi-perekonomian-eropa-di-pelabuhan-belanda/ . Diakses pada tanggal 27 April 2015 pukul 9.25 AM.
Bappenas.(2011). Sustaining Partnership : Media Informasi Kerjasam Pemerintah dan Swasta Edisi Khusus Pelabuhan. Available from http://pkps.bappenas.go.id/attachments/article/898/SEPTEMBER%20Khusus_PELABUHAN_INDONESIA_L.pdf. . Diunduh pada tanggal 27 April 2015 pukul 11.01 AM.
Zeeland Seaports.(2015).The Port.Available from http://www.zeelandseaports.nl/en/the-port/beschikbare-terreinen.htm . Diakses pada tanggal 27 April 2015 pukul 12.35 PM.
Kaushik.(2014).The Netherlands Impressive Storm Surge Barriers. Available from http://www.amusingplanet.com/2014/04/the-netherlands-impressive-storm-surge.html . Diakses pada tanggal 27 April 2015 pukul 3.23 PM.