451. “Belanda Sang Malaikat Air”

Penulis : FAUZIAH RIZQY
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan sumber kehidupan kita semua. Kita minum, makan, mandi, dan mayoritas melakukan aktifitas sehari-hari lainnya menggunakan air. Bayangkan jika sehari saja kita tidak minum atau tidak mandi, tentu kita sendiri juga jadi gak nyaman. Begitulah pentingnya air, air akan jadi sahabat kita jika dimanfaatkan dengan baik.

Kesel banget gak sih kalau air yang dulunya jernih dan bisa dimanfaatkan justru sekarang malah jadi sarang limbah? Jika air sudah tercemar, itu bukan lagi jadi sahabat akan tetapi musuh besar kita semua. Lingkungan tercemar, krisis air bersih dan berbagai penyakit dapat ditimbulkan dari air yang kotor. Sudah banyak sungai dan air yang tercemar dapat kita jumpai sekarang. Dan kita bisa apa? Apa yang akan kita lakukan? Menguras sungai atau danau? Memperingatkan orang-orang untuk tidak membuang sampah di sungai? Aahhhh… rasanya upaya seperti itu hanya akan berlaku dalam jangka pendek. Dan lagi pun sungai yang sudah tercemar tidak akan bisa sejernih yang dulu.

Okeee yang sudah terjadi biarlah terjadi, tapi tetap prinsipkan bahwasannya air adalah sangat penting dan jagalah kebersihan lingkungan mulai dari sekarang agar tidak ada lagi air jernih yang tercemar. Dan kini ada kabar gembira untuk masalah air yang tercemar ini, seorang ilmuan asal negara kincir angin Profesor Mark Van Loosdrecht, menemukan sebuah inovasi yang dapat menghilangkan nitrogen dari air limbah sehingga air dapat dimanfaatkan kembali. Inovasi tersebut diberi nama “Anammox”.

image002
Kultur bakteri Anammox Kuenenia stuttgartiensis, Radboud University Nijmegen
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Anammox

Anammox merupakan proses biologis inovatif yang merupakan terobosan besar dalam penghapusan nitrogen. Dalam pengkombinasian dengan bakteri nitrifikasi, Anammox mengkonversi amonium (NH4+) menjadi gas dinitrogen secara langsung. Proses ini didefinisikan sebagai oksidasi amonium oleh nitrit sebagai akseptor elektron menjadi gas nitrogen dan H2O. Anammox dapat digunakan untuk menghilangkan amonium dari semua jenis limbah dengan konsentrasi amonium yang relatif tinggi (NH4 + -N> 100 mg / l). Jadi, temen-temen udah gak usah khawatir lagi karenateknologi yang makin canggih sudah dikombinasikan dengan berbagai ide kreatif dari para ilmuan hebat dari negeri kincir angin ini.

Prinsip kerja anammox yaitu, pertama-tama air limbah dimasukkan ke dalam anammox reactor, amonium yang terkandung dalam air diubah menjadi gas nitrogen. Reaksi ini dilakukan oleh dua bakteri berebeda yang hidup dalam reaktor tersebut, yaitu bakteri Nitritation dan Anammox. Bakteri Nitritation mengoksidasi sekitar setengah dari amonium menjadi nitrit, kemudian bakteri Anammox mengubah amonium dan nitrit menjadi gas nitrogen. Reaktor Anammox ini diaerasi (pencampuran dengan air) dan dilengkapi dengan sistem penyimpanan biomassa. Reaktor mengandung biomassa granula dan air limbah terus dimasukkan ke reaktor. Aerasi ini membuat proses pencampuran cepat antara air limbah dengan konten reaktor, reaksi pada persediaan biomassa dan oksigen untuk mendorong konversi zat. Air limbah diolah dengan melewati sistem retensi biomassa di atas reaktor. Biomassa granular akan terpisah dari air limbah sudah bersih, dan dapat dipastikan konten biomassa dalam reaktor cukup tinggi. Karena sifat konversi padat yang khas pada biomassa granular, kandungan biomassa yang tinggi ini menyediakan tingkat konversi tinggi dan karena volume reaktor kecil.

Selain berfungsi menetralkan air limbah, proses anammox ini juga dikenal sebagai proses yang juga ramah lingkungan. Dalam prosesnya, anammox sama sekali tidak menggunakan metanol dalam proses dinitrifikasi, berbeda dengan proses denitrifikasi lainnya. Seperti yang kalian ketahui bahwa metanol merupakan salah satu bahan kimia berbahaya, metanol dapat merusak hati, mengakibatkan keracunan, kejang-kejang, kerusakan syaraf dan otot, bahkan kematian. Selain itu, anammox juga mengurangi hingga 60% konsumsi energi, meminimalisir produksi lumpur saat proses denitrifikasi, dan mengurangi hingga 90% gas emisi CO2. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi ilmuan belanda bukan hanya tentang betapa canggihnya teknologi yang diciptakan, akan tetapi juga tentang efisiensi suatu karya yang berguna dan ramah lingkungan.

image004
Sumber: http://en.paques.nl/products/featured/anammox

Teknologi anamox ini sudah diimplementasikan pada beberapa kasus penting di duinia, di antaranya: (1) penghapusan amonia lebih dari 90% pada makanan pabrik pengolahan bahan di Tongliao Meihua Biologi Sci-tech Co, Ltd, yang mana memiliki lebih dari 18.900 m3/d air limbah dengan konsentrasi amonium lebih dari 600 mg/l. Ini merupakan salah satu beban amonium tertinggi di dunia; (2) penghapusan amonia hemat energi dengan footprint kecil pada sebuah perusahaan terkemuka dunia “Angel Yeast Company Ltd”, perusahaan manufaktur di Cina, Binzhou, Shandong prov., yang telah mengkhususkan diri dalam memproduksi ragi dan turunannya ragi selama lebih dari 24 tahun; (3) penyamakan kulit “The Hulshof Royal Dutch” didirikan pada tahun 1876. Ini merupakan salah satu produsen jok kulit berkualitas tinggi terbesar di Eropa. Setelah dilakukan proses Anammox jumlah sampah secara signifikan berkurang dibandingkan dengan perlakuan fisik/kimia sebelumnya. Biogas yang dihasilkan dalam proses tersebut juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik; (4) produksi pupuk dari pengolahan air limbah kentang. “Aviko Potato” mengolah 1.200.000 ton kentang per tahun dalam dan di luar Eropa. Proses anammox mengurangi tingkat nitrogen dan fosfat dalam limbah anaerobik, fosfat tersebut ditransformasikan sebagai struvite yang dapat digunakan untuk memproduksi pupuk. Lebih dari 500 ton struvite dijual setiap tahun untuk sebuah perusahaan pupuk.

image006
Sumber: http://en.paques.nl/products/featured/anammox

Naah, percaya dong ya kalau inovasi Belanda gak main-main lagi, udah mendunia dan menangani berbagai masalah di belahan negara lain loh. Tidak salah jika Belanda patut disebut sebagai sang malaikat air, karena berkat inovasinya banyak permasalahan air di dunia yang teratasi. Inovasi ini juga membuahkan penghargaan bagi sang pencetus ide Annamox yaitu Profesor Mark Van Loosdrecht di LKY Water Prize pada tahun 2012. Belanda juga sempat dipercaya menjadi tuan rumah perayaan World Water Day di Den Haag pada tanggal 22 Maret 2013 serta perhelatan akbar International Water Week di Amsterdam November 2013.

Inovasi Belanda kian memberi pencerahan dan jalan terang untuk berbagai permasalahan global. Belanda merangkai teknologi tanpa melupakan tata etika lingkungan yang berlaku, sehingga kemajuan negaranya selalu diiringi dengan dampak baik. Hingga saat ini, Belanda masih berinovasi dalam berbagai elemen kehidupan lainnya seperti udara, tanah dan api.

“Creativity is thinking up new things, innovation is doing new things”.

Referensi:

http://en.paques.nl/products/featured/anammox

http://kurniawanabdhy.blogspot.com/2013/07/amonium.html

http://halosehat.com/farmasi/kimia/14-bahaya-etanol-dan-metanol-bagi-kesehatan

http://martadeborahasibuan.blog.com/2012/05/13/kreativitas-dan-inovasi-dutch-membawa-terang-di-tengah-kegelapan/

http://www.dutchwatersector.com/news/features/2013/04/international-water-week-amsterdam-call-for-papers-now-open/

http://en.wikipedia.org/wiki/Anammox

Referensi gambar:

http://en.wikipedia.org/wiki/Anammox

http://en.paques.nl/products/featured/anammox