452. Inovasi Tiada Tanding si Negeri Oranje

Penulis : Aulia Rahim Lubis
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Siapa yang tak mengenal Negeri Van Oranje? Ketika mendengar namanya saja orang-orang pasti tahu bahwa yang dimaksud adalah Belanda. Ya negeri yang selalu menjadi pembicaraan dunia ini kerap kali melakukan inovasi-inovasi yang luar biasa yang mungkin tak dapat dilakukan oleh bangsa lain, sehingga menjadikan negara tersebut mendapat julukan “negeri 1001 inovasi” dalam mewujudkan kemandirian negaranya. Tak heran jika negeri kincir angin ini memiliki daya tarik bagi masyarakat dunia terutama Indonesia. Sekarang muncul pertanyaan, apakah Indonesia mampu seperti Belanda? Bukankah dahulu negeri kita dijajah oleh bangsa Belanda? somoga kita dapat belajar dari keseriusan mereka terhadap negaranya.

Terletak di sebelah barat eropa, Belanda yang dahulunya hanya sebuah negara kecil kini menjadi salah satu negara yang disegani. Sebuah pepatah Belanda yang berasal dari seorang pemain bola professional Johan Cruyff “Leder nadeel heb z’n voordeel” yang artinya setiap kekurangan memiliki kelebihannya menjadi acuan dalam kehidupan masyarakat Belanda. Mengapa tidak??! Mereka membuktikan bahwa mereka mampu bangkit merubah daratan yang dahulunya berada di bawah permukaan air laut menjadi daratan yang kini digunakan sebagai lahan pertanian maupun tempat tinggal sehingga dijuluki sebagai negara apung, sesuai dengan namanya Netherland yaitu daerah yang rendah.

image001

http://sumatracyber.blogspot.com/2013/09/3-kota-yang-dulunya-laut-disulap-jadi.html

Memiliki daratan yang relative datar ternyata menjadi keuntungan tersendiri bagi negeri penghasil keju ini. Terbukti pada tahun 2011 IMF merilis data bahwa Belanda menduduki peringkat ke-3 sebagai negara terbesar pengekspor produk pertanian. Banyak hal lain yang dilakukan Belanda dalam menciptakan inovasi-inovasi dalam bidang tanah diantaranya: Terowongan bawah laut, memanfaatkan lahan tanah seminimal mungkin, energi terbaharukan (renewable anergy), membanngun sebuah industri yang bahan bakunya berasal dari bunga liar pegunungan, salah satu negara NO WASTE, rumah apung, dan masih banyak inovasi-inovasi lainnya.
1. Terowongan bawah laut
Berbeda dengan bangsa lainnya, jika untuk menghubungkan antara satu pulau dan pulau lainnnya dengan menggunakan sebuah jembatan. Maka Belanda memanfaatkan daerahnya yang berada di bawah permukaan laut untuk membuat sebuah inovasi luar biasa dengan membangun terowongan di bawah laut.

image002
Terowongan jalan raya bawah air di Danau Veluwemeer (https://kompetiblog2013.wordpress.com/tag/tata-kota/)

2. Meminimalkan penggunaan lahan
Ada-ada saja memang inovasi negeri ini. Lahan yang kecil dimanfaatkan semaksimal mungkin. Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat Belanda lebih memilih memakai sepeda unuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari daripada memakai kendaraan pribadi. Selain karena alasan lingkungan, penggunaan sepeda dapat memperkecil penggunaan lahan sebagai tempat parkir.

image003
Parkiran Sepeda di Utrecht, Belanda
(https://mozaicnyaella.wordpress.com/2012/09/27/unforgettable-stay-in-utrecht-the-
netherlands/)

3. Energi terbaharukan (renewable energy)
Satu hal yang menjadi isu utama dunia di masa sekarang dan masa yang akan datang adalah mengenai energi terbaharukan. Isu mengenai sumber energi ini menjadi momok yang menakutkan dunia, bagaimana tidak? Sampai saat ini sumber utama energi masih berupa fosil (minyak bumi). Penggunaan bahan bakar ini secara terus-menerus mengakibatkan cadangan minyak bumi semakin menipis di dunia yang mengakibatkan dunia berada dalam ancaman energi. Coba bayangkan jika dunia tak lagi memiliki energi? Segala aktivitas yang ada di Bumi akan terhenti. Mara dari itu para peneliti dunia terus mencari energi alternatif yang dapat diperbaharui serta ramah lingkungan. Begitu juga halnya dengan para peneliti si negeri kincir angin, mereka membuat inovasi yang memanfaatkan tanah sebagai sumber energi tanpa harus bergantung dengan fosil lagi. Belanda memanfaatkan getaran yang dihasilkan oleh kendaraan untuk menghasilkan energi alternatif yang disebut getaran molekul atau bahan piezoelektrik. Keren kan?? memang inovasi yang tiada tanding. Bahan piezoelektrik ini disisipkan di jalanan dan hanya butuh getaran dari luar untuk menghasilkan energi, jadi semakin besar getaran yang diberikan maka energi yang dihasilkan juga semakin besar.

image004
Jalan yang terbuat dari bahan piezoelektrik

http://www.solaroad.nl/

4. Rumah apung (Amphiby Housing)
Unik, artistik, dan mengagumkan, itulah kata-kata yang cocok untuk pemukiman di negeri bendungan ini. Salah satu pemukiman yang membuat saya terpesona yaitu rumah apung yang terdapat di provinsi Overijssel kota Glethoorn. Untuk jalur transportasi, masyarakat masih menggunakan sampan dalam menjalankan aktivitasnya. Namun, sekarang sudah mulai dibangun jembatan untuk pengguna sepeda dan pejalan kaki. Bagi anda yang berkunjung ke Belanda wajib mendatangi kota ini. Kota ini juga merupakan salah satu tempat idaman di dunia. Bahkan PBB juga menerbitkan World Happiness Report bahwa negeri Belanda adalah negeri paling bahagia ke-4 di seluruh dunia.

image005

Sumber:

http://www.anneahira.com/peribahasa-belanda.htm

http://www.gadis.co.id/gaya/ngobrol/kota.giethoorn/001/007/883

(https://mozaicnyaella.wordpress.com/2012/09/27/unforgettable-stay-in-utrecht-the-netherlands/)

http://www.solaroad.nl/

(https://kompetiblog2013.wordpress.com/tag/tata-kota/)

http://sumatracyber.blogspot.com/2013/09/3-kota-yang-dulunya-laut-disulap-jadi.html