458. Kurangi Dampak Emisi dari Sektor Transportasi

Penulis : DEFRINA SUKMA SATITI
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Perubahan iklim disebabkan oleh kenaikan suhu permukaan bumi akibat meningkatnya efek gas rumah kaca. Peningkatan gas rumah kaca itu disebabkan oleh berbagai faktor, seperti industri, limbah, pertanian, termasuk yang dihasilkan dari sektor transportasi.

Sektor transportasi menyumbang pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan gas emisi rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna kendaraan pribadi maupun umum yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Bahan bakar yang kurang ramah lingkungan inilah yang mengakibatkan polusi udara.

Padahal, udara merupakan komponen penting yang patut dijaga kebersihannya. Apabila kandungan oksigen menjadi tergerus dan didominasi oleh zat-zat berbahaya, maka akan berdampak pada makhluk hidup di bumi, termasuk manusia. Untuk melindungi udara dari polutan, maka segenap elemen di masyarakat, swasta, dan pemerintah harus turut andil demi keberlanjutan masa depan lingkungan.
Salah satu negara yang memiliki inovasi terhadap elemen udara adalah Belanda. Berbagai kebijakan dikeluarkan pemerintah, terutama yang menyangkut transportasi, udara, dan perubahan iklim. Kebijakan yang dikeluarkan mencakup bahan bakar alternatif, plug-in vehicle electrics, dan bersepeda.

Biofuel dan sustainable fuel mix
Untuk mengurangi dampak polusi udara yang diakibatkan sektor transportasi, pemerintah Belanda bersama dengan Uni Eropa telah membentuk kesepakatan penggunaan biofuel yang berkelanjutan. Sampai pada tahun 2020 nanti, penggunaan bahan bakar alternatif seperti biofuel, setidaknya akan digunakan oleh 10% kendaraan bermotor.

Seperti yang dilansir di laman resmi pemerintah Belanda, biofuel yang digunakan juga berasal dari tumbuh-tumbuhan, dan sampah-sampah organik. Biofuel yang dibuat dari material tumbuhan berasal dari kelapa sawit, rapeseed, tebu, jagung, dan gandum. Sedangkan, biofuel yang dibuat dari sampah-sampah organik adalah yang berasal dari sampah pertanian, alga, dan potongan-potongan kayu. Namun, biofuel yang dibuat dari sampah-sampah organik ini juga tak akan membutuhkan tambahan lahan pertanian.

Pemerintah Belanda bersama dengan Uni Eropa melalui kesepakatan yang termaktub dalam EU Renewable Energy Directive telah mengatur bagaimana pengelolaan biofuel, mulai dari material mentah. Bagaimanapun, dalam memproduksi biofuel, segenap elemen tak boleh mengeksplorasi material mentah biofuel yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan sampah-sampah organik.

Bahan mentah biofuel tak boleh diambil dari area yang memiliki biodiversitas yang tinggi, seperti hutan hujan dan cagar alam, lahan gambut, hutan purba, dan rerumputan. Selain itu, siklus produksi biofuel tak boleh menghasilkan terlalu banyak gas karbondioksida. Dalam kesepakatan tersebut, juga tertulis, pada tahun 2018 nanti, emisi gas CO2 yang dihasilkan harus 60% lebih rendah daripada emisi bahan bakar fosil.

Untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut, Pemerintah Belanda mengajak pemasok bahan bakar untuk menyediakan biofuel dalam jumlah tertentu setiap tahunnya. Pasokan biofuel itu terus dipantau. Para pemasok biofuel itu juga harus melaporkan data-data kuantitatif kepada Dutch Emissions Authority (NEA) setiap tahunnya. Kebijakan ini bertujuan untuk mengganti 10% bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif. Hingga saat ini, pangsa pasar biofuel sudah 5%.

Plug-in vehicle electrics

image002

Registration of highway-capable plug-in electric vehicles in the Netherlands by year between 2010 and 2014. (Sumber: Wikipedia)
Tempat pengisian daya mobil listrik di Belanda menduduki peringkat terbesar kedua per kapita di dunia. Dari data statistik di atas menunjukkan bahwa penggunaan plug-in mobil elektrik mencapai angka tertinggi pada tahun 2013. Angka itu menunjukkan hasil yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu tahun 2010-2012. Walaupun, pada tahun 2014, penggunaan plug-in mobil elektrik menurun hampir setengah dari tahun 2013.

Pada tahun 2014, sebanyak 45.020 mobil listrik telah terdaftar di Pemerintah Belanda. Dari jumlah besar itu, sebanyak 36.937 adalah mobil hibrida, 6.825 unit adalah mobil listrik, dan 1.258 unit lainnya adalah mobil van. Sebanyak 46.111 unit kendaraan seperti bus, truk, sepeda motor, quadricycles, dan tricycle tercatat telah mengisi daya.
Sebagai komitmen pemerintah demi lingkungan berkelanjutan, pemerintah Belanda berinisiatif membangun lebih dari 200 stasiun pengisian daya untuk kendaraan elektrik pada tahun 2015. Untuk mendukung kebijakan tersebut, pemerintah Belanda juga membebaskan pajak pengguna mobil elektrik dan hibrida.

image004
Dua mobil Car2Go sedang melakukan pengisian daya di Herengracht, Amsterdam. (Sumber: Wikipedia)

Bersepeda
Tak hanya Kopenhagen-Denmark yang terkenal dengan kebiasaan bersepeda warganya, tetapi juga penduduk di Belanda. Laman berita BBC menuturkan bahwa akan ada banyak sepeda daripada penduduk di Belanda, terutama di kota-kota seperti Amsterdam dan Den Haag. Di kedua kota itu, hampir 70% perjalanan menggunakan sepeda.
Sebanyak lebih dari 31% penduduk Belanda menggunakan sepeda sebagai kegiatan sehari-hari. Sebanyak 85% penduduknya memiliki setidaknya satu unit sepeda. Jadi, di Belanda diperkirakan ada setidaknya 18 juta sepeda.
Dengan bersepeda, kualitas udara bisa dijaga dari gas emisi karbondioksida. Apabila suatu wilayah (kota/kabupaten) dipenuhi dengan polutan udara, maka bukan tak mungkin suhu bumi akan terus bertambah dan membahayakan kehidupan makhluk hidup.

image006
(Sumber: greentraveller.co.uk)

Sektor transportasi memang turut berkontribusi pada polusi udara yang nantinya berdampak pula pada perubahan iklim. Oleh karena itu, berbagai inovasi seperti pembaruan energi dan dukungan kebijakan para pengambil keputusan untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Inovasi-inovasi itu harus senantiasa dilakukan dengan melibatkan segenap kalangan, mulai dari pemerintah, pengusaha, dan masyarakat. Negeri Belanda adalah salah satu contoh negeri yang berhasil menerapkan karya-karya inovatif pada elemen udara.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Plug-in_electric_vehicles_in_the_Netherlands

http://en.wikipedia.org/wiki/Transport_in_the_Netherlands

http://www.government.nl/issues/eco-friendly-fuels-for-transport/policy-on-eco-friendly-transport-fuels

http://www.government.nl/issues/eco-friendly-fuels-for-transport/sustainable-fuel-mix

http://www.government.nl/issues/eco-friendly-fuels-for-transport/biofuels

http://www.government.nl/issues/eco-friendly-fuels-for-transport/policy-on-eco-friendly-transport-fuels

http://www.government.nl/issues/climate-change

http://www.bbc.com/news/magazine-23587916

http://www.bbc.com/news/health-23284614