460. Trick Your Eye

Penulis : Aryani Praba Ningrum
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image002

Siapa yang tidak tertipu ketika melihat gambar jembatan diatas?

Apakah jembatannya putus? Tapi kenapa mobil-mobil tetap melaju? Apakah mobil tersebut dapat menembus dinding jembatan? Melihat gambar diatas membuat kita berpikir beberapa detik untuk memahami apa yang terjadi. Mobil yang dapat menembus jembatan, sepintas mengingatkan akan adegan dalam film Harry Potter. Siapa yang tidak tertipu ketika melihat gambar jembatan diatas?

image004
Harry Potter dapat menembus dinding peron 9 ¾ untuk menuju stasiun ke Hogwards

Saya yakin para arsiteknya tidak terinspirasi dari adegan film fiktif tersebut. Entah apa maksud dari sang arsitek ketika membangun jembatan tersebut namun hasil karyanya patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, jembatan air ini nampak seperti jembatan yang terbelah. Air tampak lewat diantara potongan jembatan ini. Tetapi yang sesungguhnya, jembatan ini justru dibangun di bawah air. Maka jelas bahwa sesungguhnya jembatan ini sama sekali tidak terbelah dan mobil tidak menembus jembatan..

image006
Air melewati bagian jembatan yang lebih rendah dibanding permukaan jembatan sesungguhnya

image008
Mobil-mobil yang melintas akan melewati terowongan sepanjang 25 meter dengan air lewat di atasnya

Jembatan air (water bridge) Veluwemeer selain sebagai penghubung daratan Belanda ke Flevoland, sekaligus berfungsi sebagai saluran air (water bridge) yang dapat dinavigasi (navigable aquaduct). Lokasi berada di jalan N302, dekat kota kecil Harderwijk di Belanda Timur yang terletak di bawah bagian kecil dari danau Veluwemeer. Jembatan air Veluwemeer memiliki panjang sekitar 25 meter dan kedalaman 3 meter. Veluwemeer difungsikan untuk lalu lintas air pada tahun 2002. Di bawahnya setiap hari melewati sekitar 28.000 kendaraan. Pada sisi jembatan dibangun pula jalan setapak untuk umum supaya dapat meikmati pemandangan yang luar biasa dari tepi jembatan.

image010
Desain perspektif Jembatan Air Veluwemeer

Padatnya arus transportasi dan pertambahan mobilitas sebagai dampak dari semakin pesatnya laju pertumbuhan penduduk yang berjumlah lebih dari 16 juta jiwa menjadi alasan utama dibangunnya jembatan air Veluwemeer. Kapasitas jalur transportasi yang sudah ada dinilai tidak memadai lagi sehingga perlu dibangun infrastuktur yang didesain menjadi multijalur dalam satu wilayah. Permasalahan yang ada dimanfaatkan dengan teknologi yang mantap sehingga menjadi keunggulan teknologi mereka. Tidak ada yang mustahil untuk sebuah inovasi karya.

image012

image018

image016

image014
Proses pembangunan Jembatan Air Veluwemeer yang rumit

“There are infinite possibilities. That’s the idea. Everything is in fact possible. Nothing is impossible. Sounds crazy, eeh?” (Zeverbegen, Dutch Architect)

Bukan fakta yang mencengangkan karena memang Belanda terkenal memiliki kemampuan besar dalam melaksanakan ide-ide yang luar biasa dalam memecahkan solusi sehingga tidak heran jika mereka selalu berpikir kritis. Veluwemeer adalah hasil karya nyata yang sangat menakjubkan dalam harmonisasi infrastruktur yang selaras dengan alam. Belanda menunjukkan bagaimana proses pembelajaran dan interaksi Belanda dengan air telah membentuk budaya untuk memperbaiki kehidupan dengan teknologi konstruksi jembatan air yang semakin canggih bahkan terkesan unik. Kenapa disebut unik? Karena Veluwemeer adalah jembatan yang menipu mata.

Referensi :

http://fransbeune.nl/aquaduct-veluwemeer-harderwijk

http://izismile.com/2013/08/17/the_river_bridge_aqueduct_veluwemeer_8_pics.html

https://beeldbank.rws.nl/MediaObject/Details/206674

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Netherlands

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Veluwemeer

https://www.ritebook.in/2014/drive-under-water-aquaduct-veluwemeer.html

https://hendy-dwi-w-blog.ugm.ac.id/2012/05/08/jembatan-kelas-dunia-buatan-belanda/

http://www.tripadvisor.co.uk/Attraction_Review-g186338-d3971166-Reviews-Harry_Potter_Shop_at_Platform_9_3_4-London_England.html