462. Belanda sang Avatar Korra

Penulis : Emi Kurnia Lazuardi
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Belanda yang disebut juga Holland, Netherlands ataupun Dutch adalah negara yang terletak di Eropa Barat. Mendengar kata Belanda tidak akan pernah terlepas dari icon bunga tulip, kincir angin ataupun bendungannya. Belanda yang beribukota di Amsterdam, diketahui sebagai negara daratan rendah (Netherland) yang sebagian daerah tananhnya lebih rendah dari permukaan laut.

Ibarat Avatar, Negara Belanda juga mempunyai dan cukup menguasai empat elemen; air, udara, tanah dan api. Belanda bisa dikatakan seorang avatar karena memiliki kemampuan berlatih semua elemen tersebut. Belanda bisa mengendalikan empat elemen di berbagai bidang baik itu dibidang pertanian, transportasi, teknologi, pariwisata maupun industri. Dalam dunia avatar, udara digunakan untuk menciptakan pusaran angin untuk menjerat dan memusingkan lawannya tetapi udara di Belanda memanfaatkannya sebagai tenaga penggerak kincir angin. Pengendali tanah dalam cerita avatar digunakan untuk membuat trowongan rahasia, sementara Belanda memanfaatkan tanah (lahan) yang sedikit untuk pertanian, hal ini terbukti meski bunga tulip bukan berasal dari Belanda namun negeri ini mampu menanam dan membuat taman bunga tulip yang sangat tersohor keindahannya. Api dalam avatar menggambarkan energi dan kehidupan demikian juga Belanda dikenal dengan negara yang memiliki semangat yang tinggi dan etos kerja yang tinggi dalam hal mensejahterakan pendudunya. Sementara Pengendali air mendorong dan menarik air pasang-surut di lautan, namun di negara Belanda air merupakan musibah yang banyak mengandung berkah.

Paling tepatnya Belanda adalah jelmaan Avatar Korra sang pengendali air. Dalam dunia avatar, Avatar Korra pengendali air mengontrol air, uap maupun es. Demikian juga dengan Negara Belanda, mampu menjaga keseimbangan dan memanfaatkan air dengan efisien. Belanda selalu berjuang melawan air untuk menyelamatkan dataran terutama kehidupan warga negaranya. Air bukan masalah tapi anugerah buat Belanda.

Pada tahun 1912 Belanda dilanda badai serta banjir besar yang menyapu bersih daratan di wilayah Belanda, di tambah lagi sebagian wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Bisa dibayangkan kalau banjir dan tsunami dating, Belanda akah hilang. Namun Belanda memili semangat membara untuk bertahan dan menata kembali negaranya. Inipun terbukti Sejak zaman dahulu Belanda sudah membuat bendungan, bahkan nenek moyang mereka sudah lama berlayar mengelilingi samudera termasuk berlabuh ke negera Indonesia. Negara Indonesia ataupun negara-negara lain harus belajar dari negara Belanda.

image002

Belanda mulai berbenah dengan banyak membangun dam atau bendungan serta kanal dengan memperhatikan secara detail aspek lingkungan, ekologi dan ekosistem daerah sekitarnya. Hal ini terbukti dari bendungan Belanda yang kokoh dan menjadi tujuan parawisata negara-negara lain. Selain itu bisa meningkatkan kestabilan perekonomian Belanda. Belanda dijadikan kiblat teknologi pengendali air oleh negara-negara lain. Banyak sekali perwujudan dari elemen-elemen yang berupa inovasi dari negara Belanda yang saling mendukung satu sama lain. Contohnya saja Kincir angin, kita hanya bisa menemukan kurang lebih dari seribu kincir angin hanya di negara belanda. Kincir angin digunakan untuk memompa air dan pembangkit listrik serta digunakan untuk mengeringkan lahan. Kanal-kanal dijadikan sebagai jalur transportasi air yang sudah ada sejak abad ke-17.

image004
Kanal sungai di sekitar Amsterdam

Sumber :
http ://tulisannda.wordpress.com/2013/05/08/belanda-sang-juuara-penakluk-air/

http://www.bonjourbag.com/blog/tempat-wisata-di-belanda/