464. Membuat Api Sendiri, Segampang sentuhan Jari

Penulis : Ledy Caroline
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Brilliant Zhafir Ahmad, umurnya 3 tahun,anak kami kedua yang suka sekali dengan api. iya, api. setiap melewati orang yang sedang membakar sampah, dia selalu bilang: ’ummi…lihat ada api…” pun begitu juga kalo melihat asap di langit: ”api mi…apiii…” “asap kak, bukan api” jawabku, memperbaiki pengertiannya tentang api sekaligus merangsang menambah kosakatanya. Dia paling suka kalo mati lampu, ada api di lilin yang bisa dia tiup. Hidupkan lilinnya, tiup apinya, hidupkan lagi api nya. Ulangi. Minimal 2 lilin yang harus disiapkan dirumah kalo lagi mati lampu. Tentu saja satu lilin spesialis untuk di tiup-tiup. Lucu ya anakku.

image002
Bian, pendekar api van oranje (foto: dokumentasi sendiri)

15 tahun lagi, bian pasti senang bisa ke Belanda.Bian tau apa itu Belanda? Negara nak..tempat para pengusaha, pioneer dan penemu dunia dibesarkan.Negara tempat 19 Pemenang Nobel dilahirkan(1). Negara tempat Bian bisa belajar banyak tentang Api. Bagaimana membuat cerobong Api dirumah minimalis seperti rumah kita atau justru bian sendiri nanti belajar menaklukkan api di Fire Service Academy Nederlands Instituut Fysieke Veilisheid (2).

image004
Bian mau ke belanda? (foto: dokumentasi sendiri)

Di Belanda, ada sebuah perusahaan bernama DRU (De Koninklijke Diepenbrock en Reigers of Ulft) dengan motto design to be different, perusahaan yang berinovasi dalam pembuatan api dengan bahan bakar gas. Designer produk DRU adalah orang-orang hebat dari Belanda, mereka adalah Josef Aspinall, Jeroen Van Dijk, dan Roy Bertholet. Siapa sangka di Bumi yang luas tanahnya makin sempit berbanding bertambahnya jumlah penduduk ini, orang-orang dapat menikmati nyamannya menggunakan tungku api di dalam rumah. Tanpa khawatir pembuangannya, kotoran debunya atau bahkan maintenancenya.

Mengontrol ‘tarian’ dan panas api dengan gadget
image003

image008
(Gambar 1 dan2) Innovasi DRU : ramah lingkungan, api bisa di kontrol dengan aplikasi gadget

Mengontrol api pakai gadget?kebayangpun tidak…tapi Belanda membuatnya nyata. Menghidupkan api, mengatur suhu bahkan mengatur irama api menjadi mungkin dengan hanya sentuhan jari. The world in your hand..fire in your command.

Ketika memilih tungku api gas atau heater DRU, Orang secara langsung dapat menikmati api sebagai view dekorasi rumah, kemudahan dan kenyamanan. Dengan menekan satu tombol, api dapat dinyalakan dengan tarian yang bisa di kontrol melalui gadget, tanpa perlu repot menggunakan korek api, ataupun sumber api lainnya. Aman untuk anak, aman untuk bian . Suhu ruangan juga dapat dikontrol menggunakan remote, Innovasi seperti ini tentu sudah dibayangkan oleh orang Belanda berpuluh tahun yang lalu yang menjadi nyata di tahun ini.
Satu lagi, api gas ini ramah lingkungan, dengan sentuhan aplikasinya, kita bisa menentukan berapa banyak gas yang akan digunakan, semua orang harus tau, kelestarian lingkungan tentu manusialah yang menentukan.

Instal Tungku DRU dimana saja
Indonesia negara Tropis dengan dua cuaca, yaitu kemarau dan hujan. Biasanya tungku api diminati di Eropa karena ada musim salju yang harus di hadapi, sehingga orang-orang lebih suka menghangatkan tubuh dirumah. Namun sekarang, penggunaan tungku api selain karena fungsi, juga diminati karena style nya yang bisa menambah keindahan dekorasi rumah. Ummi pun pengen punya dirumah.

Api gas sebagai dekorasi juga bisa mempercantik ruangan. Tungku api bisa di buat dimana saja. Dengan menggunakan kaca khusus, api bisa di lihat dari berbagai sisi, bahkan bisa dilihat dari dua ruang yang berbeda, dari ruang tamu dan dapur misalnya.

image010

image012
(Gambar 3 dan 4) Tungku bisa di tempatkan dimana saja serta dapat mempercantik ruangan

Dengan innovasi DRU, tungku api tidak hanya bisa digunakan di rumah yang berhalaman luas, dengan saluran pembuangan udara yang tinggi, tapi juga bisa dinikmati dirumah tinggal biasa, hotel ataupun di rumah susun. Api gas DRU membuat sikulasi udara aman bagi tetangga dan pemilik rumah. Tungku hanya perlu di bersihkan setahun sekali, sama seperti tungku api lainnya.
Cara Kerja

image014
Gambar 5: 1. Pasokan oksigen dari udara luar 2. Gas buang knalpot melalui cerobong

image016
Gambar 6: 1. Pasokan oksigen dari luar 2. Gas buang melalui dinding atau atap

Pembakaran api dengan bahan bakar gas adalah menggunakan sistem pembakaran tertutup. Dengan pembakaran tertutup, sistem ekstrak udara yang dibutuhkan untuk pemanasan langsung dari luar dan menghilangkan gas buang melalui saluran yang sama. Dengan sistem DRU, kita dapat mengekstrak udara eksternal baik secara horizontal, vertikal atau melalui segala macam tikungan hingga maksimal 60 meter.

Ini berarti,sekarang kita dapat memposisikan tungku yang indah di tempat-tempat sulit seperti di apartemen, rumah bertingkat, restoran atau hotel. Produk DRU ini solusi ideal untuk rumah bertingkat, apartemen atau lainnya. Diameter saluran pembuangannya pun sangat kecil, hanya berdiameter 10 cm sehingga lebih mudah untuk disembunyikan.

image018
Gambar 7: Pembuatan tungku bisa diaplikasikan di rumah susun

image020
Gambar 8: Tata letak tungku bisa di manfaatkan untuk rumah komplek ataupun rumah bertingkat

Ada banyak pelajaran yang bisa di petik di Belanda Bian, bahkan Belanda menjadi Termasuk 5 Negara Ter-innovasi di Dunia (3). Siapa sangka, air, yang semula menjadi musuh bebuyutan Belanda bisa menjadikan Belanda sebagai Negara yang dikenal Dunia dengan kincir air nya. Ah, Bian bisa belajar sendiri disana lalu Bian ceritakan kembali ke ummi. Siap ke Belanda Bian? Belajar yang banyak disana, kelak kita sukseskan industri api di negara kita, Indonesia. Atau bian saja yang menjadi mentri pertama pemanfaatan api di Indonesia?
Lovely Yours,
Princess Ummi

Referensi:
(1) https://www.studyinholland.nl/about-holland/typically-dutch/how-many-dutch-have-won-a-nobel-prize
(2) http://www.brandweervlaanderen.be/Portals/BVV/Documenten/Kennisdossiers/Vorming%20en%20Opleiding/Nederland.pdf
(3) http://www.hollandtrade.com/media/hollandtrade-publications/holland-compared/index.asp?bstnum=3881&newchart=1

Gambar 1 dan 2: capture dari video http://www.drufire.com/product_range/built-in_gas_fires/dru_metro_100xt.aspx#

Gambar 3 dan 4 : capture gambar http://www.drufire.com/choosing_your_fire/fuel_gas.aspx

Gambar 5 dan 6 : http://www.drufire.com/choosing_your_fire/fuel_gas/the_combustion_system.aspx

Gambar 7 dan 8: capture video http://www.drufire.com/choosing_your_fire/fuel_gas/everything_is_possible_with_dru_powervent.aspx

Sumber Gambar Rumah susun: http://www.newsbuana.com/2013/07/kebijakan-pembangunan-rumah-susun.html