468. SolaRoad, Keajaiban Trek Sepeda dari Belanda untuk Dunia

Penulis : Firsti Khalisatin Nisa
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Mendengar kata Belanda, langsung terbayang dibenak saya akan keindahan alamnya. Dimana terhampar bunga-bunga tulip yang indah, udara yang bebas polusi, keramahan penduduk dan kincir anginnya yang mendunia. Rasanya ingin sekali mengunjungi Negara kecil ini walau hanya sekedar menikmati keindahan alamnya.

image001
Gambar Kota Sluis
Sumber : koleksi pribadi Harumi

Belanda merupakan negara kecil di barat laut Eropa, di pantai laut utara yang memiliki 12 provinsi. Dengan luas wilayah 41.785 km dan sebagian besar wilayahnya merupakan laut yang dikeringkan dan lebih dari separuh wilayahnya lebih rendah dari lautan. Oleh karena itu, orang-orang menyebutnya sebagai “Netherlands” atau “negara rendah”

image002
Gambar Peta Belanda

https://madimuktiyono.wordpress.com/2010/04/27/lulusan-universitas-belanda-menakjubkan/

Negara ini, memiliki daya tarik tersendiri bagi pelajar yang sedang mencari perguruan tinggi di Negara Eropa. Hal ini disebabkan karena banyaknya ilmuan-ilmuan Belanda yang mendapat nobel seperti fisikawan asal Amerika Srikat Nicolaas Bloembergen, Gerardus Hooft, Hendrik Antoon Lorentz dan masih banyak lagi. Tuh kan terbukti bahwa Belanda mampu mencetak genrasi-generasi yang brilian. terlebih lagi dengan desain arsitektur unik setiap universitas-universitasnya .

image003
Gambar Perpustakaan Universitas Leiden

http://duniaperpustakaan.com/perpustakaan-universitas-leiden-belanda-jalin-kerjasama-dengan-indonesia/

Belanda sejak dulu sangan mencintai lingkungan. kecintaan Belanda akan kelestarian lingkungan dan kecerdasan warganya dibuktikan dengan adanya proyek jalur sepeda yang dapat menyerap energi matahari dan merubanya menjadi energi listrik. Proyek ini dimulai dengan sebuah mimpi i darSten de Wit seorang fisikawan dan anggota dari TNO (Toegepast Natuurwetenschappelijk Onderzoek) yang dibangun pada tahun 1932 atau yang biasa dikenal dengan intuisi penelitian Belanda untuk merubah presepsi jalan raya sebagai lalu lintas kendaraan saja. Ia ingin merubah jalan raya sebagai sarana pengganti panel surya dan kendaraan yang melintas dapat memperoleh energi yang dihasilkan oleh jalan ini. Mimpi ini kemudian menciptakan suatu visi untuk masa depan, yaitu generasi dengan energi terbarukan berskala besar dengan sinar matahari yang jatuh pada 450 km2 permukaan jalan setiap harinya. Tujuannya adalah bagaimana listrik yang dihasilkan oleh jalan raya dapat menjadi sumber energi listrik untuk penerangan jalan, sumber energi bagi kendaraan listrik bahkan kebutuhan pasokan listrik bagi rumah tangga. Kemudian, TNO bekerja sama dengan Ooms AVernhorn Groep, Imtech dan pemerintah Provinsi Belanda Utara yang membiayai proyek ini.

image004
Gambar Kerja Sama Pembangunan Proyek SolaRoad

http://worldofwoka.blogspot.com

image005
Gambar Proyek SolaRoad

https://cindhymadden.wordpress.com/2015/04/09/solaroad-the-road-of-the-future-the-road-to-the-future/

SolaRoad dibuat dengan memperhatikan aspek kenyamanan dan keamanan yaitu dengan menggunakan beton berukuran 2,5 hingga 3,5 meter yang ditanam sebagai lapisan paling dasar dan diikuti dengan panel surya sebagai lapisan atasnya yang kemudian dilapisi dengan keca tempered setebal 1 cm dan dilengkapi dengan anti selip khusus agar kendaraan tidak mudah selip saat berjalan diatasnya. Dan juga permukaan SolaRoad dibuat agak miring agar jalan tetap bersih saat hujan tiba. SolaRoad dapat menyerap energi matahari saat siang hari dan merubahnya menjadi energi listrik yang digunakan sebagai energi lampu penerangan saat malam hari. Sten De Wit, mengatakan bahwa suatu saat sepeda dan mobil listrik dapat mengisi bahan bakar secara langsung melalui jalur sepeda tersebut. Ide yang digagas oleh Sten De Wit didasari bahwa belanda memiliki sekitar 140.000 kilometer jalan yang jauh lebih besar dari semua atap rumah jika disatukan dan memiliki lebih dari 25.000 kilometer jalur sepeda yang jika dapat diintegrasikan maka akan mendapat potensi tambahan yang cukup besar untuk menghasilkan listrik tenaga surya. “SolaRoad adalah yang pertama di dunia dan membawa Belanda sebagai pemimpin inovasi yang berkelanjutan” Henk Kamp, seorang menteri dari Belanda beberapa waktu yang lalu

Gambar Spesifikasi Teknik SolaRoad
image006

https://cindhymadden.wordpress.com/2015/04/09/solaroad-the-road-of-the-future-the-road-to-the-future/

SolaRoad pun tak lepas dari sentuhan desain yang indah. Terinpirasi dari karya Van-Gogh Rooseegarde Cycle Lane, Starry Night, SolaRoad dilapisi oleh ribuan batu berwarna hijau dan biru yang akan berpendar saat malam hari karena menyerap cahaya matahari saat siangnya.

image007
Gambar SolaRoad di Malam Hari

http://cdn.earthporm.com/wp-content/uploads/2014/11/van-gogh-starry-night-glowing-bike-path-daan-roosengaarde-1.jpg

Diharapkan energi dapat dihasilkan dari SolaRoad ini sebesar 50 kWh per meter persegi pertahunnya. dan hasil dari energi ini dapat memenuhi kebutuhan energi listrik rumah tangga sebanyak 10.000.000 rumah, padahal di Belanda sendiri terdapat 7.500.000 rumah. Nah, sisa dari energi listrik inilah yang akan digunakan sebagai penerangan jalan di malah hari
Inovasi selalu menjadi nilai luhur tersendiri. Inovasi merupakan usaha bangkit dari pengalaman masalalu yang menyakitkan. Inovasi yang di dasari oleh niat yang kuat akan membuat kita terus maju dan berprestasi. Belanda telah membuktikan bahwa dengan pengalaman masa lalu yang kelam kita dapat membuat perubahan yang bahkan memiliki pengaruh baik di dunia. SolaRoad merupakan salah satu dari sekian banyak inovasi yang dilakukan oleh Negara Belanda.

source

http://www.kembangpete.com/2014/08/24/profil-lengkap-negara-belanda/

https://jimsbikeblog.wordpress.com/2011/02/10/the-path-of-the-sun/

https://deepresource.wordpress.com/2013/01/07/solaroad/