483. Netherlands means water means innovation.

Penulis : NUR INDAH SARI
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan sumber pangan bagi seluruh makhluk hidup. Seluruh elemen kehidupan juga tidak lepas dari air. Tetapi air adalah momok bagi Netherlands. Kata Netherlands dalam bahasa Inggris, atau Nederland dalam bahasa Belanda, memiliki arti “negeri tanah rendah”1. Faktanya sekitar seperempat daratan Belanda berada di bawah permukaan laut, sementara hampir separuhnya hanya berada 1 meter di atas permukaan laut. Bahkan titik tertingginya pun hanya 1,053 kaki atau sekitar 321 mdpl *1. (*1 Diakses dari Eupedia http://www.eupedia.com/netherlands/trivia.shtml )
Posisi tanah rendah ini sangat berbahaya. Hal ini disebabkan oleh air yang tidak bisa mengalir ke lautan yang posisinya lebih tinggi. Tak hanya kerusakan bangunan saja, tapi banjir di sana bahkan dapat menelan ribuan korban jiwa. Sebut saja banjir St. Elizabeth pada tahun 1421 yang menyebabkan lebih dari 10.000 orang di wilayah Zuiderzee (atau yang sekarang disebut Ijsselmeer) tewas3. Di tahun 1953 banjir North Sea juga terjadi di wilayah barat daya Belanda yang menyebabkan kematian 1.853 penduduk dalam satu malam *2 (Michael Kimmelman, Going With the Flow, The New York Times, 13 Februari 2013 diakses dari http://www.nytimes.com/2013/02/17/arts/design/flood-control-in-the-netherlands-now-allows-sea-water-in.html)

Pada musim kemarau Belanda dapat mengalami kekeringan. Kurangnya curah hujan juga tingginya konsumsi air menjadi penyebabnya. Oleh karena itu Belanda melakukan inovasi di bidang air. Yang pertama yaitu Orang-orang Belanda meletakkan bukit-bukit pasir mengelilingi tanah-tanah yang rendah letaknya, di sekitar daerah di pesisir pantai Belgia sampai dengan provinsi Groningen dan Frisland di Belanda bagian Utara. Oleh orang-orang Belanda bukit-bukit pasir ini dinamakan ‘Duinen’ yang artinya ‘Pematang Raksasa’. Pematang raksasa yang berbentuk bukit pasir ini ditanami berbagai macam pohon kayu dan semak belukar. Akar dari pohon kayu dan semak belukar ini bersama-sama dengan daun kayu yang sudah membusuk membuat bukit pasir ini menjadi rekat satu sama lain sehingga tanah pasir ini menjadi tahan, tidak longsor dan tidak terkikis oleh pasang, surut, dan ombak. Tanah pasir ini disebut ‘Veenkleien’ oleh orang-orang Belanda.

image002

https://cybermujahidah.wordpress.com/2010/04/26/belandanegara-bawah-permukaan-air-laut/

Belanda menerapkan sistem polder yang kompleks untuk mempertahankan wilayah Belanda dari ancaman banjir dan air pasang. Sistem ini dimulai di Belanda pada abad ke-11 yang kemudian disempurnakan dengan adanya penggunaan kincir angin pada abad ke-13. Polder adalah dataran rendah yang membentuk daerah yang dikelilingi oleh tanggul. Pada daerah ini air buangan seperti air kotor dan air hujan dikumpulkan di suatu badan air (sungai, kanal) lalu dipompakan ke badan air yang lebih tinggi posisinya, hingga pada akhirnya dipompakan ke sungai atau kanal yang bermuara ke laut. Sistem polder banyak diterapkan pada reklamasi laut atau muara sungai, juga pada manajemen air buangan (air kotor dan drainase hujan) di daerah yang lebih rendah dari permukaan laut dan sungai. Air dalam sistem dikendalikan sedemikian rupa sehingga jika terdapat kelebihan air yang dapat menyebabkan banjir, maka kelebihan air itu dipompa keluar sistem polder.

image004

http://enosrudy-enru.blogspot.com/2012/05/delta-werken-inovasi-belanda-melawan.html

Dan yang tidak kalah hebatnya lagi oleh perusahaan Belanda lainnya yang mengembangkan inovasi teknologi dalam remediasi air yang sangat fenomenal yaitu Norit NV. Yang mana teknologi ini membuat inovasi baru, bukan hanya dapat membersihkan air agar tidak berbahaya bagi lingkungan, namun membuat air limbah yang sebelumnya berbahaya kembali menjadi air yang layak untuk diminum dengan teknologi yang sangat cemerlang ini. Hal ini telah terbukti, dimana setiap harinya perusahaan ini dapat menyediakan air bersih sebagaimana layak untuk diminum yaitu sebanyak 336.000 liter dengan menggunakan seven advanced Perfector-E compact water treatment system mereka. Mereka sudah sering menjadi penyedia air dalam kejadian-kejadian bencana alam, seperti kejadian bencana alam yaitu tsunami di Aceh dan bencana alam lainnya yaitu gempa di Haiti.

image006

image010

http://raisamelia.blogspot.com/2013/05/belanda-berhasil-taklukkan-banjir.html

image011

4. Pengawasan Berteknologi Sensor
Dengan menggunakan sensor, kondisi keamanan terkini tanggul dan muka air dapat diawasi secara terus menerus. Lokasi : Lauwermeer dan Ommelander Groningen (Sumber : Water Innovations, Ministry of Infrastructure and The Environment, 2014)

image012
(Sumber : Water Innovations, Ministry of Infrastructure and The Environment, 2014)

6. Sand Motor (Pasir Gerak)
Proyek konservasi ini dibangun seperti semenanjung pantai menggunakan sebanyak 21,5 million m3 pasir. Diperkirakan setelah 20 tahun akan menjadi tambahan pantai seluas 35 hektar. Lokasi: Ter Heijde