485. Pahlawan di Negeri Belanda

Penulis : Angelica Bunafi
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Seperti yang kita tahu,bahwa sifat api adalah panas, membakar. Hampir semua orang didunia tidak suka dengan api. Namun tak pernah kita sadari bahwa api memiliki kemampuan yang berdampak luar biasa untuk kebaikan hidup manusia. Lihatlah dan rasakan dalam hal yang sederhana.

Apakah kamu tahu kompor? Kompor dirumah kita yang selalu kita gunakan untuk memasak air dan segala makanan pasti menggunakan api.Pernahkah kalian bayangkan ataupun alami,saat kalian terlambat bangun pagi, harus sampai dikantor tepat waktu karena ada meeting bersama dengan client yang berinvestasi besar bagi perusahaan anda, dan pastinya anda ingin memberikan segala hal yang terbaik, pastinya anda harus mempersiapkan penampilan anda dengan baik, dan anda juga sudah terbiasa sarapan pagi. Bila tidak, itu akan mempengaruhi konsentrasi anda, apa jadinya bila tidak ada api dari gas yang dibantu dengan kompor sebagai media untuk anda memasak telur yang hanya memerlukan waktu singkat. Akan menghabiskan banyak waktu bila anda mengambil langkah untuk membeli makanan diluar, pastinya anda akan mencari toko atau warung makan untuk membeli makanan, anda harus menghabiskan waktu untuk mencari, apalagi anda harus mengeluarkan uang.

Tak kita pernah pikirkan hal sederhana itu akan mempunyai dampak yang sangat besar. Dan dapatkah anda bayangkan bila kita tersesat dalam hutan pada malam hari, temperatur suhu yang semakin dingin, satu-satunya yang dapat kita butuhkan adalah api untuk menghangatkan, karena bila tidak ada api, suhu tubuh kita akan semakin menurun dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, kekurangan oksigen dan dehidrasi yang dapat menyebabkan banyak penyakit seperti stroke, bahkan kematian.

Perumpamaan dan cerita singkat tentang api melambangkan negara Belanda yang sering disebut dengan negara kincir ditengah kehidupan rutinitas penduduk Belanda yang unik dan membawa inspirasi. Masyarakat Belanda mempunyai karakteristik yang optimistik dan pekerja keras, sangat teratur dan tepat waktu serta kritis terhadap keadaan sekitar,itulah yang membuat penduduk belanda memperoleh kehidupan yang sejahtera. Karakter mereka seperti api yang membara, bila tidak ada karakter tersebut maka kehidupan penduduk belanda akan jauh dari kesejahteraan dalam aspek kehidupan.

image002
Sumber : Blogspot.com.https://thestoryofwardana.files.wordpress.com/2013/01/kinderdijk-south-holland-netherlands.jpg?w=510&h=318, 25 April 2015

image004
Kehidupan Masyarakat Belanda yang kerja keras, individualistik dan teratur.
Sumber: Google.com.http://farm1.static.flickr.com/30/52614777_cc5bc0e585.jpg, 25 April 2015

Sebagai negara maju, sistem kesehatan di Belanda memiliki sejarah panjang dan cukup berhasil dalam pelaksanaannya. Hal ini terbukti dengan usia harapan hidup penduduk Belanda yang mencapai 82,4 tahun untuk wanita dan 77 tahun untuk pria (2011) . Selain itu, rendahnya angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi di Belanda (berturut-turut 9 kematian ibu/100.000 kelahiran hidup (2008) dan 4,5 kematian bayi/1000 kelahiran hidup (2011)) semakin memperkuat tingginya status kesehatan penduduk Belanda.

Salah satunya adalah jaminan kesehatan yang didapat penduduk negara Belanda dimana setiap penduduk mulai 18 tahun keatas wajib memiliki asuransi kesehatan. Pada tanggal 01 Januari 2006 Belanda memberlakukan undang-undang asuransi kesehatan yang baru. Sesuai undang-undang itu setiap orang pada prinsipnya wajib memiliki jaminan dasar pelayanan kesehatan melalui asuransi. Untuk itu setiap orang bisa memilih salah satu dari sekian banyak perusahaan asuransi yang aktif di Belanda. Sehat itu mahal. Berbeda dengan negara lain yang bersifat Universal Coverage, walaupun dana yang diberikan untuk jaminan kesehatan di Belanda sebesar 14,7% dari APBN negara, namun Belanda cenderung bersifat individualistik.

image006

Menurut peneliti senior di NIVEL (Netherlands Institute for Health Servive Research) dr. Wienke Boerma, PhD mengungkapkan bahwa kekuatan system kesehatan Belanda terletak pada pelayanan kesehatan primer seperti dokter keluarga. Mereka mau mengeluarkan uang untuk membayar jaminan kesehatan terhadap risiko yang mungkin akan dialami kedepan. Timbal balik yang mereka dapatkan adalah fokus pada pelayanan kesehatan primer yang didapat secara maksimal, dimana 1 dokter keluarga melayani 2500 pasien, sehingga pemusatan untuk fokus terhadap kualitas dokter dapat terus ditingkatkan dan pasien tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk pergi ke rumah sakit. Sehingga tingkat kesejahteraan penduduk Belanda mencapai tahap maksimal dan produktif.

image008

Referensi:
Wordpress.com.https://ppirotterdam.wordpress.com/living-in-rotterdam/budaya-masyarakat-belanda/ diunduh 23 April 2015
Okezone.com.http://lifestyle.okezone.com/read/2014/04/14/482/970264/soal-pelayanan-kesehatan-indonesia-diminta-tiru-belanda, 24 April 2015
Ui.ac.id.http://old.ui.ac.id/id/news/archive/4906, 24 April 2015
http://www.kabarindonesia.com/beritaprint.php?id=20071007141929, 24 April 2015