487. Floating Wind Turbine: Lagi-lagi Kincir Angin

Penulis : ASRI MAHARANI
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Angin merupakan salah satu energi berkelanjutan yang ramah lingkungan. Di Belanda, masyarakatnya sudah akrab dengan angin sejak abad ke 14. Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan kincir angin di sektor pertanian. Pada awalnya kincir angin berfungsi untuk mendorong air ke lautan agar terbentuk daratan yang lebih luas. Seiring dengan berkembangnya teknologi, fungsi utama kincir angin kini sebagai penyedia energi.

image001

Kincir angin penyedia energi ini disebut turbin angin (wind turbine). Sampai akhir Desember 2013 Belanda sudah mendirikan 1.975 turbin angin! Padahal Belanda hanya seluas provinsi Jawa Timur. Luas wilayah Belanda yang sesempit itu memaksa mereka terus melakukan inovasi.

Salah satu inovaasi yang dilakukan adalah membangun floating wind turbine. Turbin angin di lepas pantai. It’s brilliant! “Kita tahu di pantai angin bertiup sangat kencang, mengapa tidak dimanfaatkan? Dan luas tanah kita kan sangat sempit.” Mungkin hal tersebut yang terlintas di pikiran orang Belanda saat akan membangun floating wind turbine. Hal tersebut didukung dengan kondisi sumber daya angin yang sangat baik, perairan relatif yang dangkal, dan teknologi industri dalam bidang energi yang berpengalaman.

Salah satu turbin angin lepas pantai yang terkenal adalah Princess Amalia Wind Farm yang terletak 23 km barat dari Egmond Zee di Laut Utara. Terdapat 60 turbin angin yang ditargetkan dapat memasok listrik sebesar 435/Gwh. Princess Amalia Wind Park secara resmi dibuka tanggal 4 Juni 2008.

Selain Princess Amalia Wind Park terdapat pula Egmond aan Zee Offshore Wind Farm (OWEZ) yang memiliki 36 turbin angin dengan kapasitas masing-masing turbin sebesar 3 mw. OWEZ dibangun pada 2006 dan terletak di Egmond aan Zee. OWEZ dimiliki dan dioperasikan oleh shell dan NUON dan dibangun oleh Ballast Nedam and Vestas. Sedangkan Princess Amalia Wind Farm dimiliki oleh Eneco.

image001

Tahun ini ada dua proyek turbin angin yang segera dibangun oleh Belanda yaitu Wind Farm Luchterduinen dan The Gemini Wind Farm. Luchterduinen Wind Farm dimiliki Eneco dan Mitsubishi Corporation yang diharapkan akan segera beroperasi tahun ini. The Gemini Wind Farm dibangun pada 85 km lepas pantai di Buitengaats and Zee-Energie. Gemini dimiliki Northland Power, Siemens, Van Oord and HVC dan akan beroperasi pada tahun 2017.

Pemerintah Belanda memberlakukan hukum The Offshore Wind Energy Law (Wet Windenergie op Zee) dalam menggembangkan turbin angn lepas pantai. The Offshore Wind Energy Law menetapkan bahwa lokasi pembangunan wind farm sudah ditentukan pemerintah. Pemerintah juga yang berperan menginvestigasi lingkungan fisik di lokasi wind farm yang mencakup kondisi tanah, angin dan air.
Pengunaan turbin angin lepas pantai berskala besar memberikan kontribusi nyata Belanda terhadap produksi energi berkelanjutan. Kementerian energi Belanda menyatakan bahwa tahun 2023 Belanda ditargetkan menggunakan energi berkelanjutan sebesar 16%.

So, bagaimana dengan Indonesia? Indonesia termasuk 5 besar negara dengan garis pantai terpanjang. Potensi indonesia menghasilkan bergiga watt energi listrik dari turbin angin jelas terpampang nyata. Namun, selama ini pemerintah belum memberikan perhatian yang lebih untuk hal semacam ini. Indonesia masih saja mengandalkan energi fosil. Berbeda dengan Belanda yang berjuang mengatasi keterbatasan alam, Indonesia terlalu dimanjakan alam…

Referensi
Asjes, Jakob.2010.Environmental Aspects of Offshore Wind Energy.PDF IMARES, Institute for Marine Resources and Ecosystem Studies Floating Wind Turbines.
Bergman, Magda.2011. Five Years OWEZ Wind Farm.PDF.Royal Netherlands Institue For Sea Research Department of Marine Ecology.
Curvers, A dan P.A. Van der Werff.2009. Owez Wind Farm Efficiency.PDF. Ijmuiden: NoordzeeWind
Offshore Wind Energy In The Netherlands.PDF.2015. Netherlands Enterprise Agency (RVO.nl)

http://www.sgurrenergy.com/renewable-case-studies/offshore-wind/

http://en.wikipedia.org/wiki/Princess_Amalia_Wind_Farm Diakses tanggal 18 April 2015
http://en.wikipedia.org/wiki/Floating_Wind_Turbine. Diakses tanggal 18 April 2015
http://www.maritimebyholland.com/news/dutch-maritime-cluster-performs-well/Diakses tanggal 18 April 2015
http://en.wikipedia.org/wiki/OWEZ Diakses tanggal 18 April 2015