488. Daya Juang Belanda dalam Melawan Alam

Penulis : Katlya Setiodini
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image002

Belanda adalah Negara yang menganut demokrasi parlementer yang disusun sebagai negara kesatuan. Ibukotanya adalah Amsterdam sedangkan pusat pemerintahan dan kedudukan monarkinya berada di Deen Hag. Letak belanda yang strategis dan berada di tengah-tengah Eropa membuat Negara tersebut mudah untuk dikunjungi atau mengunjungi Negara lain. Secara letaknya yang berdekatan dengan Jerman dan Prancis. Negara belanda memiliki populasi penduduk yang cukup padat , sekitar 25,8 juta orang dengan luas wilayah hanya 41,548 km. Secara astronomis belanda terletak pada 50 LU-53 LU dan 30 BT – 70 BT. Sedangkan secara geografis belanda berbatasan dengan laut utara disebelah barat dan utara, jerman di sebelah timur dan belgia di sebelah selatan.

image004

Sesuai dengan namanya, Nederland (negeri berdaratan rendah), belanda dikenal dengan permukaan daratannya yang rendah, dimana sekitar 27 persen wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Daratan tertingginya adalah Vaalserberg yang terletak di Provinsi Limburg dengan ketinggian 321 meter di atas permukaan laut. Sedangkan daratan terendahnya terletak di Nieuwerkerk dan Ijssel dimana kerendahannya 6,76 dibawah permukaan laut. Dengan permukaan daratan yang rendah dan letak geografis Belanda yang berbatasan dengan laut utara, membuat Negara Kincir Angin ini sangat berpotensi dilanda banjir. Hal inilah yang mendorong masyarakat Belanda untuk mencapai kemajuan negaranya dengan membuat inovasi-inovasi guna mencegah bajir, salah satunya adalah dengan membangun bendungan-bendungan raksasa. Terdapat 13 bendungan raksasa yang di bangun secara bertahap selama 39 tahun.

image006

Bendungan pertama dibangun Belanda seribu tahun lalu, polder dibuat, danau-danau dikeringkan, dan ketinggian air dikontrol guna membuat daratan belanda tetap mengapung. Daya juang Belanda memang sangat besar dalam mempertahankan negaranya melawan alam. Bendungan pertama selesai dibangun pada tahun 1958 di sungai the Holland Ijssel sebelah timur Rotterdam. Setelah itu dibangun bendungan The Ooster Dam (The Oosterschelde Stormvloedkering) yang panjangnya hampir mecapai 11 kilometer. The Ooster Dam ini membentengi seluruh daratan Zeeland yang langsung berhadapan dengan laut utara. Bendungan terakhir yang dibangun adalah The Maeslantkering pada tahun 1997 yang berada di Muara Nieuwe Waterweg. Tempat ini merupakan kanal yang menjadi gerbang masuk ke pelabuhan Rotterdam. Bendungan-bendungan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai penahan terjangan air yang melanda ke daratan. Bendungan tersebut dijadkan pula sebagai tempat penelitian, serta menjadi panutan teknologi bendungan yang kemudian dipelajari dan diadopsi seluruh dunia.

2015-04-29_173217

Sebagian besar daratan rendah Belanda disebabkan oleh ekstraksi gambut yang meluas serta perluasannya yang kurang terkontrol. Hal tersebut meyebabkan perendahan permukaan setinggi beberapa meter. Karena banyaknya lahan basah di Belanda inilah yang membuat para innovator Belanda menggagas untuk mereklamasikan sebagian daratan negaranya. Reklamasi daratan adalah sebuah proses pembuatan daratan baru dari laut, sungai ataupun danau. Dalam arti lain, reklamasi adalah pengubahan lahan basah menjadi sebuah daratan kering yang biasanya ditujukan untuk kegiatan pembangunan. Sejak akhir abad ke-16 reklamasi daratan di Belanda dimulai. Pada awalnya warga Frisian yang mendiami belanda melakukan reklamasi pantai dan membangun Terpen sebagai penghadang air laut utara. Tetapi pada tahun 1287, terjadi kebobolan Terpen yang menyebabkan banjir besar. Badai dan banjir besar pun terjadi lagi pada tahun 1912. Banjir yang diakibatkan oleh gelombang laut ini menguatkan tekad Belanda untuk segera melaksanakan rencana reklamasi Zuiderzee yang tertunda. Mulai dari tahun 1927 sampai 1933 pembangunan tanggul dilakukan. Tanggul dibangun sepanjang 30,5 km, lebar sekitar 90 meter dan tinggi mencapai 7,25 meter diatas permukaan laut. Tanggul ini dinamakan Afsluitdijk. Afsluitdijk adalah salah satu konstruksi yang terkenal di Belanda. Tanggul ini memisahkan danau Ijssel (Ijsselmeer, dulunya disebut laut zuider atau zuiderzee) dengan laut wadden (Waddenzee). Daratan baru hasil dari reklamasi menghasilkan sebuah provinsi baru bernama Flevoland yang dulunya adalah lautan.

Referensi :

http://market-insight.blogspot.com/2010/04/dibalik-bendungan-belanda.html

http://akip098.blogspot.com/2014/08/sekilas-tentang-reklamasi.html

https://diaryofviviana.wordpress.com/home/mengenal-belanda/

http://bisewon.blogspot.com/2012/02/profile-singkat-negara-negara-di-eropa.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda

Sumber gambar

http://media.tumblr.com/5f4de2763dfcdd87b611596a73543ebd/tumblr_inline_mmoy6yepDm1qz4rgp.png

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/2a/Oosterscheldekering-pohled.jpg

http://www.holland.com/upload_mm/b/2/e/30752_fullimage_maeslantkering1_560x350_560x350.jpg

https://www.lorentz.leidenuniv.nl/history/zuiderzee/afsluit.jpg