494. BELANDA : BERSEPEDA? SIAPA TAKUT

Penulis : Shintia Negu Mude
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Dalam batas-batas yang wajar manusia dapat memilih kapan dan apa yang hendak dimakan atau diminum. Namun pilihan ini tidak tersedia dalam hal bernafas. Dalam keadaan baik ataupun buruk, dan tanpa memperdulikan kualitas udara itu sendiri, kita harus terus bernafas secara terus menerus. Apa yang berlaku bagi manusia dalam hal ini juga berlaku bagi makhluk hidup lainnya. Karena itulah kondisi udara di sekeliling kita merupakan suatu masalah yang langsung dan terus menerus. Bahwa udara yang terpolusi merusak kesehatan manusia, terutama pada sistem pernapasan kita, telah banyak dikemukakan dalam banyak penelitian-penelitian.

Masalah pencemaran udara di negara-negara didunia, sangat dipengaruhi dan berbeda oleh berbagai faktor yaitu: tofografi, kependudukan, iklim dan cuaca serta tingkat atau angka perkembangan sosial ekonomi dan industrialisasi. Masalah-masalah ini akan meningkat keadaannya, jika jumlah penduduk semakin meningkat yang mengakibatkan jumlah penduduk yang terpapar polusi udara juga meningkat.

Melihat masalah penyebab pencemaran udara di atas, maka tidak menutup kemungkinan bahwa masalah pencemaran udara akan di alami Negeri Van Oranje (Belanda), namun sayang hal tersebut hanya akan menjadi mimpi untuk Negeri Van Oranje tersebut sebab negara yang di kenal dengan negara Tulip dan seribu kincir angin ini telah lebih dulu sadar dan berpikir untuk mengatasi sebelum terjadi.
Negeri Van Oranje mampu berinovasi untuk menjaga kualitas Udara yang baik, Negara ini sadar betul bahwa salah satu penyebab polusi udara akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan pribadi, untuk itu melalui Pemerintah Inovasi terlahir, Inovasi inilah yang kemudian membuat masyarakat untuk berpikir 1x,2x,3x atau bahkan berkali-kali “Apakah penting untuk memiliki kendaraan pribadi?”
- Harga Bahan bakar Minyak (BBM) yang tidak bersubsidi
- Biaya parkir kendaraan yang Mahal serta Tidak semua Rumah dan Apartement memiliki tempat parkir, sehingga bagi yang memiliki kendaraan harus membayar biaya sewa parkiran
- Membuat Surat Ijin Mengemudi di belanda tidaklah semudah membuat Sim di negara Indonesia, dan biaya yang di kenakan untuk pembuatan SIM juga dapat di katakan tidak murah
- Semakin Tua sebuah kendaraan maka semakin tinggi pajak kendaraan tersebut
- Di belanda Kendaraan harus rutin di periksa untuk mencegah polusi udara serta menghindari dari kecelakaan namun biaya bengkel yang di keluarkan tidaklah sedikit (Mahal)
- Asuransi kecelakaan

Hal inilah yang membuat kemudian pemerintah sadar betul jika ingin berinovasi untuk mendapatkan kualitas udara yang baik, maka masyarakat juga perlu di perhatikan dengan menyediakan transportasi public sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Yang menjadi keistimewaan dari masyarakat Van Oranje ialah ketika mereka menyadari bahwa dengan bersepeda maka setidaknya mereka telah turut berkontribusi dalam kebersihan, bergaya hidup sehat, dan menjadikan sistem transportasi lebih efisien, yang kemudian menjadi pelajaran tersendiri untuk masyarakat negara lain.

Melihat tren bersepeda di negaranya, Pemerintah Negeri Van Oranje pun sigap menyikapinya. Mereka mulai membangun jalur- jalur sepeda, tempat parkir, hingga peraturan lalu lintas bagi pengendara sepeda. Dan Untuk pertama kalinya di Dunia negeri Van Oranje mencatat sejarah sebagai negeri yang memiliki jalur sepeda yang terbuat dari panel tenaga surya, proyek revolusioner yang ditujukan untuk menyimpan energi matahari yang dapat dimanfaatkan untuk menerangi jalanan di malam hari dan manfaat lainnya bagi kendaraan bertenaga listrik, energi yang diciptakan dari jalan ini nantinya mampu memberikan daya pada lampu jalan dan lampu lalu-lintas atau bahkan peralatan rumah tangga. tergambar sudah bagaimana negri Van Oranje ini terus membangun Inovasi berkelanjutan dengan satu Visi “Kualitas Udara Yang Baik” namun mmberi dampak postif pada Penghematan Listrik dengan memanfaatkan energy matahari, Jadi tak salah jika pemerintah Di Negeri Van Oranje menjadikan sepeda sebagai alat transportasi yang Istimewah.

Kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat negeri Van Oranje untuk melahirkan Inovasi dan membesarkan Inovasi guna mendapatkan kualitas udara yang baik memang patut di ancungi Jempol, Keberhasilan Negeri Van Oranje telah membuat Negara-Negara di dunia untuk memandang dan melihat bahwa Bersepeda sudah sepantasnya diterapkan karena terbukti sepeda telah menjadi kendaraan hemat anti polusi dan efek dari bersepeda yang dapat menyehatkan.

image002
Jalur sepeda bertenaga surya ( http://www.cnnindonesia.com/internasional/20141113144324-134-11321/belanda-resmikan-jalan-bertenaga-surya/ )

image004
Rambu-rambu khusus pesepeda di belanda, yang menunjukan arah dan jarak ke kota terdekat

http://hannasiahaan.blogspot.com/2013/04/menjelajah-belanda-dengan-sepeda.html

image006
Jalur merah merupakan jalur khusus bagi pesepeda.

http://hannasiahaan.blogspot.com/2013/04/menjelajah-belanda-dengan-sepeda.html

Referensi

http://hannasiahaan.blogspot.com/2013/04/menjelajah-belanda-dengan-sepeda.html

https://www.youtube.com/watch?v=BKCTFEvmZ5o “Kota sepeda Belanda – City bike

https://www.youtube.com/watch?v=R2IxdZl2gRw “Di Belanda jalur sepeda bertenga surya
mulai dioperasikan – NET17”

http://m.internasional.rimanews.com/eropa/read/20141114/182687/Pertama-di-Dunia-Belanda-Perkenalkan-Jalur-Sepeda-Tenaga-Surya

http://www.cnnindonesia.com/internasional/20141113144324-134-11321/belanda-resmikan-jalan-bertenaga-surya/