500. FANTASI MOBIL TERBANG, TERCIPTA DI LANGIT BELANDA

Penulis : Auditya Sari
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Berbicara tentang Belanda, apa yang kalian ingat? Penjajahan di tanah Indonesia selama 350 tahun lamanya? Tim sepakbola nasional yang selalu lima besar dalam sejarah piala dunia? Atau segala upaya pemerintahnya dalam mempertahankan wilayah Negara yang sebagian besar berada dibawah permukaan laut? Jika kita gali lebih dalam, ternyata Negara dengan luas tidak lebih dari luas Pulau Jawa ini mempunyai banyak inovasi diberbagai elemen kehidupan.

Warga Belanda terkenal dengan sikap keterbukaan, toleran dan suka kebebasan.
Rupanya sifat bebas yang dimiliki warga belanda, menjadi faktor kemajuan bangsa. Mereka bebas untuk menyampaikan aspirasi, baik saran, kritik atau solusi untuk masalah negaranya. Selain itu, topografi wilayah yang kurang beruntung menjadi pemicu warga belanda sehingga mereka “dipaksa” terus menerus harus berfikir kreatif dan memunculkan inovasi-inovasi terbaru bagi negaranya agar tidak tergantung dengan Negara lain. Bentuk kreatifitas Belanda salah satunya dapat kita lihat mobil terbang seperti yang ada difilm Harry Potter, tanpa sihir mobil terbang garapan Pal-V Europe NV dapat berjalan baik di darat atau di udara.

PAL-V (Personal Air and Land Vehicle) Europe NV adalah sebuah perusahaan manufaktur Belanda yang mengembangkan sebuah pesawat roadable, atau lebih sederhananya, mobil terbang. Mobil terbang hasil inovasi Belanda ini diberi nama PAL-V ONE.

Pencetus ide PAL-V ONE, John Bakker, menghabiskan waktu selama enam tahun untuk desain. Dalam istilah penerbangan, PAL-V ONE merupakan autogyro atau gyrocopter, jenis dari helikopter yang menggunakan rotor autorotasi untuk mengembangkan mesin bertenaga baling-baling yang terpisah untuk mendorongnya.

image002
Gambar 1. PAL-V ONE (Dok. PAL-V NV)

Ketika berada di tanah, baling-baling dan rotor dihentikan dan komposisi tenaga dialihkan ke roda, yang memungkinkan untuk melakukan perjalanan sebagai mobil roda tiga. Inovasi ini dipelopori oleh teknisi dari Belanda dan didanai serta dipatenkan oleh perusahaan kendaraan dari Belanda juga. Boleh dikatakan PAL-V ONE merupakan inovasi kreatif dari dan untuk Belanda. Kecil-kecil cabe rawit ya si Belanda!

PAL-V ONE adalah sebuah model prototipe yang telah uji terbang pada tahun 2012. Estimasi harga satuan pada tahun uji coba adalah $300.000, atau sekitar Rp3.878.250.000.000. Selain kreativitas, inovasi dan produktivitas yang patut di tiru dari Negeri Oranje ini, rupanya Belanda juga mengajarkan kita tentang mahalnya sebuah ide.
Mobil terbang olahan Belanda ini mempunyai dua kursi dan mesin penerbangan 160kW bersertifikat, memberikan kecepatan tertinggi 180 km/jam (112 mph) di darat dan di udara. PAL-V ONE mampu mengangkut beban maksimum lepas landas sebesar 910 Kg.

image004
Gambar 2. PAL-V One ketika dikendarai ((Dok. PAL-V NV)\

Menurut PAL-V Europe, ketinggian penerbangan mobil terbang ini dapat mencapai 4.000 kaki, yang berarti kendaraan dapat dioperasikan tanpa mengajukan rencana penerbangan. Sementara Bakker sendiri menyebutkan, pengendara dapat dengan mudah mengendarai PAL-V One di jalan raya maupun udara dengan rasa aman aman dan terkendali menggunakan bantuan navigator GPS.

image006
Gambar 3. PAL-V ONE ketika mengudara

Pada Mei 2014, produsen mengumumkan PAL-V ONE akan resmi diproduksi dengan edisi eksklusif terbatas 45 unit seharga $500.000 euro. Distribusi pertama akan diedarkan pada tahun 2016/2017.
Proyek PAL-V ONE ini merupakan bukti nyata kesungguhan dan kreatifitas Belanda dalam berinovasi dalam teknologi. Belanda tidak hanya membuktikan mampu bertahan dalam kondisi topologis yang tidak menguntungkan, namun juga membuka mata kita bahwa negara yang hanya berupa 0,008% bagian dari dunia itu tidak boleh dipandang remeh atas inovasi dan produktivitasnya.

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/PAL-V

http://www.futurecars.com/futurecarscom/future-cars/flying-cars/pal-v-one-future-fantasy-trike