508. Di Langit Belanda

Penulis : GISELA RARAS KUSUMANING NATALI
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

image002

Keamanan negara tidak hanya dijaga di sektor darat, sektor laut dan udara pun menjadi sektor penting dalam menjada ketahanan negara. Meskipun ukuran negara Belanda tidak besar, angkatan udara Belanda memiliki andil cukup besar untuk keamanan negara ini. Kekuatan angkatan udara dapat dilihat dari kekompakan personilnya, senjatanya, maupun dari kendaraan dan perlengkapan yang digunakan. Mari kita lihat satu persatu penjelasannya

Angkatan udara Belanda yang biasa disebut Koninklijke Luchtmacht awalnya hanya beranggotakan 4 orang pilot. Sejak setelah Perang Dunia I, kekuatan angkatan udara Belanda semakin kuat dan berkembang. Hingga sampai saat ini, angkatan udara Belanda telah melalui Perang Dunia ke II, Perang Dingin, membantu pembebasan Yugoslavia, dan berbagai misi kemanusiaan.

Tentunya, dibalik personil yang tangguh terdapat pemimpin yang hebat. Kursi pimpinan Koninklijke Luchtmacht saat ini diisi oleh seorang Komandan bernama Lieutenant General Alexander Schnitger. Pusat komando angkatan udara Belanda berlokasi di Breda. Namun, pusat setiap jenis pesawat dan helikopter berbeda – beda.

image003
(Komandan Lieutenant General Alexander Schnitger)

Jenis pesawat dan helikopter yang digunakan juga menjadi salah satu faktor yang penting dalam menunjang aktivitas Koninklijke Luchtmacht . Begitu banyak pesawat militer dan helikopter yang dimiliki, inilah bebeapa jenis yang memegang peranan penting di skuat angkatan udara Belanda.

image005

1. AB-412 search and rescue helicopter
Seperti namanya, helicopter jenis ini memang dipergunakan untuk pencarian korban dan penyelamatan korban. Meskipun kecil, helikopter ini dapat mengangkut 3 orang korban. Helikopter ini juga dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai seperti peralatan pernafasan, monitor pengukur detak jantung, peralatan operasi ringan, dan tentunya peralatan penanganan pertama pada kecelakaan
2. Alouette III helicopter
Helikopter jenis ini biasanya digunakan untuk penerbangan penting seperti penerbangan untuk keluarga kerajaan.
3. Apache AH-64D attack helicopter
Sebagai angkatan udara yang hebat, Belanda menggunakan helikopter jenis ini untuk menjangkau daerah – daerah terpencil maupun daerah yang tertinggal yang sulit dijangkau dengan kendaraan darat.
4. Boeing CH-47D Chinook Transport helicopter
Helikopter yang memiliki 2 baling – baling ini sering digunakan untuk misi kemanusiaan seperti memberikan bantuan bencana. Disisi lain, CH-47D juga digunakan untuk mengawasi penangkapan ikan secara ilegal dan latihan penerbangan.
5. Dornier 228-212 coast guard
Seperti namanya, pesawat kecil ini biasa digunakan untuk melakukan pengamanan di daerah pesisir pantai dan dataran rendah.
6. Eurocopter AS-532U2 Cougar MK-II transport helicopter
Walaupun namanya merujuk pada helikopter untuk mengirimkan barang, helikopter jenis ini juga bisa melakukan pemadaman api, dan sering digunakan untuk pengiriman obat – obatan.

image007

7. F-16
Pesawat tempur yang sangat terkenal ini dipergunakan oleh Belanda sebagai salah satu alat untuk menjaga ketahanan dan keamanan negaranya.
8. Fokker-50
Ini merupakan pesawat milik angkatan udara Belanda yang paling sering digunakan dan sengaja diperjual belikan atau disewakan untuk digunakan secara pribadi.
9. Gulfstream IV
Pesawat Gulfstream IV memiliki tugas untuk melakukan panduan dan pengontrolan terhadap suatu misi.
10. Lockheed C-130 Hercules
Pesawat ini mempunyai tugas untuk melakukan misi kemanusiaan. Karena pesawat jenis ini dianggap pesawat yang tidak terlalu besar, maka pesawat ini tidak memiliki kesulitan ketika keadaan lokasi yang dituju tidak terlalu luas.
11. McDonell Douglas KDC-10/DC-10
Biasa digunakan untuk mengangkut barang dengan jarak jauh merupakan tugas dari pesawat jenis ini. Selain itu, pesawat jenis ini dapat membatu pengisian bahan bakar pesawat lain di udara.
12. NH90
Helikopter yang biasa digunakan untuk melakukan taktik ketika melaksanakan misi dan biasanya diperuntukan bagi kapal – kapal maritim besar.
13. Pilatus PC-7 Turbo Trainer
Pesawat ini biasa digunakan sebagai pesawat latihan angkatan udara Belanda
Pesawat F-16 diletakkan di Leeuwarden and Volkel. Untuk pesawat dan helikopter untuk transportasi atau pengiriman, diletakkan di Eindhoven. Sedangkan helikopter dan pesawat untuk pertahanan, diletakkan di Gilze-Rijen.

Senjata yang digunakan oleh angkatan udara Belanda pun beraneka ragam. Mulai dari yang besar hingga yang kecil. Mari kita lihat senjata – senjata yang mereka gunakan dalam menjaga keamanan negaranya.

image009

1. AGM-65 Maverick
Biasa digunakan untuk target yang berada di atas permukaan tanah dan penembakan ke target dilakukan dengan F-16 pesawat untuk melakukan pengeboman.
2. AIM-120B Radar-guided Missile
Keistimewaan misil ini adalah memiliki radar di setiap misilnya. Sehingga, dengan adanya radar memudahkan pemantauan terhadap target.
3. AIM-9 Sidewinder
Senjata jenis ini memiliki teknologi infrared. Infrared memfokuskan misil pada panas mesin target, sehingga tembakan yang diarahkan ke target sangat akurat.
4. Colt C7/C8NLD 5.56mm
Senjata yang wajib dimiliki oleh setiap personil angkatan udara Belanda. Memiliki kemampun menjangkau target hingga 400 meter.
5. Glock 17-9mm pistol
Merupakan senjata kedua setelah Colt C7/C8NPD 5.56mm yang harus dimiliki setiap personil. Senjata semi otomatis yang biasanya digunakan untuk menembak target jarak dekat.
6. Laser guided bombs
Senjata berupa bom yang dijatuhkan dan dilengkapi dengan laser agar target dapat terkena secara akurat.
7. Mag 7.62mm machine gun
Senjata otomatis yang cukup mengerikan. Kekuatan tembakannya dapat melumpuhkan target baik jarak dekat maupun target jarak jauh.
8. Patriot air-defence system

Rudal yang bisa digunakan untuk pertahanan udara. Tak hanya dapat melumpuhkan pesawat dan helikopter, rudal ini juga bisa melumpuhkan rudal balistik.
Itulah peralatan dan kendaraan yang mendukung kekuatan Angkatan Udara Belanda selain ketangguhan personilnya. Melalui peralatan dan kendaraan yang digunakan, Belanda dapat menjaga kedaulatan negaranya dan membuktikan kekuatannya di dunia sebagai penakluk angkasa yang hebat.

http://www.defensie.nl/english/organisation/air-force/contents/materiel/aircraft-and-helicopters

http://www.defensie.nl/english/organisation/air-force

http://www.defensie.nl/english/organisation/air-force/contents/tasks

http://www.defensie.nl/english/organisation/air-force/contents/commander-of-the-royal-netherlands-air-force

http://www.defensie.nl/english/organisation/air-force/contents/bases-and-units

http://www.defensie.nl/english/organisation/air-force/contents/materiel/arms