509. TAK HANYA SEKADAR BUATAN

Penulis : GISELA RARAS KUSUMANING NATALI
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Belanda menjadi negara pertama, baik di daratan Eropa maupun di dunia, yang berhasil membangun dataran buatan yang ditinggali makhluk hidup lebih dari 5 abad lamanya. Tentunya keberhasilan ini di bangun tahap demi tahap. Kota – kota seperti Rotterdam, Amsterdam, dan Nieuwerkerk lah yang menjadi saksi betapa hebatnya Belanda menaklukan salah satu elemen kehidupan yang ada di dunia, yaitu tanah.

Pembangunan bendungan atau dam di berbagai lokasi di Belanda sudah diperbincangkan oleh khalayak ramai sejak proyek pencegahan banjir yang dicanangkan pemerintah Belanda tahun 1950an. Proyek – proyek tersebut sudah dapat kita lihat dampaknya pada kehidupan di masa kini. Namun, setelah elemen api, air, dan udara yang telah ditaklukan Belanda, apakah hanya hal itu yang dilakukan Belanda untuk menaklukan tanah? Jawabannya tidak.

image001

Bukti perkembangan dan penaklukan terhadap tanah tersebut masih dapat kita lihat melalui pembangunan Maasvlakte di Pelabuhan Rotterdam. Dulunya Rotterdam yang merupakan salah satu pelabuhan penting di benua biru, tidak memiliki akses yang mudah untuk mencapainya. Berkat seorang insinyur bernama Pieter Caland, bukit pasir Hoek van Holland yang memperlambat jalur menuju Pelabuhan Rotterdam dipotong dan dibangun jalur pelayaran baru. Perubahan pelabuhan Rotterdam tidak hanya sampai disitu. Pemerintah Belanda terus – menerus mengembangkan dan menjadikan Rotterdam sebagai salah satu pintu menuju perdagangan dunia melalui pembangunan Maasvlakte.

image002
Gambar 2: Pelabuhan Rotterdam

Apa sih Maasvlakte itu? Maasvlakte adalah kawasan industri yang dibangun dengan membuat daratan baru di Laut Utara sebagai perpanjangan Pelabuhan Rotterdam. Maasvlakte 1 dibangun mulai tahun 60an hingga 1973. Maasvlakte 1 dibangun dengan membuat timbunan tanah berbentuk lingkaran, yang kemudian dibagian tengahnya disemprotkan pasir untuk membentuk sebuah daratan. Pasir ini disemprotkan dari Laut Utara dengan menggunakan Kapal Keruk dan Kapal Tuah.

image003
Gambar 3 : Maasvlakte 1

Di tahun 2008, Pemerintah Belanda kembali menjalankan proyek Maasvlakte 2 dikarenakan kapasitas perdagangan Belanda kian meningkat hari demi hari. Maasvlakte 2 ini mencakup tanah seluas 2000 hektar. Ini menghasilkan perluasan Pelabuhan Rotterdam hingga 6000 hektar. Nantinya perluasan ini akan terus dilakukan hingga seluas 12500 hektar.Biaya yang digunakan untuk membangun proyek ini pun tidak tanggung – tanggung. Pemerintah Belanda rela mengucurkan dana hingga 3 miliar Euro untuk pembangunan Maasvlakte 2. Jumlah ini setara dengan hampir 50 trilyun Rupiah. Fantastis!

image004
Gambar 4 : Gambar Rencana Maasvlakte 2

Terdapat beberapa kincir angin di Maasvlakte 2 sebagai pembangkit listrik. Selain itu, ada juga break water yang di kawasan ini. Pasir yang belum rata pun ditumbuhi rumput sebagai penguat dataran buatan tersebut. Jika berkunjung ke Belanda, kita dapat melihat seluruh informasi mengenai perkembangan penaklukan terhadap tanah ini di kantor MV 2 di kawasan Maasvlakte 2. Mulai dari laut lepas hingga selesainya proyek tersebut di tahun 2030 nanti.

image005
Gambar 5: Perkiraan hasil Maasvlakte 2 di tahun 2030

image006
Gambar 6: Kantor MV 2 yang di dalamnya terdapat informasi perkembangan Maasvlakte

Penaklukkan terhadap tanah ini bukan semata – mata untuk menunjukkan keunggulan Belanda dalam membangun daerah buatan di atas permukaan laut. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk akan siapnya Belanda dalam menghadapi globalisasi. Globalisasi membuat persaingan antar negara menjadi semakin ketat. Ini membuktikan bahwa Belanda sangat konsen dan memberikan perhatian ekstra terhadap akses perkembangan negaranya.

http://kabarinspirasi.blogspot.com/2014/01/profil-rotterdam-kota-anti-banjir.html

https://www.maasvlakte2.com/en/index/show/id/94/project

http://bisnis.liputan6.com/read/2049754/port-of-rotterdam-pelabuhan-raksasa-berusia-731-tahun?p=1

http://www.tuanguru.com/2013/04/Pelabuhan-Rotterdam.html

http://mv2.maasvlakte2.com.jpeg

http://mv2-plan.hnsland.nl.jpg

http://mv-2workmaasv2.wordpress.com.jpeg

http://sluiting-maasvlakte-1-eic-mainport.nl.jpg

http://nieiwlanderfgoed.nl.jpg