510. Jalan Penghemat Listrik

Penulis : GISELA RARAS KUSUMANING NATALI
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Kebutuhan listrik yang besar menyebabkan Belanda harus mencari alternatif lain guna memenuhi kebutuhan listrik yang dibutuhkan penduduknya. Melihat jumlah pengguna sepeda di Belanda yang lebih banyak tiga kali lipat dari jumlah penduduk di Belanda, terbersitlah ide untuk mengembangkan teknologi jalan yang dapat menghasilkan listrik.

Pengembangan teknologi jalan penghasil listrik ini memakan biaya hingga lebih dari 42 miliar Rupiah. Belanda menamai teknologi ini Solaroad, berupa jalur sepeda yang sebenarnya di bawahnya tertanam panel tenaga surya. Pengembangan Solaroad sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, semenjak prototype pertama dibuat tahun 2010. Inovasi dan perkembangan terus dilakukan tahun demi tahun agar Solaroad dapat sepenuhnya terwujud. Pada tahun 2014, wujud nyata hasil riset pengembangan Solaroad dapat dilihat dari pembangunan jalan di dekat Krommenie yang mengimplementasikan langsung teknologi Solaroad sebagai jalan. Jalan di Krommenie dipilih sebagai yang pertama karena jalan itu selalu ramai dilalui pesepeda dan disinari matahari. Selain itu, teknologi lama yang telah diterapkan di jalan ini akan segera dihapuskan, sehingga dipilihlah jalan ini sebagai daerah pertama yang menerapkan Solaroad.

image002

Ide awal pembuatan Solaroad berasal dari TNO, lalu Ooms Civiel dan Imtech melakukan kerjasama untuk ikut mengembangkan teknologi ini. Provinsi Noord-Holland menjadi lokasi pertama yang dipilih untuk diterapkannya Solaroad.

image005

Bila diurutkan dari bagian terbawah, susunan teknologi ini terdiri dari panel surya yang terbuat dari kristal silikon, kaca tempered, dan bahan antiselip yang melapisi kaca. Keamanan pesepeda sangat diperhatikan dengan 3 hal utama yang menjadi alasannya. Pertama, permukaan jalan yang anti selip memastikan pengendara memiliki keamanan ketika melalui Solaroad ini. Permukaan anti selip masih terus menerus diuji kemampuannya di laboratorium hingga kini agar benar – benar aman dilalui pengendara.

image006

Kedua, kekuatan lapisan kaca tempered harus kuat menahan berbagai macam tekanan, termasuk tekanan kendaraan selain sepeda. Selain itu, kaca tempered juga harus kuat terhadap perubahan lingkungan. Kekuatan lapisan kaca ini juga masih diteliti di laboratorium menggunakan tes mekanik dan termal. Ketiga, diujung setiap ujung panel solaroad diberi bahan prefebrikasi yang dapat menyamarkan perbedaan tinggi pada jalan, sehingga pengguna nyaman ketika melewati panel Solaroad. Pemberian bahan prefebrikasi ini juga menghidarkan jalan dari kerusakan di tanah maupun efek dari perubahan lingkungan terutama suhu.

image007

Kedepannya, Solaroad masih akan terus dikembangkan. Bahan yang dipakai hingga harga akan terus menerus dievaluasi guna memaksimalkan kemampuan Solaroad. Rencananya 90% dari total panjang jalan di Belanda akan terlapisi dengan Solaroad pada tahun 2030. Tenaga yang tersimpan di Solaroad ini akan sepenuhnya dipergunakan untuk energi listrik di rumah, lampu jalan, dan banyak lagi. Ini membuktikan bahwa Belanda mampu menaklukan tenaga panas menjadi hal yang berguna.

image003

http://www.solaroad.nl/en/beeldbank/

http://www.solaroad.nl/en/hoe-is-het-idee-ontstaan/

http://www.solaroad.nl/en/ontwikkelingstraject/

http://www.solaroad.nl/en/toekomstperspectieven/

http://www.solaroad.nl/en/de-techniek/

http://www.solaroad.nl/en/faq/