511. Hovenring: Sebuah Hadiah dari Negeri Sepeda untuk Pengendara Sepeda

Penulis : Tiffany Nasya Massie
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Belanda. Ketika mendengar nama negara ini disebut, terkenalnya Belanda sebagai negeri sepeda pun melintas dalam benak saya. Saya lantas tersenyum memikirkan keindahan negeri ini dengan keramaian sepeda yang ramah lingkungan dan memiliki suasana yang mengundang berbagai masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Terdapat 18 juta sepeda di negeri kincir angin ini, yang berarti lebih dari satu sepeda per kepala dari seluruh populasi yang ada. Bahkan, dapat dikatakan bahwa jumlah pengendara sepeda terbilang cukup besar, yaitu 99,1 % dan 27% dari seluruh perjalananan dilakukan dengan menggunakan sepeda. Hal ini menunjukkan begitu besarnya peran sepeda di negeri Belanda yang berimbas pula pada pengurangan polusi udara. Menurut saya, sepeda dan Belanda merupakan kedua hal yang tidak dapat dipisahkan, bahkan telah melekat sebagai identitas negara ini. Identitas yang mengundang senyum. Identitas yang begitu indah. Terkenalnya negeri Belanda sebagi negeri sepeda telah berlangsung sejak berabad-abad lalu dan menjadi sebuah budaya bagi masyarakatnya. Bahkan saya yakin ketika sejumlah orang ditanya apa yang terlintas pertama di pikiran ketika mendengar nama negara tesebut, negeri belanda sebagai negeri sepeda pun akan melintasi benak.

Jalur khusus sepeda kemudian dibuat sebagai upaya pemerintah untuk mencapai ketertiban lalu lintas, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa pengendara sepeda memberikan kuantitas yang cukup tinggi dalam tingkat kecelakaan lalu lintas, yaitu mencapai 40% dari keseluruhan kecelakaan lalu lintas, yang berarti sekitar 9.000 orang per tahunnya.

Pemerintah Belanda pun melakukan inovasi dengan membangun sebuah fasilitas nan modern. Pembangunan tersebut tak lain ditujukan sebagai bentuk kepedulian terhadap pengendara sepeda. Inovasi tersebut ialah Hovenring, sebuah jembatan gantung khusus bagi pengendara sepeda yang terletak di kota Eindhoven.

image002
Gambar 1 : kondisi Jalan raya di kota Eindhoven sebelum adanya Hovenring

Gambar di atas ini menunjukkan sebuah jalan raya utama di kota Eindhoven, (sebelum adanya hovenring) dimana setiap harinya sekitar 25.000 kendaraan melintas. Hovenring memberikan sebuah perubahan bagi masyarakat dengan meningkatkan keamanan dan keselamatan pengendara sepeda. Dengan adanya hovenring, dapat meminimalisir kemungkinan adanya kecelakaan lalu lintas.

image004
Gambar 2 : Rute hovenring

Pemerintah Belanda benar-benar maksimal dalam memberikan hadiah kepada masyarakatnya. Terlihat dari pembangunan dan design Hovenring yang begitu megah, menimbulkan decak kagum kepada setiap turis maupun rakyat dari berbagai negara lain. Pembangunan Hovenring menghabiskan biaya yang tidak sedikit, yaitu 6,3 juta Euros, bahkan rekonstruksi secara keseluruhan menghabiskan biaya sekitar 20 juta Euros. Jembatan gantung yang dibuat khusus bagi pengendara sepeda tersebut merupakan sebuah terobosan baru yang dibuat oleh Belanda dalam bidang arsitektur yang mengedepankan efisiensi dan keamanan. Hovenring pun telah menjadi nominasi untuk berbagai ajang bergengsi seperti Belgian Steel Construction Award, Dutch Design Award Finalist, bahkan masuk di dalam majalah National Geoprahic yang merupakan sebuah prestasi tersendiri. Inovasi yang dilakukan negeri Belanda ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat, tetapi juga merupakan salah satu bukti nyata dalam perkembangan infrastruktur yang membawa negeri ini ke tingkat selanjutnya dan mempunyai kapasitas bersaing dengan negara lainnya.

Hovenring merupakan sebuah inovasi gemilang yang dilakukan Belanda. Sejak dibangun pada tahun 2011 dibuka untuk publik pada tahun 2012, jembatan ini selalu ramai dilintasi oleh beribu-ribu pengendara sepeda setiap harinya. Manfaat akan adanya pembangunan tersebut benar-benar dirasakan oleh pengendara sepeda. Tidak heran, bahwa hovenring merupakan sebuah hadiah indah yang diberikan oleh negeri sepeda kepada pengendara sepeda.

image006
Gambar 3 : Design & Bangunan Hovenring

image007
Gambar 4 : Design & Bangunan Hovenring

Referensi (termasuk foto):

1. https://bicycledutch.wordpress.com/2012/08/23/spectacular-new-floating-cycle-roundabout/
2. http://netherlandsbynumbers.com/2013/08/31/10-questions-about-the-dutch-and-their-bikes/
3. https://www.spokefly.com/blog/top-10-countries-bicycles-per-capita/
4. http://hovenring.com/gallery