513. BELANDA….

Penulis : Yeni Pijayani
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

image001

BELANDA…

Siapa yang tak mengenal negara yang satu ini. Negara yang terkenal dengan bunga tulip dan kincirnya yang mampu menakjubkan dunia. Selain terkenal dengan keunikannya tersebut, Belanda juga merupakan negara pelopor lingkungan yang telah berhasil mengatasi berbagai macam polusi. Belanda gencar melakukan inovasi-inovasi dalam mengembangkan teknologi dan strategi penanggulangan pencemaran lingkungan. Lingkungan telah menjadi kekuatan dalam pengembangan pembangunan yang ada di Belanda. Selama berabad-abad, Belanda melakukan inovasi untuk mengontrol dan melindungi lingkungan. Belanda telah mengembangkan beberapa teknologi lingkungan yang paling maju di dunia sehingga Belanda unggul dalam pengolahan limbah, pemurnian air, perbaikan tanah, dan pengelolaan lingkungan serta sebagai tempat konsultasi mengenai masalah lingkungan.

Kebijakan lingkungan yang progresif di negara ini dan praktek manajemen kelembagaan yang kuat membantu untuk memacu inovasi yang terus-menerus di Belanda. Belanda memiliki pengolahan sampah sangat maju dengan adanya program berbasis IT untuk daur ulang dan pembakaran berkelanjutan untuk menstabilkan kerusakan yang terjadi pada tanah. Selain itu, Belanda telah merintis teknologi pembangkit listrik yang berbahan dasar dari limbah. Sektor lingkungan Belanda juga telah mengembangkan teknologi “in situ” untuk meremediasi tanah dengan biaya yang cukup terjangkau dimana dapat memungkinkan untuk pemulihan tanah daripada mengalokasikan tanah untuk pembuangan sampah yang memerlukan biaya cukup besar. Perusahaan-perusahaan Belanda juga sangat mahir dalam mengolah limbah dan air limbah, dalam mengembangkan teknologi baru dan dalam memberikan jasa konsultasi di seluruh dunia.

Belanda merupakan kandidat dalam remediasi tanah. Negara di seluruh dunia menggunakan teknologi Belanda untuk perbaikan berkelanjutan kontaminasi tanah yang disebabkan oleh minyak, logam berat dan pelarut diklorinasi seperti PER dan asbes tri. Pada tahun 2009, operasi perbaikan tanah diselesaikan di hampir 2.000 lokasi di Belanda. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah operasi perbaikan telah selesai dan mengalami peningkatan.

Sekitar 85% dari limbah yang ada di Belanda dimanfaatkan dengan baik melalui daur ulang. Hal ini menjadikan Belanda sebagai negara dengan persentase tertinggi dalam daur ulang sampah rumah tangga di Eropa dan menempati tinggkat terendah pada TPAnya. Setiap tahun, sekitar 2,5 megaton kubik kertas dan kardus serta 410 kiloton kaca di daur ulang. Sembilan puluh persen kaca di Belanda merupakan hasil dari daur ulang, dimana hal ini dapat mengurangi biaya energi sebesar 18 persen dan kebutuhan bahan baku sebesar 30 persen.

Sekitar 55 persen perusahaan teknologi lingkungan dari Belanda aktif dalam mengembangkan produk dan layanan yang inovatif. Perusahaan menginvestasikan 8 persen dari pendapatan mereka dalam inovasi. Account layanan baru untuk 24 persen dari penjualan. Selain itu, pada tahun 2004 pemerintah Belanda mengambil langkah dengan memberlakukan peraturan bagi produsen barang putih, barang cokelat, peralatan medis dan beberapa jenis pencahayaan, untuk bertanggung jawab dalam pengumpulan dan pembuangan peralatan yang digunakan.

Sumber Referensi:

http://articles.latimes.com/2013/jul/05/science/la-sci-sn-smog-eating-street-20130705

http://www.hollandtrade.com/media/news/?bstnum=4961

http://www.holland.com/us/tourism/activities/cycling/cycling-rules-in-holland.htm