516. MEMUGAR TENAGA-TENAGA AIR

Penulis : Rosiva Dewi
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Ceritanya…tentang Belanda, negara yang terletak di bagian barat laut Eropa. Negara ini kerap dijuluki dengan sebutan de Lage Landen bij de zee (negeri-negeri rendah di tepi laut, Snoek 1987:3). Secara geografis 55% wilayah Belanda, berada di permukaan laut dan terletak di delta muara sungai-sungai besar di Eropa, seperti Rijn, Maas, Ijssel, dan Schelt. Dengan situasi seperti itu maka tidak mengherankan jika air menjadi musuh yang menakutkan bagi penduduk Belanda. Apalagi ketika musim hujan tiba, jantung mereka semakin dag-dig-dug akan bencana banjir.

image002
Gambar Peta Belanda
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Templat:Peta_provinsi_di_Belanda

Seperti peristiwa pada 31 Januari 1953, Belanda dilanda banjir yang sangat besar. Banjir tersebut disebabkan karena bendungan di Propinsi Zeeland, West Brabant dan pulau-pulau di sekitar Zuid Holland pecah. Akibat dari bencana tersebut sekitar 1800 orang tewas dan 72.000 orang kehilangan tempat tinggal. Mirisnya bencana ini juga memporak-porandakan 200.000 hektar lahan. Banjir terus mengancam…sementara 60% penduduk Belanda hidup di bawah permukaan laut. Bayangan buruk banjir mendorong Belanda untuk berpikir keras agar dapat keluar dari jeratan itu.

image004
Gambar Banjir Belanda,
Sumber: http://rahadiona.blogspot.com/2013/01/banjir-terbesar-di-dunia.html

Akhirnya beranjak dari situasi tersebut dengan diprakasai Dr. Ir Cornelis Lely (1885-1932) Belanda berhasil membangun sistem pembuangan air canggih yang mampu mengeringkan laut menjadi daratan. Salah satu proyek pengeringan laut terbesar tersebut dinamakan Zuiderzeewerden yang secara harafiah berarti pengerjaan Laut Selatan. Wilayah-wilayah yang berhasil dikeringkan dengan Zuiderzeewerden adalah Wieringermeer yang terletak di sebelah Timur Laut Noord-Holand. Selang beberapa tahun kemudian Belanda menunjukkan totalitasnya dengan menyelesaikan pembangunan Afsluitdijk yang merupakan bendungan antara wilayah Noor-Holland dan Friesland serta sebagian wilayah Ijsselmer (Snoek, 1987:5). Masih tetap dengan inovasi baru, pada tahun 1980 Belanda menyelesaikan Delta Plan yang dibangun di Provinsi Zeeland dan Noord-Holand. Dengan proyek ini menghasilkan empat bendungan utama yang menutup selat dan di bagian barat daya Belanda, tiga bendungan pembantu serta bendungan penahan badai sungai Ijssel. Tidak cukup itu saja proyek ini juga menciptakan danau air tawar dan mencegah air laut masuk ke daratan (Redaksi Ensiklopedia, 1990:153).

image006
Gambar Afsluitdijk
Sumber: http://web-friesland.nl/afbeeldingen/Afsluitdijk_200_MW.jpg,

Yah, kalo dipikir-pikir elemen air terus melahirkan inovasi bagi Belanda. Tanpa disadari pembangunan bendungan di Sungai Rotte itu turut mempengaruhi kemajuan pelabuhan Rotterdam. Rotterdam terletak diantara Sungai Rijn, Maas, dan Schelde di Laut Utara. Sementara sungai-sungai tersebut mengalir di sepanjang wilayah jantung Eropa. Maka dapat dipahami jika tahun 1962-2004 Rotterdam dinobatkan sebagai pelabuhan tersibuk di dunia.

image008
Gambar Pelabuhan Rotterdam
Sumber: http://www.dw.de/investasi-miliaran-di-pelabuhan-rotterdam/a-4449446

Di sisi lain ide dalam mengolah air masih berlanjut. Pada abad ke 16 dilakukan pembangunan besar dengan membangun kanal. Diawali dengan 3 kanal yang digali hingga mencapai Leidsegracht. Dari ketiga kanal itu membentuk sabuk konsentris pada daerah sekitar kota, yang meliputi Herengracth, Prinsengranct dan Keizersgracht. Panjangnya saat ini lebih dari 100 km atau setara dengan 60 mil dengan jembatan yang berjumlah 1.500.

image010
Gambar Kanal
Sumber: http://www.bonjourbag.com/blog/tempat-wisata-di-belanda/

Alhasil hingga kini kanal-kanal ini merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan pada abad ke 17 kanal-kanal yang berada di jantung Amsterdam dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Dunia (UNESCO) pada Juli tahun 2010 (wikipedia:2015). Bisa dibayangkan betapa Belanda terus berjerih payah untuk memugar tenaga-tenaga air demi kelangsungan hidup mereka. Deretan Zuiderzeewerden, pelabuhan Rotterdam, dan kanal mampu ditarik oleh elemen air.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda

http://www.bonjourbag.com/blog/tempat-wisata-di-belanda/

http://www.dw.de/investasi-miliaran-di-pelabuhan-rotterdam/a-4449446

http://web-friesland.nl/afbeeldingen/Afsluitdijk_200_MW.jpg,

http://rahadiona.blogspot.com/2013/01/banjir-terbesar-di-dunia.htm

http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20311583-S42960-Analisis%205.pdf