522. TEKNOLOGI DAN SISTIM PERTANIAN MODERN DI BELANDA

Penulis : Eva Nofiza, SE
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Teknologi Belanda sangat mengagumkan dengan luas wilayah yang relatif kecil (41.526 km persegi) bila dibandingkan Indonesia 1.919.440 km persegi, dan hampir seluruh wilayah di Belanda berada di bawah permukaan laut Pada tahun 2011 mampu menjadi negara pengekspor hasil pertanian terbesar kedua setelah USA dan negara pengekspor bunga serta benih terbesar ketiga di dunia dan memasok seperempat dari sayuran yang diekspor Eropa dengan nilai ekspor 72,8 miliar Euro, sehingga menjadi pendorong utama ekonomi menyumbang 20% pendapatan nasional.

Kunci dari majunya pertanian di Belanda adalah kebijakan dan teknologi berdasarkan riset yang dilakukan para ahli di satu pusat riset pertanian yang terkenal yaitu Universitas Wageningen.

Belanda, Potret Negara Agraris yang Sebenarnya

Pada tahun 2010, di Belanda terdapat 10.000 Ha greenhouse dan separuhnya digunakan untuk menanam sayuran yang memproduksi honing tomaten sejenis tomat ceri yang unik karena melibatkan lebah madu sebagai predator alami untuk membantu penyerbukan bunga tomat sehingga menghasilkan warna merah cerah, tekstur daging buah yang renyah dan cita rasa manis seperti madu. Paprika dan mentimun juga merupakan hasil utama dari greenhouse yang dilengkapi teknologi yang canggih sehingga mengefisienkan waktu kerja.

Belanda menjadi contoh negeri agraris yang produktif, inovatif, kreatif, berskala dunia namun tetap menomor satukan konsep ramah lingkungan, penggunaan teknologi berkelanjutan, efisiensi energi dan berorientasi pada kepuasan konsumen.

image003

image005

image002

“Inovasi tiada henti dan kreativitas tanpa batas”
Kedua hal tersebut yang membuat kemajuan sektor pertanian Belanda tidak hanya berfokus pada optimalisasi keuntungan namun juga sangat memperhatikan keberlanjutan dan ramah lingkungan. Pemerintah Belanda membentuk Mentri Ekonomi, Pertanian dan Inovasi yang bertugas untuk memadukan inovasi pertanian untuk mencapai ekonomi yang kuat dengan mengutamakan keberlanjutan lingkungan hidup.

Salah satu kreativitas negara Belanda menciptakan atau memanipulasi iklim
image007

Berkat Industri kreatif, perekonomian Belanda meningkat 3% dari GDP yaitu sebesar 16,9 milyar Euro. Jadi industri kreatif mampu meningkatkan potensi perekonomian suatu negara, termasuk Belanda. Sektor pertanian sangat penting di dunia karena semua makanan dan minuman yang kita konsumsi berasal dari produk pertanian maka dapat dikatakan bahwa “Agriculture feed the world”.

Belanda mampu mengeksplorasi lahan pertaniannya dengan baik, dengan lahan yang terbatas mampu mencukupi kebutuhan pangan di negaranya tanpa mengimpor bahkan menjadi pengekspor hasil pertanian dengan mengoptimalkan keterbatasan menjadi kekuatan dan juga didukung dengan daya kreatifitas dan berpikir out of the box.

Pertanian di Belanda sangat terintegrasi dengan teknologi modern. Penggunaan rumah kaca, memanipulasi iklim dalam ruangan serta teknologi robotik dan komputerisasi sudah menjadi hal yang lazim. Ketika musim panas, diterapkan mekanisme solar cell rumah kaca untuk menyimpan energi panas yang disimpan di tandon dan sungai – sungai bawah tanah sehingga dapat menaikkan suhu air. Ketika musim dingin tiba, petani tidak khawatir karena mesin – mesin blower mengeluarkan simpanan energi bawah tanah dan mensirkulasi udara untuk memanipulasi iklim dalam rumah kaca, sehingga pertanian tetap berjalan. How cool the Dutch are!

Salah satu produk pertanian olahan kakao Belanda adalah Cokelat Van Houten. Berkat kreatifitas pengemasan dan teknologi modern, menjadi cokelat yang terkenal di dunia.
Belanda juga terkenal dengan sektor pertanian non-pangan dan merupakan salah satu komponen penyumbang devisa, yaitu bunga Tulip. Para peneliti dan ahli menciptakan berbagai jenis bunga tulip, sangat kreatif dan inovatif yang bisa disaksikan di kebun tulip terbesar di Belanda “Keukenhof” (The Garden of Europe) pada musim semi terdapat 7 juta bunga tulip hasil biakkan.

Hal yang harus diperhatikan jika ingin maju dan terdepan dalam teknologi pertaniaan, yaitu dukungan pemerintahnya melalui kebijakan-kebijakan yang berpihak terhadap petani, mengatur dan menata pengelolaan pertanian menjadi teratur, tertata dan mensejahterakan serta mendukung para peneliti untuk menciptakan inovasi disektor pertanian. Saya sangat yakin, sumber daya manusia Indonesia hebat, kita harus menciptakan pertanian yang kondusif bila tidak ingin tertinggal dengan negara lain…
Dengan mengikuti Holland writing Competition 2015 ini, saya berharap dapat menimba ilmu lebih banyak di Belanda untuk kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia

Sumber :
1. http://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/459-belanda-potret-negara-agraris-yang-sebenarnya/
2. http://pameranpertanian.blogspot.com/p/negara-dengan-pertanian-terbaik.html
3. http://nico03soil.wordpress.com/2012/11/08/4-negara-dengan-pertanian-modern/
4. http://www.sainsindonesia.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=623:cara- as-memajukan-pertanian&catid=33&Itemid=138

Keterangan Gambar:
1. Keindahan bunga tulip: pixgood.com
2. Pemanenan tomat yang menggunakan trolli diatas rel: himagripolowangi.wordpress.com
3. Teknologi / Sistim Pertanian di Belanda : http://mutianingsih997.blogspot.com/2014/10/teknologi-atau-sistem-pertanian-di.html