524. Mempertahankan “Maintiendrai” hasil bumi

Penulis : Aprilya Eka Putri
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Bicara tentang Belanda, pasti langsung terpikir dengan negara yang identik dengan kincir anginnya atau negara dengan klub sepak bola raksasa seperti ajax amsterdam. Namun tunggu dulu, ternyata kita belum mengenal Belanda yang sesungguhnya dan masih banyak lagi informasi tentang Belanda diberbagai sektornya. Negara yang terletak di benua Eropa Barat dan berbatasan langsung dengan laut utara di Eropa sebenarnya mempunyai kekayaan alam yang begitu indahnya serta menjadi tiang kebutuhan hidup masyarakat Belanda sendiri maupun negara eropa yang lain.

Letak geografis yang beriklim subtropis membuat Belanda mempunyai alam yang cukup indah serta hasil bumi yang berkualitas tinggi. Sebenarnya wilayah Belanda yang hampir berada diwilayah yang berada dibawah permukaan laut, mungkin banyak orang yang pesimist Belanda dapat mengembangkan sektor pertainian, perkebunan dan hasil bumi lainnya. anggapan itu tak seluruhnya benar dan tak sepenuhnya salah pula, justru karena dibawah permukaan laut tersebut banyak lahan-lahan yang cocok menjadi area persawahan. Buktinya seperti ditulis Jimmy S Harianto pada artikel yang dimuat di web kompas menyebutkan ‘wilayah pinggir laut yang sedarinya laut sekarang menjadi lahan pertanian yang subur, peternakan, dan lokasi utama agroindustri yang mampu menyumbang 20 persen terhadap pendapatan nasional (PNB) Belanda. Pendapatan per kapita Belanda pun tercatat 2 persen di atas rata-rata orang Eropa’. Hebat bukan?! Mungkin berkat risetlah sektor pertanian mampu menjadi primadona masyarakat Belanda sekarang. Sama seperti Indonesia sektor pertanian yang mampu menjadi penguat ekomomi bangsa. Dalam pertanian Belanda mencoba untuk memproduksi bibit tanaman, bunga, dan hasil bumi yang lain. Ya mungkin semua riset yang dilakukan oleh Universitas Wigeningen bisa diacungi jempol dan bisa ditiru oleh negara kita.

Tanah bisa disulap menjadi logam benar sekali buktinya hasil bumi dapat menciptakan emas yang tak ternilai “pertanian”. Food secutity dan Food packing juga penting untuk menciptakan produksi hasil bumi yang berkualitas. Dan Belanda sudah melampaui itu semua. Kita harus belajar banyak dari Belanda.

Berharap dapat mengembangkan riset yang luas dibidang pertanian. Karena dengan risetlah mampu mengembangkan sektor pertanian kedepan. Semoga kelak harapan ini didengar oleh lembaga terkait.

Sumber referensi :

http://internasional.kompas.com/read/2010/08/30/05303243/Pertanian.Hidupi.Belanda.