525. Belanda dan Pangan

Penulis : Salma Nurul Azkiya
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Pangan merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Pangan adalah kebutuhan primer untuk manusia sehingga ketersediaannya adalah suatu keharusan. Walaupun begitu, masalah pangan tetap saja muncul karena ketidakseimbangan antara jumlah penduduk dan jumlah pangan itu sendiri. Hal itu menyebabkan kurang makmur dan sejahteranya penduduk yang tidak mendapat akses atau tidak bisa mendapatkan sumber pangan yang baik dan berkualitas.

Inovasi sangat dibutuhkan ketika jumlah penduduk pada suatu area semakin banyak dan penduduk membutuhkan suplai makanan yang semakin lama semakin banyak, dan banyaknya penduduk juga berarti lahan untuk pertanian akan semakin sedikit sehingga akan mengurangi produksi makanan untuk penduduk yang sangat banyak.

Belanda sangat unggul dalam menciptakan terobosan – terobosan yang dapat mempermudah, dan mengoptimalkan lahan pertanian sehingga bisa memproduksi lebih banyak pangan namun tetap berkualitas. Seperti rumah kaca yang digunakan sebagai tempat untuk menumbuhkan berbagai macam tanaman, rumah kaca – rumah kaca di Belanda mempunyai dampak yang cukup kecil bagi lingkungan, serta unggul dalam efisiensi dan mampu beradaptasi dengan perubahan iklim yang cenderung tidak sebagus iklim di negara – negara tropis.

image002

Rumah kaca atau greenhouse di Belanda merupakan rumah kaca yang serbabisa dan sangat ramah lingkungan, greenhouse yang berteknologi tinggi seluas 60 Km2 adalah salah satu sumber energi yang didapatkan dengan cara mengkombinasi panas dan tenaga, yang kemudian memberikan dayanya pada sekolah, kolam renang, bahkan rumah yang terletak disekitarnya.

image004

Belanda juga merupakan negara pemasok sayuran segar peringkat pertama di dunia yang menyatakan bahwa keberhasilan rumah kaca dan produktivitasnya yang tinggi, memang benar adanya. Sebanyak 4.6 miliar kilo sayuran telah diekspor dari Belanda ke seluruh dunia, tanpa mengurangi kekayaan dan kesejahteraan rakyatnya. Ketika rakyat mudah mendapatkan makanan, serta hal – hal penting dalam hidupnya, maka hidupnya pun akan sejahtera yang berarti tidak lagi banyak penduduk yang miskin karena produksi sayuran dan makanan di Belanda sangat melimpah ruah.

image006

Keberhasilan Belanda dalam memproduksi pangan dalam jumlah yang tidak bisa dibilang sedikit untuk negara yang besarnya tidak lebih besar dari pulau Kalimantan, itu didukung dengan keefisiensian pemindahan logistik di negara Tulip tersebut. Distribusi pangan di Belanda tidak diragukan lagi kecepatan dan keefektifannya, karena dengan perhubungan logistik yang terbukti keefisiensiannya, Belanda mampu mengantarkan bunga – bunga segar ke benua lain yang dipotong pada hari yang sama di Belanda.

Sumber, gambar, dan inspirasi penulisan berasal dari:
www.hollandtrade.com/sector-information/holticulture/
www.hollandtrade.com/sector-information/holticulture/?bstnum=4928