527. Memo, Sebuah Inovasi Permainan di Area Terbuka

Penulis : Dea Putri Utami
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar frasa “ular naga”? Tanpa minta bantuan search engine manapun, pilihlah jawaban yang paling mendekati:

a. Sejenis hibrida dua jenis reptilia yang menaklukan mangsanya dengan api
b. Panjangnya bukan kepalang, menjalar-jalar selalu kian kemari

Kalau jawaban Anda a, maka kemungkinan masa kecil Anda tenggelam di tengah lautan generasi dunia maya/digital yang kebanyakan permainannya hanya sedikit melibatkan aktivitas fisik, biasanya gerakan jari tangan. Tapi, kalau jawaban Anda b, kemungkinan Anda sempat menikmati masa-masa kecil bermain di area terbuka, di mana bermain tidak dibatasi kapasitas baterai gadget atau koneksi internet. Ya, ular naga adalah sebuah permainan lapangan dengan nyanyian yang liriknya diawali dengan: “Ular naga panjangnya bukan kepalang, menjalar-jalar selalu kian kemari…” Baik, sekarang silakan manfaatkan search engine Anda jika masih belum terbayang.

image002
Gambar 1. Permainan ular naga
Sumber: http://liriklaguanak.com/ular-naga-panjangnya-lirik/

Di era (nyaris) serba digital ini, permainan di area terbuka menjadi terlupakan oleh anak-anak, terutama yang tinggal di kota. Bagaimana tidak, tempat yang layak untuk bermainnya saja tidak cukup. Ambil contoh di Jakarta. Dari jumlah ideal ruang terbuka hijau (RTH) sebesar 30%, Jakarta hanya punya 10% yang direncanakan akan ditambah menjadi 15%. Belum lagi jenis-jenis permainan virtual semakin bervariasi saja, tidak heran jika anak-anak menjadi semakin penasaran dan akhirnya membuat mereka kurang aktif bergerak dan bersosialisasi. Berdasarkan jurnal gizi dari data South East Asian Nutrition Survey (SEANUTS), dari 7211 anak Indonesia yang dilibatkan dalam survey, 55,2% bermain games lebih dari 2 jam sehari!

Begitu banyak inovasi teknologi di permainan virtual, bagaimana kalau inovasi teknologi tersebut diterapkan di permainan lapangan agar anak-anak zaman sekarang lebih tertarik mencobanya?

Sebuah perusahaan active gaming di Belanda bernama Yalp, berkolaborasi dengan Delft University of Technology (TU Delft), sudah melakukannya. Pada 9 April 2014, Yalp memperkenalkan Memo, sebuah permainan lapangan terbaru hasil rancangan mereka, di distrik Bomenwijk, Delft, Belanda. Memo merupakan seperangkat alat permainan yang terdiri atas area bermain berdiameter sekitar 8 meter dan tujuh pos yang dilengkapi dengan layar sentuh LED. Cara bermainnya beragam, bergantung pada permainan apa yang mereka mainkan.

image005

image006
Gambar 2. Memo
Sumber: http://www.fitness-gaming.com/news/markets/events-and-fun/yalp-memo.html#.VTooodKqqko

Di antara permainan yang ditawarkan saat ini, permainan On against Off adalah salah satu yang banyak disukai. Cara bermainnya sederhana, yaitu dua kelompok bersaing untuk menyalakan atau mematikan semua pos. Ada juga permainan populer bernama Dizzy. Dalam permainan ini, anak-anak harus lari mengitari pos secepat mungkin sampai pos tersebut berubah warna. Sederhana, bukan? Seperti dikatakan oleh designer Yalp, Thomas Hartong, dalam sebuah press release, “A lot of technology is incorporated in Memo, but playing is simple.”

Selain untuk faktor kesenangan dan secara tidak langsung melatih cara berpikir, Memo didesain untuk memotivasi anak-anak untuk bersosialisasi dan bergerak aktif. Dua elemen tersebut tidak didapatkan ketika seorang anak asyik bermain games tanpa berinteraksi dengan siapa-siapa dan hanya duduk berjam-jam. Padahal, melatih kemampuan bersosialisasi sejak dini tentu saja penting bagi anak-anak agar mereka bisa berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain dengan lebih baik. Selain itu, aktivitas fisik bukan hanya menyehatkan, tapi juga menunjang performa akademik anak, seperti dikutip dari penelitian oleh peneliti-peneliti Belanda yang dipimpin oleh Amika Singh, PhD dari VU University Medical Center. Untuk tujuan tersebut, Memo juga didesain untuk media belajar. Sekolah dasar di Rijssen, sebuah kota di bagian timur Belanda, akan menggunakan Memo untuk belajar kalkulus.

image008
Gambar 3. Memo sebagai media belajar
Sumber: http://www.yalp.nl/942-Stem_Memo_van_Yalp_naar_de_NOTaward_publieksprijs.html

Memo telah memenangkan kompetisi lokal dan internasional bertema ‘serious gaming’ yang diadakan oleh ProFit, yaitu sebuah proyek yang didanai Uni Eropa untuk menstimulasi inovasi dan bisnis baru di sektor olahraga. Kompetisi tersebut juga diadakan atas kerja sama dengan pemerintah kota Delft dan TU Delft. Dengan kata lain, Memo adalah hasil kolaborasi antara industri, akademisi, dan pemerintah. Industri kreatif, termasuk gaming, memang merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pemerintah Belanda dan telah unggul di tingkat dunia.

Inovasi ini bisa menjadi inspirasi bagi industri kreatif di Indonesia, terutama untuk permainan anak. Bukan tidak mungkin permainan semacam ular naga bisa dibuat lebih interaktif dengan teknologi canggih nantinya. Apalagi, saat ini anak-anak muda Indonesia semakin kreatif, banyak memunculkan perusahaan start-up dengan ide-ide yang segar, sehingga membuka peluang untuk berkembangnya industri kreatif. Tentu, akan semakin luar biasa jika ada kerja sama dengan pemerintah dalam memanfaatkan area terbuka di kota-kota besar untuk tempat bermain anak-anak yang bisa diakses oleh berbagai lapisan masyarakat. Bukankah anak-anak adalah harapan masa depan bangsa? Jadi, tidaklah berlebihan jika ada perhatian khusus yang diberikan untuk mereka. Terutama perhatian tentang bagaimana membuat mereka berkembang lewat cara yang menyenangkan, seperti yang telah dilakukan Belanda, negeri yang kaya akan inovasi.

Referensi

http://www.fitness-gaming.com/news/markets/events-and-fun/yalp-memo.html#.VTooodKqqko

http://www.kitt.nl/en/news/memo-an-interactive-playground-for-brain-training/

http://www.yalp.nl/942-Stem_Memo_van_Yalp_naar_de_NOTaward_publieksprijs.html

http://archpedi.jamanetwork.com/article.aspx?articleid=1107683

http://www.hollandtrade.com/sector-information/

http://www.cnnindonesia.com/nasional/20141216125131-20-18437/taman-di-ibu-kota-akan-ditambah-5-persen/

http://lifestyle.bisnis.com/read/20150423/236/426119/55-anak-indonesia-bermain-games-lebih-dari-2-jam-sehari

http://liriklaguanak.com/ular-naga-panjangnya-lirik/