534. NETHERLAND NEGARA HEBAT DAN SURGA BAGI RAKYATNYA

Penulis : Patriawati Narendra
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Belanda bangsa yang pemikir dan cerdas, selalu menyikapi kerasnya alam dengan meningkatkan pengetahuan dan menerapkan ide-ide cemerlang, dari awal peradaban 2000 tahun lalu bangsa Frisian lah yang menempati negara yang sekarang kita sebut Belanda. Penderitaan demi penderitaan yang dialami Belanda salah satunya yaitu Kemudian banjir besar terjadi lagi pada tahun 1916 di sekitar Zuiderzee, yang merusak puluhan tanggul dan rumah akibat masuknya air dari Laut Utara. Kejadian banjir pada tahun 1916 ini memberi dorongan secara khusus pada masyarakat Belanda untuk mulai membenahi sistem bendungan mereka dengan lebih serius. Bendungan tersebut dibuat dengan desain technology modern dengan terus berinovasi dan berkreasi belajar dan berkarya serta terus memperbaiki hasil inovasi yang ada. Bendungan Braakman Enclosure Dam salah satu bukti teknologi Belanda dalam menciptakan bendungan untuk memberikan perlindungan terhadap banjir demi menyelamatkan pertanian di daerah sekitar. Vision Belanda terhadap pembangunan bendungan ini cukup nyata karena enam bulan setelah pembangunan bendungan ini terjadi badai gelombang yang luar bisa sehingga bisa mematahkan tanggul di lebih 150 wilayah Barat Daya Belanda akan tetapi daerah Braakman terselamatkan dari banjir besar ini dan bendungan Braakman pun hanya mengalami sedikit kerusakan dan langsung diperbaiki. A Country That Loves Their Citizen..it’s Amazing!

image002
Gambar 1. Bendungan Braakman Enclosure Dam
(http://www.nethcold.org/nethcold/images/middelstekolom/braakman_m.jpg)

Was-was, gelisah, sedih adalah sekelumit perasaan kita dikala musim penghujan tiba, apalagi kalau kita tinggal didaerah banjir, hmmm sangat tegang sekali, karena ketika kita tertidur pulas tiba-tiba duemmmmm jebol deh tanggul sungai alhasil semua kebanjiran dan korban pertama yang dieksekusi tentunya barang-barang elektronik..Oh My God! Kalau banjir masih menyelimuti kita dengan berbagai penderitaan yang tak kunjung berhenti, tapi tentunya tidak untuk Belanda. Belanda bangsa yang sangat cerdas dalam menyikapi kerasnya tantangan alam, keadaan geografi dan sejumlah kesulitan dan kendala yang memaksa Belanda untuk terus mengembangkan berbagai inovasi dan kreasi. Tough and Dedicated!

Inovasi itu salah satunya adalah teknik pengeringan tanah dengan mereklamasi tanah, dan teknik tersebut terkenal dengan nama sistem “Polder” yang bermanfaat untuk mempertahankan wilayah Belanda dari ancaman banjir dan air pasang. Mekanisme cara kerja Polder bisa dilihat pada gambar berikut :

image003
Gambar 2. Skema Polder
(https://n0vitasari.wordpress.com/2012/05/14/belanda-menyulap-rawa-menjadi-kota/)

Mekanisme ini mengatur aliran air khususnya pada dataran rendah yaitu suatu bangunan hidrolik yang dibangun dengan tujuan mengeringkan suatu kawasan yang terendam, yaitu dengan pembuatan tanggul, sehingga daerah tersebut yang dulunya kawasan berair menjadi kawasan kering dan sekarang menjadi daerah yang bermanfaat dan fungsional. Secara teknis, pada sistem ini, elevasi dibiarkan pada ketinggian aslinya, sedangkan airnya diturunkan atau dikeringkan dengan sistem pengontrolan dengan tanggul dan pompa atau manajemen lainnya. Bidang tanah tersebut harus diisolasi dari pengaruh pemberatan air dari sekitarnya, namun walaupun wilayah tersebut dikeringkan harus juga diperhatikan bahwa tidak boleh terjadi drainase yang berlebihan karena akan menyebabkan kerusakan tanah… Wow..sangat bijaksana sekali bukan? Menciptakan teknologi sekaligus memperhatikan setiap detail dampak dari teknologi tersebut. Truly Noble!

image002
Gambar 3. Skema irisan bangunan Polder
(image source: http://www.iamexpat.nl/app/webroot/upload/files/Topics/Expat-page/Survival-kit/polder_2.png)

Untuk membuat Polder tersebut dibutuhkan sejumlah sarana dan prasarana anatara lain yaitu saluran air atau kanal, atau tampungan memanjang dan waduk, tanggul, serta pompa. Saluran air atau tampungan memanjang dan waduk dibangun sebagai sarana untuk mengatur penyaluran air ketika elevasi air di titik pembuangan lebih tinggi dari elevasi saluran di dalam kawasan. Teknik selanjutnya yaitu tanggul yang dibuat di sekeliling kawasan yang berguna untuk mencegah masuknya air kedalam kawasan, baik yang berasal dari luapan sungai, limpasan permukaan atau akibat naiknya muka air laut. Sebaliknya dengan adanya tanggul, air yang ada di dalam kawasan tidak dapat keluar. Tanggul dibuat dengan ukuran yang lebar, besar, dan tinggi serta dapat difungsikan sebagai jalan kemudian pompa air yang berfungsi sebagai pengering air pada badan air, akan bekerja secara otomatis apabila volume atau elevasi air melebihi nilai perencanaan.
Tidak ada proyek yang sukses tanpa tata kelola yang baik, oleh karena itu untuk membuat sistem Polder ini berfungsi dengan baik, tentunya membutuhkan management pengelolaan, tata kelola yang berbasis pada partisipasi masyarakat yang independen, kreatif dan imajinatif serta perancangan infrastruktur tata air yang terpelihara dan dioperasikan dengan baik oleh masyarakat. Adapun tugas pemerintah yaitu bertanggung jawab terhadap pengintegrasian sistem-sistem polder, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sungai-sungai utama. Intinya kalau mau hebat ya membutuhkan suatu kepedulian dari masyarakat dan pemerintah, Sinergisme yang kuat antara rakyat dan pemerintah sangatlah dibutuhkan. dan Belanda telah memberikan contoh teladan terbaik dalam sistem tata kelola air. Intelligent Teacher!

Negara hebat adalah negara yang mampu membaca situasi dan kondisi, mencari win-win solution dalam mengatasi semua kendala dan hambatan yang ada. Bangsa yang memiliki sikap progress kearah kemajuan, pantang menyerah selalu berkreasi untuk memecah semua kendala, hambatan yang ada, dan Belanda telah membuktikannya. Untuk dapat menjadi negara hebat tidak hanya berasal dari pemimpin yang hebat saja akan tetapi membutuhkan sinergi antara rakyat dan pemerintah. Menjadi negara hebat tidaklah instan, akan tetapi dimulai dari kegagalan, kepahitan, dan penderitaan,dan kepahitan itu diantaranya peristiwa air bah tahun 1953, banjir sungai Mass tahun 1955, namun semua disikapi Belanda dengan bijak dan terus berinovasi dan berkreasi agar bisa survive melawan kerasnya alam. Inovasi itulah yang membawa Belanda menjadi negara terbaik di dunia dalam berbagai kategori, misalnya tahun 2010 Belanda menjadi Negara dengan ekonomi terbaik ke-8 dalam World Globalization Index, meraih peringkat ke-5 dalam digital economy rankings yang diadakan oleh Economist’s Intelligence Unit, serta dalam bidang teknologi, produk pangan, dan lainnya. Sungguh mindset perubahan yang signifikan dari Pemerintah Kerajaan Belanda untuk memberikan kehidupan yang nyaman, maju, modern dan surga bagi warga negaranya dan sekaligus menjadi bangsa pioner dalam hal teknologi yang dapat memberikan manfaat bukan hanya untuk warga negara Belanda akan tetapi untuk bangsa-bangsa di dunia..it’s amazing and wonderful..Truly intelligent nation! So Proud..

“Great Country comes from Great Citizen”
“Loving citizen with a variety of technological innovations and creation”
“Dutch citizens make the Netherlands a paradise to their”
And “The Netherlands became a heaven for them”
“proud of you Netherland, proud of you Citizen of The Netherlands”

Referensi :
1. http://www.nethcold.org/nethcold/images/middelstekolom/braakman_m.jpg diakses tanggal 26 April 2015
2. http://hollandtour.org/history-and-culture-former-zuiderzee-golden-circle-history.html diakses tanggal 27 April 2015
3. https://n0vitasari.wordpress.com/2012/05/14/belanda-menyulap-rawa-menjadi-kota/ diakses tanggal 27 April 2015
4. http://www.leonardfrank.com/Worldheritage/Beemster.html diakses tanggal 27 April 2015
5. http://en.wikipedia.org/wiki/Flood_control_in_the_Netherlands diakses tanggal 27 April 2015
6. http://hollandtour.org/history-and-culture-former-zuiderzee-golden-circle-history.html diakses tanggal 27 April 2015
7. http://www.frisianlines.com/1262Afrisianhistory.html diakses tanggal 27 April 2015
8. http://geography.about.com/od/specificplacesofinterest/a/dykes.htm diakses tanggal 27 April 2015
9. (image source: http://www.iamexpat.nl/app/webroot/upload/files/Topics/Expat-page/Survival-kit/polder_2.png) diakses tanggal 27 April 2015