541. NEW FOREST A SEA TREE AT HOLLAND

Penulis : Dinda Ramadhani Putri
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Pernahkah terpikirkan oleh mu, kau akan melihat hutan yang menjulang tinggi di atas air, atau pohon raksasa yang mengapung di laut. Apakah kau percaya hal itu mungkin terjadi? Kurasa kau tidak akan percaya.

Justru karena itulah kau harus membaca ini. hampir setiap orang tahu cara mengatakannya bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini. tapi hanya sedikit orang yang benar tahu cara mewujudkannya. Contohnya saja Belanda, sebuah negeri yang tak asing lagi tentunya bagi kita. Negara yang selalu kaya akan ide-ide cemerlangnya, hingga kita tak bisa menduga apa yang akan dilakukan olehnya.
The Dutch itulah sebutan mereka sejak berabad-abad lalu, sang innovator sejati di bidang teknologi. Bagaimana tidak dengan segala hal yang mereka miliki dan tidak mereka miliki the dutch mampu merubahnya. Seperti tempat tinggal yang mereka miliki sekarang merupakan hasil pengeringan daratan dengan system polder. Lalu penghematan energy yang mereka lakukan dengan membuat Smart Highway pertama di dunia, yaitu jalan raya yang bisa memancarkan cahaya sendiri. Dan tak lupa pula floating apartement, floating House, amphibious House sebuah desain bangunan yang disesuaikan dengan perubahan klim dan urbanisasi. Apakah hanya ini? tentu tidak mereka punya sejuta inovasi lainnya yang tak mungkin disebutkan satu per satu.

Namun kini negeri yang terkenal dengan moderisasinya ingin membuat sebuah terobosan terbaru yaitu Back to Nature dengan menciptakan sebuah system ekologi terbaru “ Sea Tree”. Sebuah hutan yang akan dibangun di lepas pantai, pelabuhan, sungai dan danau. Proyek ini dimaksudkan untuk mengembalikan penghijauan di tengah kota, dan membentuk sebuah taman kota. Sehingga akan memberikan dampak positif pada lingkungan perkotaan yang padat penduduknya.

Sea Tree ini adalah struktur terapung dengan banyak lapisan mulai dari dasar hingga puncaknya, yang di peruntukan untuk habitat asli flora dan fauna. Seperti halnya bagian dasar yang berada di dalam air untuk terumbu karang dan habitat ikan – ikan laut. Sedangkan bagian atasnya untuk habitat pepohonan dan jenis-jenis burung, kelelawar, dan lebah. Sehingga Sea Tree ini tidak dapat diakses oleh manusia. Dimana merupakan sebuah struktur cagar alam modern pertama di dunia.

image002

Sea tree dibangun oleh teknologi lepas pantai cukup mirip dengan menara penyimpanan minyak yang dapat ditemukan di laut lepas. Proyek pembangunan ini tentu saja merupakan salah satu proyek besar Waterstudio. Dimana mereka akan mengajak perusahaan-perusahaan minyak besar untuk mendanai (berinvestasi) Sea Tree sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan perkotaan yang lebih baik.

image004

Sea Tree ini akan bergerak sedikit bersama dengan angin dan ditambatkan ke dasar laut dengan sistem kabel. Sehingga bisa kau bayangkan sebuah menara/ tower yang menjulang tinggi namun di penuhi oleh beragam jenis tumbuhan dan satwa liar. Setiap harinya kau dapat menikmati keindahan pemandangan yang ada pada Sea Tree ini. Ketika kau sedang berkendara maupun ketika kau mengayuh sepedamu. Persepsi mengenai lingkungan perkotaan yang penuh dengan kebisingan, polusi, gedung-gedung pencakar langit, dan suhu udara yang terik akan hilang. Lalu mulai tergantikan dengan suara kicauan burung, angin sepoi-sepoi, pemandangan yang indah dan kesejukan perkotaan.
Kini apakah kau percaya? Bahwa semua hal adalah mungkin dan selalu dapat diciptakan?

Referensi :

http://www.huffingtonpost.com/2014/09/18/sea-tree_n_5825648.html

http://www.waterstudio.nl/projects/79

http://en.wikipedia.org/wiki/Ocean_Productions

http://www.wired.com/2014/11/awesome-glowing-roads-highways-future/

http://en.wikipedia.org/wiki/Netherlands

made-in-Holland-water-technology.pdf