544. HIDUP BERSAMA AIR, THE DUTCH MENJADI PIONIR

Penulis : Serli Purwanti
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Pernah mendengar ada sebuah negeri yang disebut kerajaan tanah-tanah rendah?

Ya, negeri tersebut sangat ikonik dengan kincir angin. Disebut Koninkrijk der Nederlanden atau kerajaan tananh-tanah rendah karena sebagian besar wilayahnya memiliki ketinggian lebih rendah dari permukaan laut, karenanya juga ia disebut Netherland. Kondisi topografi yang dimiliki Belanda membuat The Dutch (sebutan untuk orang Belanda) berinovasi untuk mengubah ketidakberuntungan tersebut.

Air merupakan elemen terpenting dalam kehidupan manusia. Tapi bagaimana jika debit air yang terlalu banyak itu bukan memberi manfaat, malah bencana? Dulu, Belanda adalah negara yang sering dilanda bencana banjir melebihi Jakarta saat ini. Lalu studi dilakukan dan upaya dibuat untuk mengekang banjir di sepanjang muara dari Rhine, Meuse dan Scheldt, bahkan sebelum banjir menghancurkan pada 1953, dengan ide umum untuk mempersingkat pantai dan mengubahnya menjadi danau air tawar.

image002
Storm Surge Barrier Oosterschelde (www.deltawerken.com)

Adalah Delta Works/Deltawerken, yang kini tercatat sebagai salah satu keajaiban terbesar teknologi modern di dunia, berhasil menjadi reaksi preventif di Belanda. Delta Works dibangun setelah banjir pada tahun 1953 dan selesai pada tahun 1997, dibutuhkan waktu selama 44 tahun dengan biaya 5 milyar dolar untuk membangun bendungan dengan tinggi 13 meter di atas permukaan laut.

image004
Peta megaproyek Delta Works (www.deltawerken.com/deltaworks/23.html)

Delta Works menguatkan pertahanan terhadap bencana banjir dengan pembangunan infrastruktur polder strategis. Secara konsep, ia akan mengurangi risiko banjir di South Holland dan Zeeland untuk sekali per 10.000 tahun. Sistem kerja polder adalah pembentukan daerah dari dataran rendah yang dikelilingi oelh tanggul. Pada daerah ini, air buangan seperti air kotor dan air hujan dikumpulkan di suatu badan air (sungai, kanal) lalu dipompakan ke badan air yang lebih tinggi posisinya, hingga pada akhirnya dipompakan ke sungai atau kanal yang bermuara ke laut.

image006

https://tulisannda.wordpress.com/2013/05/08/belanda-sang-juara-penakluk-air/

Proyek mega power ini berfungsi mengurangi garis pantai, sehingga bisa memperpendek penggunaan tanggul sekitar 700 kilometer. Amazing! Ke-13 bendungan dan tanggul ini juga membantu dalam pengeringan daerah rendah yang sering dilanda banjir dan mengatur aliran air asin dari laut, menyediakan kedua air minum dan air bersih untuk irigasi. Struktur proyek juga meningkatkan lalu lintas gerakan antar berbagai pulau, bertindak sebagai jembatan. Pengiriman itu sangat ditingkatkan, terutama antara Rotterdam dan Antwerpen. Selain dari yang disebutkan diatas, proyek ini juga meningkatkan fasilitas untuk rekreasi di Belanda dan mengahsilkan lapangan kerja.

image008
Bendungan Kanal stormsurgebarrier (www.deltawerken.com)

Well, fellas, Sepertinya saya mependapat dengan Rene Descarte, yang mengatakan, “God created the world, but the Dutch created Holland”. Apa yang ada dibalik bendungan di Belanda ini menunjukkan bagaimana proses pembelajaran dan interaksi dengan air selama berabad-abad membentuk karakter yang inovatif pada masyarakat Belanda. The dutch terus berupaya untuk bertahan di negeri sendiri melalui teknologi konstruksi bangunan yang semakin canggih. Karya inovatif inilah yang kemudian membuka inovasi-inovasi lain oleh masyarakat Belanda yang telah banyak kita nikmati saat ini. Maka kita sebagai generasi intelek penerus bangsa (yang mungkin telah banyak bertebaran di negeri orang), apa yang telah kita bawa kembali ke tanah air untuk memperbaiki ‘ketidakberuntungan’ kita?

Referensi:
www.water-technology.net/projects/delta-works-flood-netherlands/
www.deltawerken.com/deltaworks/23.html
www.7wonders.org/europe/netherlands/rotterdam/delta-works/

https://tulisannda.wordpress.com/2013/05/08/belanda-sang-juara-penakluk-air/

www.deltawerken.com
www.wikipedia.org/wiki/Delta_Works